Kenali Surat Suara Pilkada Kab Kepahiang 2020

  • Bagikan
66c867d0 img 20201201 091515 1

KepahiangPemilihan Kepala Daerah baik Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati akan dilakukan secara serentak pada Rabu 9 Desember 2020 nanti.

Nantinya, pemilih yang ada di Kabupaten Kepahiang akan diberikan dua jenis surat suara. Surat suara pertama yakni untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu dimana terdapat 3 Pasangan calon kandidat.

Kemudian, surat suara kedua digunakan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepahiang dimana terdapat 2 pasangan calon kandidat.

Pada surat suara, selain memuat tulisan pemilih juga dapat membedakan jenis surat suara melalui warna di masing-masing kertasnya.

Warna Cokelat

Berdasarkan keputusan KPU RI, untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur diberi tanda dengan warna cokelat. Dalam surat suara ini, akan ditampilkan nomor urut, foto masing-masing kandidat serta nama pasangan calon.

Baca Juga :  4 Tips Agar Rekening Bank Tak Dibobol Maling

Warna Abu-abu

Sedangkan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati diberi tanda dengan warna abu-abu. Dalam surat suara ini akan ditampilkan nomor urut, foto masing-masing kandidat serta nama pasangan calon.

Pastikan Surat Suara

Sebelum mencoblos, pastikan surat suara yang diterima dalam keadaan baik atau tidak rusak. Jika surat suara yang diterima rusak, maka pemilih dapat langsung meminta surat suara pengganti kepada Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“KPU Kepahiang sudah mengumumkan agar masyarakat mengenali surat suara pada pemilihan serentak 2020 ini, termasuk tata cara pencoblosan sah atau tidaknya,” sampai Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Kepahiang Supran Efendi dilansir semarakpost.com.

Kenali Surat Suara Pilkada Kab Kepahiang 2020
Kenali Surat Suara Pilkada Kab Kepahiang 2020 3

Memang penting bagi masyarakat untuk mengetahui bagaimana cara mencoblos surat suara yang benar sehingga pemilih dapat memberikan suara yang sah.

Baca Juga :  Lomba Blog Berhadiah Puluhan Juta dari Idcloudhost

Surat suara dikatakan sah apabila pemilih mencoblos dibagian nama salah satu paslon, kedua surat suara dicoblos disalah satu nomor urut paslon, dan ketiga surat suara sah jika dicoblos di garis batas dalam kolom nomor urut maupun gambar salah satu paslon.

Adapun surat suara dikatakan tidak sah apabila dicoblos lebih dari satu kolom paslon, dicoblos tapi dirusak atau dilubangi dan surat surat juga dikatakan tidak sah jika dilubangin tapi dicoret-coret.


Editor AG

Sumber Semarakpost.com

  • Bagikan
Positive SSL