Tahap Debat Pilkada 2020, KPU Makassar Diacungkan Jempol

  • Bagikan
6f923a3c 3887140346

Makassar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar perlu diacungkan jempol. Pasalnya, Kinerja selama tahapan pendaftaran hingga jalannya debat sudah sesuai PKPU, bahkan tak ada pelanggaran.

“Saya melihat kinerja KPU Malassar selama ini sudah baik,” kata Direktur Nurani Strategi, Dr. Nurmal Idrus, Senin (23/11/2020).

Ia menjelaskan, sejak tahapan awal selalu transparan ke publik, termasuk anggaran. Begitu juga kegiatan lainya tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sama halnya saat debat selalu mengedepankan protokol covid-19 dan menjamin keamanan demi keselamatan bersama,” jelasnya.

“Saat menyusun dengan baik materi dan durasi waktunya. Sesingkat apapun durasi, itu bukan alasan bagi Paslon untuk menjadikannya sebagai keterbatasan,” lanjut Nurmal Idrus.

Sementara itu, komisioner KPU Malassar, Endang Sari mengatakan, saat ini memang masih berada dalam situasi Pandemi covid-19. Olehnya, sesuai regulasi untuk memperhatikan protokol kesehatan, maka ada banyak strategi sosialisasi KPU Makassar yang berubah.

Baca Juga :  Polres Pelabuhan Makassar Gandeng BRI dan PT Zarindah untuk Penyediaan Rumah Polri

“Kita tidak lagi bisa mengumpulkan orang dalam jumlah banyak di satu tempat hingga ratusan atau ribuan, sehingga kami melakukan sosialisasi dengan memaksimalkan rantai SDM yang dimiliki KPU Makassar,” katanya.

Dia menguraikan, ada 75 orang PPK, 459 orang PPS, dan 16.758 KPPS serta 4.788 Petugas ketertiban TPS. Mereka (PPK dan PPS) sudah melakukan sosialisasi door to door dari 6 bulan yang lalu, laporannya diperiksa setiap bulan.

“KPPS dan Petugas ketertiban TPS pun juga akan melakukan hal serupa nantinya jelang hari H,” urainya.

Baca Juga :  Laboratorium Rujukan PCR Covid-19 RSMY Bengkulu Diresmikan, Targetkan Sehari 300 Spesimen

Endang menjelaskan, kegiatan sosialisasi tatap muka tetap dilakukan, pihaknya turunkan berbasis kelurahan dengan harapan bisa langsung menjangkau pemilih real Makassar dan itu dilakukan setiap hari oleh PPK dan PPS.

“Program ini sampai 765 kegiatan sosialisasi tatap muka dengan target peserta maksimal 50 orang. Anggaran kegiatan tersebut kami turunkan ke penyelenggara Adhoc,” jelasnya.

Sosialisasi via media sosial KPU Makassar juga dimaksimalkan. Pihaknya menggandeng influencer untuk sosialisasi tahapan pemilihan di medsos.

“Sosialisasi yang lain seperti penyebaran alat-alat sosialisasi seperti spanduk, Flyer, baliho, dll juga telah dan masih akan kami sebarkan,” ujarnya.


Editor AG

Dilansir Dari Network Cakrawalarafflesia Rakyatnews

  • Bagikan
Positive SSL