Begini Toh Cara Kerja Toilet Pesawat

52

CR — TOILET adalah perlengkapan yang memiliki kegunaan utama sebagai tempat pembuangan kotoran, yaitu urine dan feses. Toilet dikenal juga dengan nama kakus, kloset, jamban, atau WC (bahasa Inggris water closet).

Pada awalnya toilet hanya berada di rumah atau tempat-tempat yang tidak bergerak lainnya. Namun kini, toilet juga tersedia di moda transportasi umum seperti bus, kereta, dan pesawat terbang.

_

Di pesawat terbang, fungsi toilet sangat penting. Pasalnya, moda transportasi udara ini tidak punya tempat persinggahan bagi penumpang untuk buang air. Maka itu, tidak ada pilihan selain menggunakan toilet di dalam pesawat. Namun, apakah sistem kerja toilet pesawat sama dengan yang ada di rumah?

Baca Juga :  Quartararo Masih Takut Hadapi MotoGP Aragon Meski Raih Pole Posisi
Toilet pesawat. (Foto: Wikipedia)

Sebagaimana dikutip dari Mental Floss, Selasa (24/11/2020), toilet pesawat tidak mengandalkan tangki air untuk melakukan penyedotan dan menarik limbah seperti sistem kerja toilet rumahan. Hal ini karena mempertimbangkan biaya yang sangat besar untuk mengangkut ratusan galon air.

Fasilitas toilet pesawat yang sempit ini awalnya menggunakan pompa elektronik yang memindahkan limbah bersama dengan cairan penghilang bau yang disebut anotec. Namun selanjutnya metode ini tidak digunakan lagi-lagi karena pertimbangan biaya bahan bakar dan bertambahnya bobot pesawat.

Baca Juga :  Daftar Video Populer Youtube 2020

Pada 1980-an, pesawat menggunakan pneumatic vacuum untuk menyedot cairan dan padatan menjauh ke bawah. Ketika tombol siram ditekan, katup di bagian bawah toilet terbuka sehingga alat itu menyedot keluar isinya ke sistem pembuangan tertutup.

Lapisan antilengket yang mirip wajan bergerak ke tangki penyimpanan di dekat bagian belakang pesawat dengan kecepatan tinggi. Setelah pesawat mendarat, tangki dibersihkan dan dibilas menggunakan disinfektan.


Editor AG

SC Okezone