1 Permintaan Rasulullah SAW yang Ditangguhkan Allah SWT

43

IslamiRasulullah SAW mengisahkan bahwa beliau pernah meminta kepada Allah SWT tiga permintaan dan hanya satu yang tidak dikabulkan. Apa itu?

Seperti dinukilkan dari buku berjudul “Keagungan Nabi Muhammad” oleh Khalil Ibrahim Mulla Khatir, umat Muhammad SAW dikatakan tidak akan dibinasakan dengan kekurangan pangan, tenggelam, dan tidak akan dikirimkan musuh yang berasal dari luar Islam, sehingga hancurlah substansi mereka, meskipun umat lain itu menyerangnya dari berbagai penjuru. 

_

Umat Nabi Muhammad SAW tidak akan dibinasakan dengan kelaparan dan dikuasai  musuh dari umat lain.

Baca Juga :  Jadwal Pemadaman Listrik 18 Januari 2021 Wilayah Kota Depok

أنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وَسَلَّمَ أَقْبَلَ ذَاتَ يَومٍ مِنَ العَالِيَةِ، حتَّى إذَا مَرَّ بمَسْجِدِ بَنِي مُعَاوِيَةَ دَخَلَ فَرَكَعَ فيه رَكْعَتَيْنِ، وَصَلَّيْنَا معهُ، وَدَعَا رَبَّهُ طَوِيلًا، ثُمَّ انْصَرَفَ إلَيْنَا، فَقالَ صَلَّى اللَّهُ عليه وَسَلَّمَ: سَأَلْتُ رَبِّي ثَلَاثًا، فأعْطَانِي ثِنْتَيْنِ وَمَنَعَنِي وَاحِدَةً، سَأَلْتُ رَبِّي: أَنْ لا يُهْلِكَ أُمَّتي بالسَّنَةِ فأعْطَانِيهَا، وَسَأَلْتُهُ أَنْ لا يُهْلِكَ أُمَّتي بالغَرَقِ فأعْطَانِيهَا، وَسَأَلْتُهُ أَنْ لا يَجْعَلَ بَأْسَهُمْ بيْنَهُمْ فَمَنَعَنِيهَا

Sa’ad bin Abi Waqash mengatakan, bahwa suatu hari Rasulullah tiba dari tempat yang tinggi. Ketika melewati masjid Bani Muawiyah, beliau masuk dan kemudian sholat dua rakaat. Mereka pun sholat bersama dan Nabi SAW memanjangkan doa kepada Allah lalu berpaling kepada mereka. Rasulullah SAW lalu bersabda, “Aku memohon tiga perkara kepada Allah, maka Allah memberiku dua perkara dan menolak satu perkara.

Baca Juga :  Joan Mir Targetkan Podium di MotoGP Eropa

Aku memohon agar Dia tidak membinasakan umatku dengan kekurangan pangan yang menyeluruh, maka Dia mengabulkannya, tidak membinasakan mereka dengan ditenggelamkan, maka Dia mengabulkannya, dan tidak menimpakan permusuhan di antara mereka, maka Dia menolaknya.” (HR Muslim).


Editor AG

Sumber Republika