Roy Suryo Sebut Video Syur Mirip Gisel Bukan Editan dan 74 Persen Kemiripan

  • Bagikan
2873e6e3 5f609dccdb50d
foto: kompas.com

Celeb — Video syur yang diduga mirip dengan artis Gisella Anastasia ramai dibicarakan netizen dan membuat Roy Suryo ikut angkat bicara. Pakar telematika itu mengaku telah melakukan analisa terhadap video berdurasi 19 detik tersebut.

Roy memastikan bahwa tak ada unsur editan dalam video mirip Gisel yang santer beredar di media sosial tersebut. Menurutnya, tak ada tanda-tanda yang menunjukkan adanya unsur penempelan wajah.

“Saya bisa katakan bahwa itu bukan video hasil editan atau penempelan wajah,” ujar Roy seperti di kutip dari tayangan Silet, RCTI pada Rabu (11/11/2020).

Hal itu disampaikannya menyusul maraknya fenomena penempelan wajah yang dapat dilakukan melalui beberapa aplikasi tertentu.

Baca Juga :  10 Resep olahan ayam dan bakso

Namun, lanjut Roy, video yang telah melalui unsur penempelan wajah tersebut biasanya telah memiliki pola-pola tertentu.

“Karena sekarang kan kita harus hati-hati dengan beberapa aplikasi yang bisa menempelkan wajah orang, sudah ada polanya kita bisa lihat lah dan di video 19 detik itu bukan termasuk bagian dari itu,” kata Roy.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini pun turut melakukan analisa terhadap beberapa objek yang terdapat pada wajah perempuan dalam video tersebut. Hasilnya, terdapat kemiripan hingga 74 persen.

“Berapa persen perbandingannya mata dengan mata, hasilnya ketemu 72 sampai 74 persen. Siapa wanita yang ada di video itulah yang harus kita cari tahu,” ujar Roy.

Baca Juga :  Klaster Penyumbang Covid-19 Terbanyak di Kabupaten Kepahiang

Selain mata, Roy menuturkan bahwa beberapa objek lainnya juga dapat menjadi perbandingan. Di antaranya tahi lalat, warna mata, warna kulit, dan lain-lain.

“Ada juga beberapa perbandingan yang bisa jadi petunjuk, seperti tahi lalat, warna mata, kemudian warna kulit,” kata Roy.

“Saya tidak menguji sampai ke kaki, karena memang dari wajah saja sudah cukup. Biasanya dari metode pengujian wajah itu sudah bisa kemudian menjadi petunjuk awal yang siap untuk diuji lebih lanjut,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul ” Soal Video Syur Mirip Gisel, Roy Suryo Sebut Bukan Hasil Editan dan Kemiripan 74 Persen “, Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/seleb/soal-video-syur-mirip-gisel-roy-suryo-sebut-bukan-hasil-editan-dan-kemiripan-74-persen/2.

  • Bagikan