Barcelona Didenda Rp50,5 Juta Gara-gara Messi

  • Bagikan
2236c9aa spain soccer la liga 1 169

CR — Barcelona harus menanggung kerugian membayar denda sebesar 3 ribu euro atau setara dengan Rp50,5 juta setelah selebrasi aneh Lionel Messi saat melawan Osasuna.

Blaugrana mengalahkan Osasuna 4-0 pada pertandingan pekan ke-11 Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu (29/11).

Lionel Messi menjadi salah satu pencetak gol tersebut. La Pulga menjadi pencetak gol keempat Barcelona di laga itu, pada menit ke-73.

Setelah mencetak gol, Messi merayakan golnya bersama rekan setim sebelum kemudian memisahkan diri untuk melepas jersey Barcelona dan menampilkan seragam klub masa kecilnya, Newell’s Old Boys.

Baca Juga :  Daftar Wilayah Jawa-Bali Yang Terapkan Aturan PPKM Mikro

Striker 33 tahun itu mengenakan jersey Newell’s guna menghormati mendiang Diego Maradona. Messi dan Maradona sama-sama pernah bermain untuk Newell’s.

Seragam yang dipakai Messi merupakan kaus yang digunakan Maradona ketika melakoni debut untuk Newell’s pada 7 Oktober 1993 saat melawan Emelec.

Ketika itu Messi masih 6 tahun dan hanya menyaksikan penampilan Maradona untuk Newell’s dari tribune penonton bersama ayahnya Jorge Messi.

Messi tidak saja menggunakan kaus Newell’s tetapi juga menirukan gaya legenda sepak bola dunia itu dengan mengangkat kedua tangan.

Meski demikian, Messi dan Barcelona harus menanggung kerugian akibat selebrasi tersebut yang dianggap melanggar Pasal 91 Kode Disiplin RFEF tentang selebrasi.

Baca Juga :  Polisi Usut Video Hina Alquran dan Bakar Bendera Merah Putih

La Pulga mendapat kartu kuning dari wasit Mateu Lahoz dan Barcelona akan dijatuhi denda 3 ribu euro (sekitar Rp50,5 juta).

Sanksi tersebut tidak saja mengikat di Liga Spanyol, tetapi juga berlaku di kompetisi resmi di seluruh dunia karena mengacu pada ketentuan FIFA.

Denda akibat ulah Messi itu akan jadi beban lain bagi Barcelona yang saat ini tengah mengalami krisis keuangan akibat pandemi virus corona.


AG

  • Bagikan