Gunakan Teknologi AI, Google Translate Buat Terjemahan Bahasa Isyarat

  • Bagikan
2f632f0f google translate
Google Translate. (Foto: Business Insider)

Gadget — GOOGLE Translate menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan saat ini. Fitur yang dimiliki cukup lengkap, bahkan hampir semua bahasa di dunia bisa diterjemahkan.

Hal itu berlaku untuk terjemahan menggunakan bahasa tertulis. Lalu bagaimana dengan bahasa isyarat, apakah bisa diterjemahkan juga?

Inilah yang sedang dikembangkan Google Translate. Mereka dilaporkan dengan membuat terjemahan bahasa isyarat mengandalkan teknologi artificial intelligence (AI). Layanan ini akan mampu menafsirkan bahasa isyarat dan mengubahnya menjadi ucapan.

Baca Juga :  Ciri TV Bisa Tangkap Siaran Digital
Google Translate gunakan teknologi AI kembangkan terjemahan bahasa isyarat. (Foto: Ubergizmo)

Secara teori perangkat lunak ini memungkinkan orang yang memiliki masalah bicara bisa lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain yang mungkin tidak mengerti bahasa isyarat.

Ini dilakukan dengan menggunakan kamera yang digabungkan dengan perangkat lunak. Lalu dapat melacak gerakan dan isyarat tangan pengguna serta menafsirkannya sesuai gerakan tangan.

Namun, Google mengakui bahwa teknologi ini belum cukup sempurna. Perangkat lunaknya hanya menangkap sebagian percakapan seperti ekspresi wajah, kecepatan gerakan tangan, dan tanda-tanda isyarat lainnya yang masih butuh disempurnakan lagi.

Baca Juga :  Vaksin Covid-19 Moderna Mulai Uji Klinis pada Anak-anak

“Kami berencana memperluas teknologi ini dengan pelacakan yang lebih kuat dan stabil, memperbesar jumlah isyarat yang dapat kami deteksi dengan andal, dan mendukung gerakan dinamis yang berlangsung tepat waktu,” jelas pihak Google, seperti dikutip dari Ubergizmo, Kamis (19/11/2020).

Pihak Google yakin dengan memublikasikan teknologi penerjemahan bahasa isyarat ini mampu memberikan dorongan pada ide dan aplikasi kreatif baru oleh anggota komunitas riset serta pengembang secara luas.


Okezone

  • Bagikan