Berpengaruh Kah Pupuk Organik Cair Pada Perawatan Monstera?

  • Bagikan
Berpengaruh Kah Pupuk Organik Cair Pada Perawatan Monstera?
Berpengaruh Kah Pupuk Organik Cair Pada Perawatan Monstera? Sumber foto: www.urbanasia.com

Selama pandemi, kegiatan baru yang cukup digandrungi adalah #BerkebunDiRumahAja. Utamanya merawat tanaman hias sebagai tempat hiburan agar betah tetap di rumah. Hal ini yang menyebabkan pamor tanaman hias, salah satunya yaitu Monstera, cukup melejit. Perihal kondisi tersebut, jelas hukum ekonomi berlaku; dimana permintaan tinggi, maka harganya pun ikut melambung juga. Harga Monstera pun bervariasi, dari mulai puluhan ribu hingga ada yang menyentuh enam juta rupiah.

Meskipun  diletakkan di dalam rumah, bukan berarti tanaman yang berasal dari hutan tropis bagian selatan Meksiko hingga selatan Panama ini tidak butuh perawatan. Justru, perawatan intensif akan membuat daun Monstera lebih besar dan lebih hijau. Daun Monstera seperti ini lah yang menambah kesan eksklusif jika dipajang di dalam ruangan. Terlebih, karena Monstera jugaa memiliki fungsi sebagai penyaring udara kotor, tentunya ukuran daun yang lebih besar menunjukkan kemampuan menyaring udara kotor lebih tinggi. Salah satu perawatan Monstera yang bisa dilakukan adalah pemberian pupuk organik cair.

Dilansir dari laman Gardening, Monstera tumbuh sangat baik pada suhu antara 20-300  C, atau ringkasnya pada tempat-tempat yang mempunyai kelembaban tinggi. Jadi, wajar saja jika Monstera tumbuh subur di daerah hutan tropis yang curah hujannya tinggi. Dan, wajar jika ia lebih cocok diletakkan didalam ruangan yang lembab.

Baca Juga :  Warga Buleleng Bali digemparkan Suara Dentuman keras

Perawatan Monstera menggunakan pupuk organik cair tidak lah repot. Sebenarnya tanaman hias ini termasuk tanaman yang mudah perawatannya karena tidak memiliki masalah serius. Penyakitnya sama juga pada umumnya tanaman hias, yaitu berkisar pada kutu daun, tungau laba-laba, atau kutu putih, yang kesemuanya bisa dibasmi dengan pestisida.

Namun, karena tanaman ini cenderung diletakkan di dalam rumah, sehingga akan lebih aman jika menggunakan bahan-bahan alami yang tidak membahayakan penghuni rumah. Maka, pencegahan penyakit pada tanaman Monstera bisa diakali dengan penambahan pupuk organik cair.

Berpengaruh Kah Pupuk Organik Cair Pada Perawatan Monstera?
Berbagai jenis Monstera Sumber foto by Mike Marquez via www.unsplash.com

                                                                 

                                                                                      

Salah satu produsen pupuk organik cair, GDM Organik, memaparkan hasil pendampingan lapangan tentang tren Monstera di kota besar layaknya Surabaya yang cenderung bersuhu tinggi. Dari hasil pemantauan tersebut, didapatkan hasil bahwa tips perawatan Monstera untuk tempat-tempat yang kurang curah hujan, yakni antara lain jangan terkena sinar matahari langsung, jangan terus disiram, dan beri nutrisi yang ada pada kandungan pupuk organik cair melalui penyemprotan pada daun, batang, hingga akarnya secara rutin. Kandungan nutrisi pada pupuk organik cair meliputi bakteri bermanfaát Bacillus umumnya berfungsi mencegah jamur sehingga menghindarkan tanaman dari penyakit-penyakit.

Baca Juga :  Wow PNS Bakal Dapat Uang Pensiun Lebih Besar

Pada masa pandemi seperti sekarang, sangat menguntungkan jika kita bisa menjual tanaman ini, bukan hanya merawatnya saja. Permintaan yang tinggi tentu menjadi peluang bisnis yang saying dilewatkan juga. Nah, saat anda ingin memperbanyak Monstera, anda bisa mencoba cara vegetative yakni dari anakan tunas yang siap dikembangbiakkan. Merendamnya dalam pupuk organik cair tentu akan menghilangkan bibit-bibit penyakit dan semakin menambah daya imunitas tanaman dari sejak awal. GDM Organik juga berpendapat bahwa aksi pencegahan dari sejak mulai tanam seperti ini justru menentukan pertumbuhan tanaman hingga akhir.  Jadi, bagaimana? Siap meraup untung dari tanaman Monstera ini?

INFORMASI TENTANG PENULIS:

Nama Lengkap     : Diah Sulung Syafitri

Asal Instansi         : GDM Organik

Jabatan                 : Content Writer Freelance

Media Sosial        : www.facebook.com/diahsulungsyafitri

Alamat Email       : diahsulungsyafitri@gmail.com

No. WhatsApp      : 085731482817

  • Bagikan