Hari Ini Jerinx Hadapi Vonis Kasus ‘IDI Kacung WHO’

Artis Jerinx saat menjalani sidang kasus ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Celeb — Drummer Superman is Dead  (SID) I Gde Ari Astina alias Jerinx menjalani sidang vonis dalam kasus ujaran kebencian IDI ‘Kacung WHO’ di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Kamis (19/11).

“Benar (hari ini sidang vonis) dan sedang berlangsung,” kata kuasa hukum Jerinx, I Wayan Suardana atau yang akrab disapa Gendo kepada CNNIndonesia.com, Kamis (19/11).

Dalam kasus ini, Jerinx dituntut tiga tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU). Ia dianggap bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasar suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

Baca Juga :  Hasil MotoGP Catalunya 2020

“Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Denpasar yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa terdakwa I Gede Ary Astina alias Jerinx dengan pidana penjara selama tiga tahun dan denda Rp 10 juta subsidair tiga bulan kurungan. Dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dengan perintah tetap berada dalam tahanan,” kata Jaksa Otong Hendra Rahayu, Selasa (3/11).

Baca Juga :  Hasil MotoGP Emilia Romagna 2020: Vinales Podium 1

JPU menilai Jerinx telah melanggar Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 54A ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Baca Juga :  Langgar Protokol Kesehatan, Pengundian Nomor Urut Pilkada Bisa Ditunda

Saat itu, usai sidang pembacaan tuntutan, Jerinx meluapkan emosinya dan menantang pihak-pihak yang sengaja ingin memenjarakannya untuk datang ke persidangan selanjutnya.

“Dari IDI pusat dan IDI Bali, mereka semua bilang tidak ingin memenjarakan saya. Jadi siapa sebenarnya yang ingin memenjarakan saya? Saya ingin tahu orangnya siapa yang ingin memenjarakan saya dan ingin memisahkan saya dengan istri saya,” ujar Jerinx.


CNNIndonesia