Pilihan Pupuk Terbaik Untuk Tanaman Keladi

Hobby — Popularitas tanaman hias keladi atau Caladium memang cukup tinggi di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman ini memiliki daun yang unik dengan corak yang beragam, sehingga indah dipandang. Tak hanya itu, perawatan tanaman keladi juga tidak rumit dan sangat cocok untuk menjadi tanaman hias yang mampu mempercantik dekorasi rumah.

Namun, agar perawatan tanaman hias keladi bisa tumbuh lebih baik dan subur, diperlukan pupuk terbaik agar bisa memberikan pertumbuhan maksimal.

Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu, (21/11/2020), berikut ini beberapa pilihan pupuk terbaik untuk tanaman atau bunga keladi yang kamu miliki di rumah.

Baca Juga :  Ini 18 Sektor Usaha Tak Lagi Terima Gratis Pajak Gaji Tahun Depan

1. Pupuk kompos

Ya, pupuk kompos bisa menjadi pilihan paling aman dan standar untuk diaplikasikan ke tanaman keladi. Pupuk kompos dapat meningkatkan komposisi unsur hara, mineral atau nutrisi lain dari dalam tanah. Unsur-unsur inilah yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

2. Pupuk Gandasil D

Gandasil D memiliki kandungan berupa nitrogen 20 persen, fosfat 15 persen, kalium 15 persen, magnesium 1 persen. Sisanya adalah unsur dan senyawa seperti mangan, boron, tembaga, kobalt, seng, dan juga vitamin yang mampu menunjang pertumbuhan tanaman.

Baca Juga :  Kuli & Mandor Jadi Tersangka Kebakaran Kejagung

Gandasil D dapat membantu dan mempercepat pertumbuhan tanama, serta membuat daun tanaman menjadi tumbuh muda.

3. Pupuk dekastar

Dekastar merupakan jenis pupuk slow release yang melepaskan nutrisi secara perlahan sehingga pemupukan hanya 6 bulan sekali. Dekastar memiliki kandungan NPK seimbang, sangat baik untuk menunjang pertumbuhan atau pembesaran tanaman pada akar, daun, dan batang.

4. Pupuk Vitamin B1

Selain membantu proses metabolisme pada jaringan tanaman dan menghasilkan energi, vitamin B1 memiliki sejumlah manfaat untuk mencegah dan mengurangi stres pada tanaman. Manfaat baik vitamin B1 juga menjaga tanaman tetap segar, mempercepat proses tumbuhnya akar, melancarkan penyerapan unsur hara dan membantu pertumbuhan jaringan baru jadi lebih cepat.

Baca Juga :  Hasil MotoGP Catalunya 2020

5. Pupuk growmore

Pupuk daun growmore berfungsi untuk meransang pertumbuhan akar dan pembibitan, mempercepat pertumbuhan akar, membantu proses asimilasi tanaman, dan mempercepat pembungaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Pilihan Pupuk Terbaik untuk Tanaman Keladi alias Caladium”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/21/122400476/5-pilihan-pupuk-terbaik-untuk-tanaman-keladi-alias-caladium?page=2.
Penulis : Abdul Haris Maulana
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan