Drama Korea yang Dibintangi Jun Ji Hyun

CR — Wang Ji Hyun adalah nama asli dari aktris Korea Selatan, Jun Ji Hyun. Selain itu dia dikenal juga dengan nama Gianna Jun sebagai nama Inggrisnya. Lebih banyak film yang dibintanginya ketimbang drama Korea. Apalagi Ji Hyun mulai dikenal berkat perannya di film My Sassy Girl.

Kendati demikian, beberapa drama Korea yang dibintangi Jun Ji Hyun berhasil meledak di pasaran pada tahun-tahun berikutnya.

Ada yang menarik dari kisah hidup Jun Ji Hyun. Sewaktu kecil ia mengaku tidak pernah terbesit di benak untuk menjadi aktris. Ia bercita-cita menjadi seorang pramugari.

Barulah saat dia menginjak usia 16 tahun, ada teman SMA yang merupakan seorang model mengenalkan pada seorang fotografer pada 2007.

Jun pun mulai menggunakan nama panggungnya yakni Jun Ji Hyun dan memulai karier sebagai model untuk Majalah Ecole. Tak disangka kariernya sebagai model menjadi gerbang Ji Hyun melenggang ke dunia sinema Korea.

Berikut beberapa drama Korea yang pernah dibintangi oleh perempuan kelahiran Seoul, 30 Oktober 1981 tersebut.

1. Happy Together (1999)

Happy together 1999Foto: Seoul Broadcasting System (SBS) via Imdb
Happy Together merupakan film yang dibintangi Jun Ji Hyun pada tahun 1999

Happy Together berkisah tentang Seo Tae Pong yang harus berpisah dengan empat saudara kandungnya setelah kematian ibu kandung mereka. Keempat saudaranya terdiri atas satu laki-laki dan 3 orang perempuan.

Baca Juga :  Dibalik Rencana Pemangkasan Member JKT48

Beberapa tahun berselang, Tae Pong menjadi pemain baseball profesional. Di tengah kesibukannya menjadi atlet kerap terbayang untuk kembali berkumpul bersama para saudara kandungnya.

Dia pun mulai mencari cara untuk melakukan hal tersebut. Pertama dia menemui Seo Yoon Joo (Jun Ji Hyun), namun sayang sang adik ternyata tidak mengenali Tae Pong.

Drama Korea yang berjumlah 16 episode ini telah tayang pada tahun 1999 lalu dan dapat disaksikan kembali di beberapa platform streaming film legal seperti Netflix atau Viu.

2. My Love from the Star / Man from the Star (2013)

Dikisahkan pada 1609 ada alien yang datang ke bumi bernama Do Min Joon atau pada saat Korea Selatan sedang berada pada pemerintahan Dinasti Joseon. Satu waktu dia mencoba untuk membantu seorang gadis, namun setelah itu dia malah tidak bisa kembali ke planetnya.

Sebab itu dia pun merana dan harus terdampar di bumi hingga empat abad kemudian. Sang alien digambarkan sebagai makhluk yang memiliki paras tampan, memiliki kemampuan pendengaran, penglihatan, dan kecepatan lebih dari manusia.

Sebab kejadian yang pernah menimpanya dia punya pandangan sinis pada umat manusia. Tiga bulan sebelum dia bertemu dengan Cheon Song Yi (yang diperankan Jun Ji Hyun). Song Yi merupakan seorang aktris papan atas terkenal yang tiba-tiba menjadi tetangga Do Min Joon.

Baca Juga :  Beredar Isu Talak Cerai Nadya, Rizki 2R Doa Minta Dipermudah Urusan

Gadis itu mirip sekali dengan gadis yang pernah dia selamatkan pada beberapa abad silam. Do Min Joon pun mulai berusaha untuk menjauh dari sang gadis sebab dia harus segera meninggalkan bumi untuk kembali ke planetnya.

Namun perlahan, Song Yi membuat si alien jatuh cinta dan perasaan itu juga dia rasakan.

3. Legend of The Blue Sea (2016)

The Legend of the Blue SeaFoto: Dok. SBS
The Legend of the Blue Sea adalah drama Korea yang dibintangi Jun Ji Hyun dan Lee Min Ho

Drama Korea yang dibintangi Jun Ji Hyun satu ini berjumlah 20 episode dan telah rilis mulai 16 November 2016 hingga 25 Januari 2017. Film Legend of The Blue Sea akan bercerita kehidupan Heo Hoon-jae, seorang penipu ulung yang amat menggemari barang-barang antik.

Pada suatu hari, ia bertemu dengan perempuan aneh yang tiba-tiba berada di kamar hotelnya. Alih-alih melaporkan kejadian tersebut kepada polisi Heo Joon Jae malah mempertahankan orang itu karena memiliki gelang antik bernilai tinggi.

Heo Joon-jae bahkan mulai mendekati, merawat, dan menamai perempuan aneh tersebut sebagai Shim Cheong (Jun Ji Hyun). Benda antik di tangan sang perempuan menjadi banyak kisah rumit di kemudian hari.

Baca Juga :  Potret Haru Vanessa Angel Bareng Baby Gala Sky Andriansyah

Hubungan keduanya diperburuk dengan kondisi sekitar, seperti rekan Heo Joon-jae yang hanya memikirkan uang, kondisi fisik Shim Cheong, hingga teman lama Heo Joon-jae.

Selain menghadirkan Jun Ji Hyun drama Korea yang naskahnya ditulis oleh Park Ji-eun ini juga menghadirkan beberapa aktor dan aktris kawakan Korea Selatan lain, seperti, Lee Min Ho Cha Tae-hyun, dan Krystal f(x).

4. Kingdom (2019)

Kingdom Season 2Foto: Dok. Netflix
Kingdom adalah drama Korea yang dibintangi Jun Ji Hyun meskipun ia menjadi cameo

Serial drama Korea Kingdom dapat disaksikan di layanan streaming Netflix sejak 2019 lalu dengan season pertama berjumlah enam episode.

Kingdom berkisah tentang putra mahkota dari Dinasti Joseon bernama Lee Chang (Joo Ji Hoon) yang dituduh berkhianat dalam sebuah permainan politik kekuasaan yang sedang terjadi.

Adapun permainan itu mulai terjadi sejak sang raja meninggal dunia akibat penyakit epidemic yang menyebabkan dia berubah menjadi zombie. Sang putera mahkota merasa ada hal yang janggal dalam kematian sang ayah.

Dia curiga bahwa selama ini kesehatan ayahnya ditutup-tutupi oleh ratu kerajaan (Kim Hye Jun) dan Menteri kerajaan Jo Hak Jo (Ryoo Seung Ryeoong). Dia kemudian pergi ke pinggiran negeri untuk mencari dokter yang memegang misteri kunci kematian sang ayah.

Dalam drama ini Jun Ji Hyun sendiri sempat menjadi cameo selama beberapa detik. Dia diceritakan sebagai orang yang menyebarkan virus zombie. Selain itu dia juga digambarkan bukan sebagai penjual biasa.

Itulah 4 drama Korea yang dibintangi Jun Ji Hyun. Meski tak terlalu banyak membintangi drama daripada film, namun kedua judul drama terakhirnya yakni My Love from the Star dan Legend of the Blue Sea terbilang sangat sukses di kancah internasional sehingga berhasil membawanya menjadi seorang bintang terkenal.


CNNIndonesia