Crutchlow Resmi Gantikan Jorge Lorenzo di MotoGP 2021

  • Bagikan
926a9438 images 2020 11 13t203555.187

MotoGP — TEKA-teki soal masa depan Cal Crutchlow akhirnya terjawab sudah. Crutchlow resmi merapat ke Yamaha pada MotoGP 2021 untuk mengisi tempat sebagai test rider atau pembalap penguji.

Yamaha mengumumkan kehadiran Crutchlow pada Jumat (13/11/2020) sore WIB. Crutchlow menggantikan Jorge Lorenzo yang sebelumnya bekerja untuk posisi tersebut di sepanjang MotoGP 2020.

Crutchlow pun akan memulai pekerjaannya bersama Yamaha dalam shakedown test yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 14-16 Februari 2021. Di sana, pembalap asal Inggris itu akan mengendarai YZR-M1.

Selanjutnya, pembalap yang akan meninggalkan Honda pada akhir musim ini akan mengambil bagian dalam tes resmi IRTA dan tes pribadi Yamaha. Crutchlow juga akan kemungkinan bisa mentas di MotoGP 2021 lewat wildcard.

Crutchlow juga telah mengonfirmasi ketersediaannya untuk dipilih sebagai pembalap pengganti di Yamaha jika ada rider yang sakit atau cedera. Pihak Yamaha sendiri yakin meminang Crutchlow sebagai test rider karena punya pengalaman besar di dunia MotoGP.

Ia sudah 10 tahun mentas di MotoGP dengan membela tiga pabrikan berbeda. Salah satunya adalah Yamaha. Yamaha menjadi tim pertama yang dibelanya di MotoGP. Sebelum mentas di MotoGP, Crutchlow terkenal memenangkan Kejuaraan Supersport Dunia 2009 bersama Yamaha.

Crutchlow kemudian naik ke Kejuaraan Dunia Superbike (WorldSBK) pada tahun berikutnya dan mencetak 10 podium, termasuk tiga kemenangan untuk finis kelima dalam klasemen keseluruhan.

Keberhasilan ini membuka peluang untuk melakukan debut MotoGP pada 2011 dengan tim satelit Yamaha pada saat itu, yakni Monster Energy Yamaha Tech3. Crutchlow sendiri dilirik Aprilia Gresini untuk menggantikan Andrea Iannone pada musim depan

Tetapi, ia memberi tahu Aprilia tidak akan membalap untuk mereka pada 2021 dan sebaliknya sangat yakin akan menjadi pembalap tes Yamaha pada 2021. Menyambut kedatangan Crutchlow, pihak Yamaha tak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada Lorenzo yang sudah bekerja di sepanjang tahun ini untuk tim pengembangan motor Yamaha.

“Yamaha Motor Racing ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Jorge Lorenzo atas ketersediaan, dukungan, dan pengertiannya selama tahun ini yang terhambat karena Covid-19. Meskipun keadaan eksternal menghalangi kemitraan ini untuk mewujudkan tujuan bersama pada 2020, rasa hormat antara kedua pihak tetap tidak berubah. Yamaha mendoakan yang terbaik untuk Jorge di masa depan,” bunyi pernyataan Yamaha, sebagaimana dikutip dari laman resmi MotoGP, Jumat (13/11/2020).


SC Okezone

Baca Juga :  Finish Ketiga, Joan Mir Sudah Cukup Puas Akan Kecepatan Motornya
  • Bagikan