Masalah yang Sering Muncul pada Tanaman Hias Calathea

  • Bagikan
36fe2a54 ilustrasi tanaman hias calathea 1 169

Popularitas tanaman hias Calathea kini perlahan menanjak, mengikuti para pendahulunya seperti Monstera, Aglonema, dan Caladium. Ada beberapa masalah umum yang kerap dialami tanaman hias Calathea.

Calathea hadir dengan ciri khas daun yang lebar, lengkap dengan corak garis-garis yang memadukan warna-warna cantik. Calathea memang dikenal sebagai tanaman daun dengan pola-polanya yang terlihat kentara.

Perawatan Calathea dianggap relatif mudah. Namun, Anda perlu ingat, pastikan tanah selalu dalam keadaan lembap karena Calathea menyukai lingkungan dengan tingkat kelembapan tinggi.

Jika kelembapan tak terjaga dengan baik, Anda bisa menemukan beberapa masalah umum yang dialami Calathea seperti berikut, mengutip berbagai sumber.

1. Daun melengkung atau melingkar

Daun yang melengkung bisa timbul karena sejumlah alasan. Pertama, adalah tanah yang terlalu kering.

Baca Juga :  Ini Penyebab Ikan Cupang Mati dan Cara Mengatasinya

Sebagaimana diketahui, Calathea menyukai lingkungan dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Pastikan Anda tidak berlebihan atau lupa menyiram tanaman. Jaga jadwal penyiraman yang konsisten. Mengutip Bloom Scape, tanah yang kering membuat daun menjadi lemas, terkulai, atau menggulung.

Suhu udara juga bisa jadi penyebab daun yang menggulung. Pastikan tanaman tidak berada di area yang berangin. Daun akan menggulung jika tanaman ‘kedinginan’.

2. Tepi daun berubah cokelat

Alasan paling umum dari daun yang berubah menjadi cokelat adalah kualitas air keran yang buruk. Air keran yang mengandung garam, klorin, mineral, dan fluorida dapat menyebabkan ujung daun terbakar dan berubah menjadi cokelat.

Baca Juga :  7 Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Anak

Gunakan sistem penyaringan air untuk mengatasinya. Cara lain, Anda juga bisa mendiamkan air semalaman dalam posisi terbuka. Cara ini diklaim dapat membantu menghilangkan sebagian klorin.

Jika tepi daun Calathea Anda berubah menjadi cokelat, bersihkan tanaman Anda. Cara ini memungkinkan tanaman mengarahkan energinya ke pertumbuhan baru yang sehat.

Buang seluruh daun yang kecokelatan atau bagian yang terkena dengan gunting. Pangkas dengan perlahan. Jangan lupa untuk mencuci gunting dengan alkohol.

3. Bercak pada daun

Mengutip The Sill, munculnya bercak pada daun umumnya terjadi akibat infeksi jamur.

Selain itu, bercak juga bisa muncul akibat penumpukan mineral dari air ledeng. Gunakan air penyulingan untuk menyiram tanah dalam pot.


Editor AG

Sc cnnindonesia

  • Bagikan