Prakerja Gelombang 12 dibuka Tahun Ini Apa 2021? Cek Infonya

Menanti Pendaftaran Gelombang 11 Prakerja Akhir Oktober
Menanti Pendaftaran Gelombang 11 Prakerja Akhir Oktober

CR — Minat masyarakat akan program Prakerja masih cukup tinggi. Buktinya hingga saat ini masih banyak yang menanyakan kapan pembukaan Prakerja gelombang 12.

Sebagai informasi, Kartu Prakerja adalah program pemerintah untuk menyiapkan generasi muda menghadapi dunia kerja yang dibalut dengan bantuan sosial (bansos) dampak dari Covid-19.

Program ini menargetkan 5,6 juta peserta tahun ini dengan anggaran Rp 20 trilun. Penerimaan ini ditargetkan akan selesai dalam 10 gelombang pendaftaran. Namun dalam pelaksanaan jumlah peserta tak tercapai dalam 10 kali gelombang pendaftaran.

Baca Juga :  Pembuatan Rekening BLT DD, Desa Imigrasi Permu Dimulai Hari Ini

Sebabnya, beberapa peserta dicabut kepesertaan karena tak membeli paket pelatihan pertama. Prakerja gelombang 11 pun diadakan dan ditutup pada 4 November lalu. Hampir 400.000 peserta yang tergabung dalam gelombang pendaftaran tambahan ini.

“Dengan pembukaan gelombang 11, seluruh dana Rp 20 triliun sudah terserap. Pengembalian dana, kalau ada, baru akan diketahui pada akhir Desember,” ujar Head Communication Manajemen Pelaksana Program Prakerja Louisa Tuhatu kepada CNBC Indonesia (16/11/2020).

Baca Juga :  TNI-Polri Kerahkan 8.000 Aparat, Antisipasi Demo Mahasiswa di Istana

Louisa Tuhatu menambahkan Pembukaan pendaftaran Prakerja gelombang 12 akan dilakukan tahun 2021. Saat ini Manajemen Pelaksana Prakerja sedang menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja mengenai kuota peserta dan anggaran yang disiapkan.

Terkait pelaksanaan Prakerja kelas online, Louisa Tuhatu menjelaskan “masih dalam pembahasan, memastikan sesuai dengan kebijakan penanganan Covid-19. Selain itu, dana pelatihan yang dialokasikan untuk tahun ini adalah Rp 1 juta sehingga kami masih menunggu apakah ada lembaga pelatihan yang menawarkan pelatihan luring dalam budget itu.”

Baca Juga :  Sejarah Sungai Tallo & Viral Buaya Jelmaan Manusia di Makassar

SC CNBC