Anak Susah Diatur? Coba Amalkan Doa Berikut

foto republika

1. Doa agar anak berhati lembut

Untuk mewujudkan sikap anak yang berhati lembut, Mama bisa membacakan doa yang tercantum dalam QS Ali Imran: 200.

Surah tersebut memiliki arti: “Wahai orang yang beriman, Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaran kamu, dan bersedialah serta bertakwalah kepada Allah supaya kamu berjaya.”

Setelah itu hembuskan pada makanan dan minuman sang anak. Jika si Kecil masih menyusu maka hembuskan pada susu.

2. Doa agar anak rajin menunaikan salat

hindustantimes.com

Baca Juga :  Doa dan Amalan Agar Kita Selamat Saat Hari Kiamat

Amalkan QS Ibrahim: 40-41, yang artinya: “Ya Allah Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak-anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan solat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).”

Disarankan doa ini dibaca selepas menunaikan salat atau setiap kali Mama mengingat si Kecil.

3. Doa untuk melembutkan anak yang keras kepala

Pexels.com/Pixabay

Agar anak menjadi lebih menurut dengan orangtua dan tidak egois, coba amalkan doa yang diambil dari QS Asy Syura: 19, yang artinya, “Allah Maha Lembut takdir-Nya (serta melimpah-limpah kebaikan dan belas kasihan-Nya) terhadap hamba-hamba-Nya; Ia memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya (menurut peraturan yang sudah ditetapkan), dan Dialah Yang Maha Kuat, lagi Maha Kuasa.”

Baca Juga :  Doa Sesudah Sholat Istikharah

Baca doa ini sebanyak 19 kali pada air minum kemudian berikan kepada anak agar meminumnya.

InsyaAllah  jika diamalkan secara rutin, maka sikap anak yang keras kepala itu akan berubah menjadi lebih baik atas seizin Allah SWT. Mama juga bisa membacakan doa ini di atas kepalanya saat anak tidur.

4. Doa untuk menangani anak yang nakal

Curiousgang mengapa anak bisa nakal?

Bacalah QS Ibrahim: 40, yang artinya: “Wahai Tuhanku, jadikanlah aku orang yang mendirikan solat, dan zuriat keturunanku. Wahai Tuhanku perkenankanlah doaku.”

Bacaan ini diucapkan setiap selepas salat lima waktu. Amalkan juga doa dari QS Al Furqan: 74 yang artinya: “Dan juga mereka yang berdoa dengan berkata: Wahai Tuhan kami, berilah kami beroleh daripada isteri-isteri dan zuriat keturunan kami perkara-perkara yang menyukakan hati kami, dan jadikanlah kami imam ikutan bagi orang-orang yang bertakwa.”

Baca Juga :  Ini Doa Rasulullah SAW agar Jadi Manusia yang Bercahaya

5. Doa agar anak taat perintah Allah SWT

gilmorestudios.com

Agar anak selalu taat pada perintah Allah, Mama bisa mengamalkan doa dari QS Al Baqarah: 128.

Artinya: “Ya Allah Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat ibadah haji kami dan terimalah taubat kami ini. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Itulah beberapa doa untuk anak agar tidak nakal dan lembut hatinya yang bisa Mama amalkan setiap saat. Memiliki anak yang baik dan berbakti tentu menjadi harapan semua orangtua. Namun semua itu harus diiringi usaha dan doa yang tulus.


SC POPMAMA