Bawa HP 5G, Oppo Minta Izin Kominfo

Gadget — Oppo meminta izin Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk membawa ponsel 5G ke Indonesia.

Menurut Public Relation Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, pihaknya masih menanyakan soal aturan 5G di Indonesia.

“Untuk 5G kita baru dalam tahap minta izin ke Kominfo, kita nanya bagaimana peraturan 5G,” kata dia secara virtual (17/11).

“Dan Alhamdulillaah, 5G ini dapat pengarahan dari Kominfo bagaimana nantinya untuk menyelenggarakan atau membuat sebuah perangkat 5G di Indonesia tapi yang jelas tunggu saja,” tambahnya.

Lebih lanjut, setelah dari Kemenkominfo, Aryo dan tim akan mendatangi Kementerian Perindustrian untuk berbicara soal 5G.

Baca Juga :  Pendaftaran Prakerja Gelombang 11 Dijadwalkan Bulan Ini

“Yang jelas kita sudah melalui jalan yang benar mungkin kalau punya kesempatan, kita kan juga berkunjung ke Kemenperin untuk berbicara ini juga,” pungkas Aryo.

5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut jaringan telekomunikasi generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G.

Dalam teknologi 5G, data akan dikirimkan melalui gelombang radio. Gelombang radio akan terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda, seperti dilansir Qualcomm.

Baca Juga :  BTS Langsung Raih 60 Juta Penonton Lewat "Life Goes On"

Setiap frekuensi disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda, seperti aeronautical dan sinyal navigasi maritim, siaran televisi, dan mobile data. Penggunaan frekuensi-frekuensi ini diregulasikan oleh International Telecommunication Union (ITU).

ITU telah merestrukturisasi bagian-bagian gelombang radio secara komprehensif untuk mentransmisikan data sambil mengembangkan teknologi komunikasi yang sudah ada termasuk 4G dan 3G.

Rahasia kecepatan super cepat 5G adalah latensi yang sangat rendah alias sangat responsif. Kecepatan internet juga lebih tinggi, misal untuk mengunduh film berdurasi panjang berdefinisi tinggi 15GB butuh 6 detik saja. Jika menggunakan 4G, waktu unduh sekitar 4 menit.

Baca Juga :  Besok Tutup Segera Daftar Kartu Prakerja Agar dapat 3,55jt

Selain itu, Oppo juga menyebut tengah mengembangkan ponsel dengan layar gulung. Dengan demikian, produsen itu bergabung dengan daftar produsen smartphone lain yang juga mengembangkan ponsel serupa seperti TCL dan LG.

TLC, memastikan akan memamerkan ponsel yang dapat digulung awal tahun 2021. Sebab, prototipe ponsel itu sudah bocor bulan Oktober 2020 lalu.

Ada juga LG yang mematenkan ponsel dengan desain ‘rollable’ tahun 2019 dan mungkin berencana diluncurkan dalam waktu dekat.


Sc CNNIndonesia