Ini Sosok Test Rider yang Diidamkan Valentino Rossi

MotoGP — Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, membeberkan sosok test rider atau pembalap penguji yang paling diidamkannya. Bukan Jorge Lorenzo, Rossi menyebut Andrea Dovizioso sebagai test rider yang paling tepat.

Menurut Rossi, Dovizioso memiliki kemampuan yang sangat mumpuni sebagai test rider. Dengan sikapnya yang sensitif dan sangat cepat, The Doctor –julukan Rossi– yakin Dovizioso bisa memberi banyak masukan dalam pengembangan motor balap.

Yamaha sendiri sejatinya nyaris merealisasikan harapan Rossi untuk menjadikan Dovizioso sebagai test rider. Penawaran diberikan tim tersebut kepada Desmo Dovi –julukan Dovizioso– usai dinyatakan tak memperpanjang kontraknya dengan Ducati.

Baca Juga :  Sudah 9 Ribu Orang Teken Penolakan Mata Pelajaran Sejarah Tak Wajib

Tetapi sayang, Dovizioso menolak tawaran tersebut. Ia memilih untuk vakum pada MotoGP 2021 dan bersiap kembali jika mendapat kesempatan di tahun berikutnya.

Yamaha akhirnya memilih merekrut Cal Crutchlow sebagai test rider untuk musim depan. Crutchlow menggantikan peran Jorge Lorenzo yang menjadi test rider Yamaha pada MotoGP 2020.

Baca Juga :  Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Meninggal Dunia

Kontrak Lorenzo yang berakhir pada penghujung musim ini tak diperpanjang oleh Yamaha. Kabarnya, kinerja yang kurang baik dari Lorenzo untuk pengembangan motor Yamaha menjadi penyebab dari tak adanya kontrak baru yang disodorkan.

Dalam tes terakhir yang dijalani bersama Yamaha di MotoGP 2020, Lorenzo memang diketahui gagal menunjukkan kinerja yang baik. Catatan waktunya kala menjalani tes di Sirkuit Portimao, Portugal, menjadi yang paling buruk ketimbang test rider lain.

Baca Juga :  Harga Emas 17 November, Turun ke Rp980 Ribu per Gram

“Yamaha perlu memiliki tim penguji yang serius di Eropa tahun depan. Saya akan menyukainya jika test rider itu adalah Dovizioso karena dia sangat cepat, sensitif, dan sangat berpengalaman,” ujar Rossi, sebagaimana dikutip dari GP One, Selasa (17/11/2020).

“Tetapi, Cal Crutchlow juga merupakan rider yang dapat mendorong motor hingga batas jika dia memiliki motivasi yang tepat. Lebih dari sekedar mengetes, Anda membutuhkan program serius,” tukasnya.


SC Okezone