Viral ! Video Warga Temukan Uang Puluhan Juta di Saluran Irigasi

ViralJika biasanya banjir menyisakan kesedihan, berbeda dengan banjir yang terjadi di Desa Plumbon, Kec. Limpung, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Sebab, setelah banjir itulah sejumlah warga Plumbon menemukan uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu.

Videonya pun viral di media sosial setelah diunggah oleh pengelola akun Instagram @viralterkini99.

“Penemuan uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu yang berceceran di saluran irigasi. Jumlah uang yg ditemukan warga mencapai Rp 23 juta, Jumat (20/11/2020),” tulis akun tersebut dikutip Suara.com.

Kejadian itu berawal ketika pada Kamis (19/11/2020) malam di lokasi terjadi hujan deras yang menyebabkan saluran irigasi mengalirkan air yang luar biasa banyak dan kencang.

Penemuan uang setelah banjir. (Instagram/@viralterkini99)
Penemuan uang setelah banjir. (Instagram/@viralterkini99)

Kemudian keesokan harinya, warga mulai menemukan uang yang berceceran di saluran irigasi tersebut.

Disiarkan Ayo Semarang— jaringan Suara.com, Kepala Desa Plumbon Agus Arjito mebenarkan kejadian unik penemuan uang oleh warga setelah banjir.

Baca Juga :  Sinopsis School 2017 Episode 5 Lengkap

“Kalau kejadian penemuan uang pukul 05.00 usai subuh oleh Nur Khamid. Ketika itu, ia lagi ke sawah miliknya untuk membersihkan irigasi karena semalam terjadi banjir,” terang Agus Arjto.

Selang beberapa lama, teman Nur Khamid juga sama menemukan uang di sekitar sawah dan saluran irigasi dalam kondisi basah dan kotor.

“Ada sekitar 12 orang yang menemuakan uang, hingga sore hari ada sekitar 50 orang yang ikut mencari juga menemukan uang kertas Rp 50 ribuan dan Rp 100 ribuan dengan total uangnya mencapai Rp 23 juta lebih,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, ada juga warga yang menemukan uang senilai Rp 10 juta dalam satu ikatan kertas Rp 100 ribuan.

Atas kejadian ini, Kepala Desa Plumbon berinisiatif memastikan keasliannya ke bank.

“Karena saya takut uang itu palsu, maka uang yang ditemukan warga saya tarik untuk dicek ke bank. Alhamdulilah ternyata uangnya asli,” jelas Agus.

Dijemur supaya kering

Uang yang dipungutt, oleh Nur bawa ke rumah untuk dibersihkan.

Baca Juga :  Pembuatan Rekening BLT DD, Desa Imigrasi Permu Dimulai Hari Ini

“Saya jemur di dapur supaya kering. Uang tersebut belum saya gunakan untuk membeli barang, saya simpan. Siapa tahu pemiliknya mencari uang tersebut,” jelasnya.

Kabar tersebut mencuat di masyarakat. Jumat sore banyak warga yang menyusuri areal persawahan dan pemakaman. Mereka pun beramai-ramai mencari uang di sepanjang saluran irigasi pertanian.

Bank nyatakan uang itu asli

Sementara itu Agus Arjito, Kepala Desa Plumbon membenarkan penemuan puluhan juta uang di saluran irigasi.

Ia mengatakan para petani mulai mendapati uang tersebut mulai pukul 05.00 WIB.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Jauh JPS, Program Pengaman Pekerja dari Kemnaker

“Setelah itu, warga beramai-ramai mencari uang lain di areal persawahan. Bahkan sampai menjelang petang baru pulang ke rumah,” kata Agus.

Agus mengaku sempat membawa contoh uang tersebut ke kantor BRI di dekat balai desa. Pegawai bank yang memeriksanya memakai alat deteksi menyatakan uang tersebut asli.

“Uang itu asli bukan uang palsu. Total uang yang bisa kami data di angka Rp 23 juta, itu belum yang ditemukan warga lain.”

“Kami baru mendata 12 petani yang pertama kali menemukan uang tersebut,” imbuhnya.

Pemerintah Desa Plumbon sudah berkoordinasi dengan desa di sekitanya mengenai uang tersebut.

“Sejauh ini tidak ada yang merasa kehilangan uang, apalagi jumlahnya puluhan juta,” tambahnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Kronologi Penemuan Uang Rp 23 Juta Hanyut di Saluran Irigasi, Warga Ragu Untuk Menggunakannya