Hasil UEFA Nations : Swiss Tahan Imbang Spanyol

  • Bagikan
e5ab6d1b switzerland spain nations league soccer 169 1

Bola — Timnas Spanyol butuh perjuangan keras meraih poin dalam lanjutan UEFA Nations League ketika menghadapi Swiss di St Jakob Park, Basel, Minggu (15/11) dini hari waktu Indonesia.

Ferran Torres yang menerima umpan tumit dari Dani Olmo melepaskan peluang pertama Spanyol pada menit ke-10. Sepakan dari dalam kotak penalti Torres masih melenceng.

Xherdan Shaqiri menghentak tim tamu yang cukup dominan dalam penguasaan bola. Sebuah serangan balik yang dituntaskan Shaqiri masih diadang Unai Simon.

Menit ke-22 Yann Sommer nyaris melakukan blunder. Sepakan dari Mikel Oyarzabal yang terkesan sebagai umpan ke mulut gawang gagal diselamatkan dengan baik. Beruntung bola yang lepas dari tangkapan dan menuju gawang bisa diamankan kemudian oleh Sommer.

Swiss membobol gawang Spanyol pada menit ke-26. Lewat sebuah skema serangan yang cukup sederhana dibangun dari belakang dan dilanjutkan ke sisi sayap kanan, tuan rumah mengubah angka di papan skor. Breel Embolo tampil sebagai pemberi umpan dan Remo Freuler sebagai pencetak gol.

Berselang satu menit kemudian, tendangan bebas Ricardo Rodriguez hampir membuat bola bersarang untuk kali kedua di gawang Spanyol. Unai Simon yang hampir salah arah bisa mengantisipasi gerak bola.

Baca Juga :  Sinopsis Sisyphus: The Myth Episode 1

Spanyol yang tertinggal tak mengubah tempo permainan. Anak asuh Luis Enrique tetap berupaya mendominasi penguasaan bola tanpa terburu-buru. Kendati sempat membuat bola masuk ke kotak penalti, tidak ada peluang berarti yang hadir. Sementara kepercayaan diri pemain Swiss bangkit.

Peluang Spanyol melalui sepakan kaki kiri Fabian Ruiz yang berbelok sedikit karena mengenai pemain Swiss pada menit ke-37 masih bisa ditip Sommer.

Pada pengujung babak pertama, La Furia Roja mendapat dua kesempatan yang tak bisa dimanfaatkan dengan baik. Kans Oyarzabal dimentahkan Sommer dan peluang Merino di tiang dekat masih melenceng.

Spanyol terus mendominasi penguasaan bola pada babak kedua. Namun justru Swiss yang hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-53. Ramos menyelamatkan gawang dengan menjadi orang terakhir dan menyapu bola sepakan Haris Seferovic yang memanfaatkan ketidakjelian Simon.Optads

>

Menit ke-56 sundulan Ramos mengenai tangan Rodriguez. Wasit menunjuk titik putih. Sepakan Ramos dari titik 12 pas yang mengarah ke sisi kanan bawah bisa dihalau Sommer.

Baca Juga :  Sejarah Teh hingga Jadi Minuman Populer di Dunia

Kiper Swiss itu terus menampilkan performa apik dengan mengamankan peluang Ramos yang memanfaatkan sepak pojok semenit usai menggagalkan penalti.

Spanyol kembali mendapat penalti pada menit ke-79. Maksud Nico Elvedi menghentikan Alvaro Morata diganjar kartu merah. Ramos kembali menjadi algojo penalti dan Sommer kali ini tak sekadar menepis bola melainkan menangkap bola yang ditendang Ramos dari titik 11 meter.

Melawan 10 pemain Swiss, Spanyol baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-89. Gerrard Moreno menuntaskan umpan Sergio Reguillon.

Spanyol berupaya memanfaatkan waktu tambahan selama lima menit untuk mengurung pertahanan Swiss dan berusaha mencetak gol kemenangan, namun hingga wasit meniup peluit akhir skor imbang 1-1 tetap bertahan.

Susunan pemain inti Swiss:
Yann Sommer; Edimilson Fernandes, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Xherdan Shaqiri, Granit Xhaka, Remo Freuler, Steven Zuber; Breel Embolo; Haris Seferovic

Susunan pemain inti Spanyol:
Unai Simon; Sergi Roberto, Sergio Ramos, Pau Torres, Sergio Reguilon; Mikel Merino, Sergio Busquets, Fabian Ruiz; Dani Olmo, Ferran Torres, Mikel Oyarzabal


Sc (CNNIndonesia|nva)

  • Bagikan