Akun Medsos ‘Palsu’ Esemka Dilaporkan ke Instagram

  • Bagikan
5dadc241 mobil produksi esemka
foto : Screenshoot IG esemka

Nasional — Solo Manufaktur Kreasi (SMK/Esemka) mengatakan telah melaporkan akun media sosial yang mengatasnamakan perusahaan ke Instagram. SMK menjelaskan akun resmi perusahaan yang memberikan informasi resmi adalah @esemkaindonesia.

Ada beberapa nama akun Instagram yang terpantau menggunakan nama Esemka, misalnya @esemka.official dan @info_esemkaid. Dua akun ini kerap memberikan sejumlah informasi berkaitan dengan aktivitas bisnis Esemka di Indonesia.

View this post on Instagram

Jakarta, CNN Indonesia — Solo Manufaktur Kreasi (SMK/Esemka), sama seperti produsen mobil lain di dalam negeri, juga terkena dampak virus corona (Covid-19). Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut Esemka telah mengurangi jumlah produksi buat menanggulanginya. "Pandemic Covid-19 yang terjadi saat ini di industri otomotif secara umum menyebabkan perusahaan [Esemka] melakukan pengurangan produksi," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli Ardika saat dihubungi, Kamis (11/6). Meski demikian Putu tidak menjelaskan detail soal kondisi terkini produksi Esemka. Pabrik Esemka pernah dilaporkan mempunyai kapasitas produksi 10 ribu unit per tahun, namun dipahami belum sepenuhnya terpakai. Putu meyakini Esemka yang bermarkas di Boyolali, Jawa Tengah itu tetap beroperasi normal meski ada 'keterbatasan'. Putu juga menjelaskan Esemka telah memberlakukan sistem bekerja dari rumah (work from home/WFH) untuk sejumlah pegawainya. Saat ini tercatat Esemka memiliki 190 orang karyawan. "Dan sebagian karyawannya menjalani pekerjaan di rumah demi menjaga kesehatan karyawan dan seluruh elemen perusahaan," kata dia. Esemka dikatakan masih berkomitmen memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan dengan tetap menyediakan layanan penjualan dan servis dengan mengedepankan protokol kesehatan. "Tapi informasi teknis dan detailnya bisa menghubungi perusahaan bersangkutan ya," ucap Putu. Presiden Direktur SMK Eddy Wirajaya yang dihubungi terpisah hingga kini belum memberi jawaban. Pabrik Esemka pertama kali diresmikan pada September 2019. Perusahaan yang diklaim berdiri 100 persen tanpa campur tangan pemerintah tersebut memiliki nilai investasi Rp600 miliar. Produk pertama Esemka, Bima, meluncur saat peresmian pabrik. Bima adalah pikap yang banyak memiliki kemiripan desain dan spesifikasi dengan pikap buatan produsen China, Changan Star Truck. Uji Tipe Mobil Baru Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mengungkap situasi Esemka, yakni dikatakan tidak mengajukan permohonan uji tipe kendaraan baru sepanjang tahun ini. Terakhir kali hal itu dilakukan disebut pada Agustus 2019. Sumber: CNN Indonesia

A post shared by Info seputar Mobil Esemka πŸ‡²πŸ‡¨ (@info_esemkaid) on

Unggahan kedua akun meliputi spesifikasi mobil, sejarah Esemka, aktivitas pabrik, hingga penjualan. Bahkan @esemka.official turut meninggalkan nomor kontak serta menulis ‘official account’ pada area biodata.

Kedua akun ini lebih populer ketimbang akun resmi Esemka dengan jumlah pengikut lebih banyak. Akun @esemkaindonesia terpantau hanya memiliki 260 pengikut serta baru empat unggahan, sementara @esemka.official 2.755 pengikut dan 11 unggahan, sedangkan @info_esemkaid 563 pengikut dan 31 unggahan.

Menurut Humas Esemka Sabar Budhi, pihaknya sudah melaporkan salah satu akun tersebut, yakni @esemka.official ke Instagram.

“Saya sekalian konfirmasi bahwa IG esemka.official bukan resmi milik PT SMK,” kata Sabar melalui pesan singkat, Rabu (11/11).

Jawaban Sabar itu juga terkait informasi yang dibagikan @esemka.official tentang ‘penjualan perdana mobil Esemka’ pada 7 November. Menurut akun ini penjualan perdana Esemka dimulai pada 9 November.

Sabar belum mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut, namun dia bilang pihaknya sudah pernah melaporkan akun itu tapi belum ada kelanjutan dari pihak Instagram.

“Saya sudah laporkan ke pihak Instagram hanya belum ditindak lanjuti,” kata dia.

View this post on Instagram

@tempodotco , Jakarta – PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), agen pemegang merek mobil Esemka, mulai memasarkan kendaraan jenis pikap Esemka Bima 1.2 dan 1.3 sejak 6 September 2019. Tepat bersamaan dengan peresmian pabrik perakitan oleh Presiden Joko Widodo di hari yang sama. Pabrik perakitan itu berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik ini menempati lahan seluas 115 ribu meter persegi. Di salah satu bangunan di bagian depan, digunakan sebagai showroom untuk memajang kendaraan niaga Esemka Bima 1.2 dan 1.3. β€œSaat ini pembelian bisa langsung ke showroom di Boyolali,” kata Humas PT SMK Sabar Boedhi kepada Tempo, Jumat, 28 Agustus 2020. Sabar menambahkan bahwa peminat yang ingin membeli Esemka Bima bisa menghubungi showroom di nomor 0271-7851400. Menurut Sabar, saat ini tersedia stok sekitar 100 unit untuk Esemka Bima 1.2 dan 1.3. Pabrik perakitan mobil Esemka terletak di Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik ini berdiri di atas lahan seluar 115.000 meter persegi dengan luas bangunan 12.500 meter persegi. Tanah itu disewa untuk jangka waktu selama 30 tahun Pabrik ini dilengkapi dengan ruang pamer, pengecatan, perakitan kendaraan, perakitan mesin, pengetesan mesin, pengetesan kendaraan, dan inspeksi. Nilai investasi pabrik ini mencapai Rp 600 miliar. Esemka juga menjalin kerja sama pemasaran dengan PT Unisat Oto Internasional. Direktur Utama Unisat Oto Internasional Hady Hartanto bahwa saat banyak yang telah mengajukan permohonan sebagai mitra dealer. Namun karena pandemi Covid-19 dan ekonomi lesu, sebagian besar MoU ditunda. β€œKhusus Lampung sangat agresif, pemesanan di sana sudah lebih dari 1.000 unit,” kata Hady kepada Tempo, Jumat, 28 Agustus 2020. Sayang, Hady belum bersedia membeberkan berapa target dealer yang akan dioperasikan pada tahun ini. Hanya saja ia membeberkan bahwa sebagian besar mitra yang ingin menjalin kerja sama pembangunan dealer sudah memenuhi persyaratan. Pada 15 Agustus 2020, perusahaan telah mengirim sebanyak 200 unit Esemka Bima 1.2 ke Lampung. Mobil itu dikirim langsung dari Boyolali #esemkaindonesia #esemka

A post shared by ESEMKA (@esemkaindonesia) on

Sabar menegaskan Esemka juga punya akun lain pada media sosial yakni Facebook dengan nama serupa, Esemka Indonesia.

“IG punya PT SMK @esemkaindonesia yang juga link dengan Facebooknya,” ungkap dia.


Source CNNIndonesia

Baca Juga :  Detik-detik Vinales Salip Bagnaia MotoGP Qatar 2021
  • Bagikan