Waduh ! HP Android Versi 7.11 Kebawah Tak Bisa Akses Internet Lagi pada 2021

  • Bagikan
6c7b3d0f 096883200 1480993999 androidpit android n nougat 2480

Gadget — Smartphone dengan Android di bawah versi 7.11 Nougat dilaporkan tidak akan lagi bisa mengakses berbagai situs web yang aman pada 2021. Hal ini disebabkan root certificate otoritas sertifikat Let’s Encrypt tak akan lagi bekerja sama dengan otoritas sertifikat IdenTrust.

Hal ini  merupakan perubahan yang cukup signifikan mengingat sepertiga dari semua domain web bergantung pada sertifikat organisasi. Android tua tidak akan mempercayai sertifikat root Let’s Encrypt, hal ini dapat “menyebabkan beberapa masalah kompatibilitas.

Organisasi nirlaba yang bermitra dengan Mozilla Let’s Encrypt mengatakan bahwa kemitraannya dengan sesama otoritas sertifikat IdenTrust akan berakhir pada 1 September 2021. 

Karena tidak memiliki rencana untuk memperbarui perjanjian penandatanganan silang, Let’s Encrypt berencana menghentikan penandatanganan silang default untuk root IdenTrust sertifikat, DST Root X3, dimulai pada 11 Januari 2021.

Baca Juga :  Penjualan Perdana vivo Y33s Resmi Dibuka, Ada Bonus Kuota Hingga 252 GB

“Beberapa perangkat lunak yang belum diperbarui sejak 2016 (kira-kira saat root kami diterima di banyak program root) masih tidak mempercayai sertifikat root kami, ISRG Root X1,” kata Kepala Pengembang Let’s Encrypt, Jacob Hoffman-Andrews.

“Terutama, ini termasuk versi Android sebelum 7.1.1. Artinya, versi lama Android tersebut tidak lagi mempercayai sertifikat yang diterbitkan oleh Let’s Encrypt,” tambahnya. 

Satu-satunya solusi bagi pengguna ini adalah memasang Firefox karena peramban ini bergantung pada penyimpanan sertifikatnya sendiri yang menyertakan root Let’s Encrypt. Kendati demikian hal ini tidak akan mencegah aplikasi rusak atau memastikan fungsionalitas di luar peramban.

Baca Juga :  Whatsapp Posting Tagar #StopAsianHate, Serukan Setop Rasisme

Dilansir dari Gizmodo, Let’s Encrypt mencatat bahwa sekitar 34 persen perangkat Android menjalankan versi lebih lama dari 7.1. Itu berarti jutaan pengguna berpotensi terputus dari sebagian besar web aman mulai tahun 2021.

Dilansir dari Engadget, tidak jarang vendor Android menawarkan pembaruan yang relatif sedikit di tahun-tahun sebelumnya.. Anda mungkin telah membeli ponsel pada tahun 2016 atau bahkan 2017 yang dapat tiba-tiba kehilangan akses ke beberapa situs web.

Di sisi lain, Samsung dan pembuat Android lainnya berkomitmen untuk tiga tahun pembaruan OS. Namun, hal itu tidak akan mengubah kenyataan bagi banyak orang dengan perangkat keras lama.


AG

SC CNNIndonesia

  • Bagikan
Positive SSL