Suzuki Menargetkan Triple Crown di MotoGP Portugal 2020

MotoGPManajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, berharap bisa menyelesaikan MotoGP 2020 dengan triple crown. Suzuki sudah meraih gelar juara pembalap dan tim sehingga tugas terakhir adalah menempati posisi pertama di klasemen akhir konstruktor.

Gelar juara pembalap dan tim jatuh ke tangan Suzuki pada balapan sebelumnya, MotoGP Valencia 2020. Balapan seri ke-13 musim 2020 itu berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu 15 November 2020, malam WIB.

Joan Mir menyegel gelar juara MotoGP 2020 meski hanya menyegel posisi ketujuh di MotoGP Valencia 2020. Koleksi 171 poin Mir tidak mungkin dikejar pembalap lain walau dirinya absen pada balapan akhir pekan ini.

Baca Juga :  Jelang MotoGP Portugal, Rossi Alami Bencana

Sementara itu, Suzuki memastikan gelar juara tim dengan capaian Mir dan rekan setimnya, Alex Rins, yang finis keempat di MotoGP Valencia 2020. Hasil kedua pembalap Suzuki itu membuat tim berlambang huruf S tersebut mengoleksi 309 poin.

Koleksi poin Suzuki tidak mungkin dikejar oleh pesaing terdekatnya, Petronas Yamaha SRT, yang mengoleksi 203 poin. Oleh sebab itu, Brivio ingin Suzuki fokus mengamankan gelar juara konstruktor pada balapan pamungkas musim ini, MotoGP Portugal 2020, yang berlangsung di Sirkuit Portimao, Minggu 22 November 2020, malam WIB.

Saat ini, koleksi poin Suzuki sama dengan Ducati (201 poin) di klasemen sementara konstruktor. Sementara itu, Yamaha (188 poin) dan KTM (175 poin) membuntuti di belakang Suzuki serta Ducati.

Baca Juga :  Kronologi Valentino Rossi Dinyatakan Positif Virus Corona

Agar Suzuki bisa mengamankan gelar juara konstruktor, hasil apik harus diraih Mir dan Rins. Jika meraka bisa menyegel dua posisi terdepan saat balapan berakhir, Suzuki otomatis akan meraih triple crown.

Namun, Brivio tahu tidak mudah untuk melakukan itu. Sebab, Sirkuit Portimao baru digunakan untuk balapan MotoGP pada musim ini sehingga tidak ada pembalap yang dominan di sana. Oleh sebab itu, Brivio ingin tim dan para pembalap tampil maksimal di MotoGP Portugal 2020 sehingga hasil terbaik bisa diraih.

“Seluruh tim masih merasa luar biasa setelah apa yang terjadi akhir pekan lalu di Valencia. Kami benar-benar mencapai impian terbesar kami bersama Joan (Mir),” kata Brivio, mengutip dari laman resmi Suzuki, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga :  Meski Start Posisi 18, Rossi Tetap Senang di MotoGP Eropa

“Kami berharap dapat kembali ke jalur yang benar untuk balapan terakhir tahun ini, dan berharap untuk menyelesaikannya dengan triple crown. Itu akan sangat luar biasa,” ucap Manajer Tim Suzuki itu.

“Pastinya, ini tidak akan menjadi akhir pekan yang mudah, karena sirkuit ini baru untuk semua orang. Akan tetapi, kami akan tampil maksimal mulai Jumat (hari pertama MotoGP Portugal 2020) dan seterusnya, lalu lihat bagaimana hasilnya,” tuturnya.


Sumber