Fakta Menarik Jelang MotoGP Valencia

  • Bagikan
3f1d7fae motogp valencia

MotoGP — MotoGP 2020 sudah memasuki dua seri terakhir dari total 14 balapan yang digelar musim ini. Balapan seri ke-13 yang bertajuk MotoGP Valencia 2020 pun siap digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, pada akhir pekan ini.

Balapan ini menjadi salah satu seri yang dinantikan para pencinta MotoGP karena memiliki sejumlah fakta menarik. Ada sederet pembalap yang berhasil menorehkan catatan manis di sirkuit tersebut.

Tetapi, catatan manis baru sangat berpotensi terukir dalam balapan GP Valencia tahun ini. Sebab, wajah-wajah baru berhasil menunjukkan peningkatan signifikan di musim ini. Sebelum menyaksikan balapan MotoGP Valencia 2020 pada Minggu 15 November 2020, mari menilik sejumlah fakta soal balapan tersebut.

1. Pembalap Tersukses

>

Fakta pertama membicarakan soal pembalap tersukses saat mentas di MotoGP Valencia. Ada dua nama yang berhasil menorehkan catatan fantastis saat mentas di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, sejauh ini.

Dani Pedrosa

Kedua pembalap itu ialah Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Keduanya sama-sama sudah mencatatkan empat kali kemenangan di MotoGP Valencia.

Baca Juga :  Alasan Lionel Messi Harus Tinggalkan Barcelona

Lorenzo menang pada 2010, 2013, 2015 dan 2016. Sementara itu, Pedrosa menang pada 2007, 2009, 2012, dan 2017. Tetapi, catatan kedua pembalap ini dipastikan takkan bisa bertambah karena mereka sudah pensiun dari MotoGP.

2. Konstruktor Tersukses

Selain pembalap, ada fakta menarik lainnya yang menarik dibahas, yakni soal konstruktor tersukses. Di MotoGP Valencia, Honda mencatatkan namanya sebagai konstruktor tersukses.

Repsol Honda

Honda menyandang status tersebut setelah berhasil meraih kemenangan sebanyak 10 kali di sana. Kemenangan tersebut diraih pada 2002, 2003, 2005, 2007, 2009, 2011, 2012, 2014, 2017, dan 2019.

Catatan Honda pun berpeluang bertambah kembali pada tahun ini, meski pembalap andalan mereka, Marc Marquez, dipastikan absen. Honda bisa mengandalkan Alex Marquez yang terus menunjukkan peningkatan di musim debutnya ini.

3. Kecepatan Maksimal

ADVERTISING
ADVERTISING

Bukan hanya Lorenzo dan Pedrosa yang berhasil menorehkan catatan manis di MotoGP Valencia. Ada juga nama pembalap Tim Mission Winnow Ducati, yakni Andrea Dovizioso.

Andrea Dovizioso

Dovizioso mencatatkan namanya sebagai pembalap paling cepat saat melintas di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Hal itu terjadi setelah dirinya mencatatkan kecepatan 335,9 kilometer (km)/jam pada MotoGP Valencia 2015.

Baca Juga :  Alquran Jelaskan Uban Menjadi Tanda Dekatnya Ajal

4. Panjang Sirkuit

Setelah membahas soal pembalap hingga konstruktor, serba-serbi soal Sirkuit Ricardo Tormo yang akan menjadi arena balapan juga tak kala menarik untuk dikulik. Sirkuit ini sendiri diketahui memiliki panjang 4 kilometer.

Para pembalap MotoGP

Sirkuit Ricardo Tormo memiliki sembilan tikungan ke kiri dan lima tikungan ke kanan. Dengan kondisi ini, arena balap di MotoGP ini pun kerap kali menjadi favorit untuk sejumlah pembalap.

5. Pemenang Terakhir

Fakta terakhir adalah soal pemenang teranyar di MotoGP Valencia.  Ia adalah Marc Marquez. Pembalap Tim Respol Honda itu mencatatkan namanya sebagai pemenang MotoGP Valencia pada 2019.

Marc Marquez

Marquez menempati podium pertama usai paling pertama menyentuh garis finis dengan catatan waktu 41 menit 21,469 detik. Tetapi, Marquez dipastikan takkan bisa mempertahankan kemenangannya karena absen di MotoGP  Valencia 2020 lantaran didera cedera pada lengan kanannya.


SC Okezone

  • Bagikan