Cara Merawat Tanaman Hias Calathea

Tanaman hias calathea menjadi salah satu jenis tanaman hias yang populer pada tahun ini. Daunnya yang memiliki corak dan warna menarik memikat banyak pecinta tanaman hias.

Tanaman ini dikenal tidak membutuhkan banyak cahaya matahari. Sehingga, calathea cocok ditempatkan sebagai dekorasi di dalam ruangan.

Nah, buat Anda yang tertarik dengan tanaman hias ini, berikut ini cara merawat calathea yang perlu diketahui, dikutip dari Apartment Therapy, Minggu (22/11/2020).

1. Pencahayaan

Calathea cocok untuk rumah dengan pencahayaan rendah. Perlu diingat bahwa calathea tidak dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari langsung, yang dapat membuat daunnya memutih.

Baca Juga :  Daftar Calathea Termahal di Indonesia

Tempatkan calathea di bagian ruangan dengan cahaya redup hingga tidak langsung. Biasanya, semakin gelap daunnya, seperti pada Calathea ornata, semakin rendah kebutuhan cahayanya.

2. Kelembaban

Calathea menyukai lingkungan yang lembab, tetapi banyak varietas dapat adaptif dengan tingkat kelembapan yang lebih rendah. Idealnya, calathea menyukai tingkat kelembapan 50 persen atau lebih.

Adapun beberapa jenis calathea yang lebih sensitif membutuhkan tingkat kelembapan yang lebih tinggi, yakni sekitar 60 persen.

Anda dapat meningkatkan tingkat kelembaban udara di ruanganbdengan menggunakan humidifier atau dengan meletakkan pot di atas nampan berisi kerikil dan air.

Kerikil akan mencegah pot terendam air, dan penguapan air secara alami akan membantu menjaga kelembaban udara di sekitar tanaman.

Baca Juga :  Tanaman Hias Dibarter Mobil

Calathea juga senang dikelompokkan bersama, yang meningkatkan kelembaban secara keseluruhan.

3. Air

Seperti semua tanaman hias, calathea menikmati air yang disaring atau dideklorinasi. Cukup isi semprotan penyiram Anda dan biarkan semalaman untuk menghilangkan klorin.

Jika ada bahan kimia lain dalam air keran, coba gunakan air yang telah disaring atau disuling.

4. Pot

Calathea menyukai tanah yang lembab, tetapi bukan tanah yang basah. Cobalah campuran 50 persen pot tanah, 20 persen kulit anggrek, 20 persen arang, dan 10 persen perlit.

Calathea juga tidak suka tanah yang kering. Setiap beberapa hari, tempelkan satu jari ke tanah untuk melihat apakah medianya terasa kering.

Baca Juga :  Penjual Tanaman Hias Di Kepahiang Raup Untung Rp 200 Ribu Perhari

Jika ya, sirami dengan banyak air, namun jangan sampai tergenang.

5. Pot plastik atau terakota?

Bertentangan dengan kepercayaan lama bahwa calathea tidak tumbuh dengan baik di pot terakota, pot ini membantu akar tetap lembab, tetapi tidak basah.

Pot terakota menyerap kelembapan berlebih, membuat tanah lembab secara optimal. Namun, jika Anda tinggal di rumah dengan kondisi yang kering, pertimbangkan untuk tetap menggunakan pot plastik.

Pastikan pot memiliki lubang drainase, karena kelebihan air dapat menyebabkan busuk akar.


editor AG

Sumber Kompas