Lolos Hukuman dari FIM, Marquez Sindir Valentino Rossi Dkk

  • Bagikan
9f798eeb 520030132

MotoGP — Jelang balapan MotoGP Eropa 2020, Yamaha harus mendapatkan sebuah tamparan yang keras. Yamaha tepatnya mendapatkan hukuman dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM) lantaran ketahuan melakukan pelanggaran saat di MotoGP Spanyol 2020.

Yamaha dituding melanggar peraturan homologasi dengan mesin yang digunakan pada balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada MotoGP 2020. Gara-gara hal itu, FIM memberi sanski pengurangan poin Yamah di tim konstruktor sebesar 50 poin.

Tak hanya sampai situ, Tim Monster Energy Yamaha dan Petronas Yamaha SRT juga mengalami pengurangi poin di klasemen tim. Pabrikan Yamaha dikurangi 20 poin, sedangkan tim satelit Yamaha dipotong 36 poin.

Tiga rider Yamaha di GP Andalusia

Menariknya poin empat pembalap Yamaha, yakni Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli tak dikurangi sama sekali. Hal itu lantas membuat banyak pihak bertanya-tanya.

Baca Juga :  Jack Miller Gunakan Jeda Musim Panas untuk Evaluasi Performa

Salah satu pihak yang menanyakan keputusan FIM itu adalah sang juara dunia MotoGP 2019, Marc Marquez. Rider Repsol Honda itu merasa heran mengapa Rossi dan kawan-kawannya selamat dari pengurangan poin ketika semua perolehan poin tim Yamaha dikurangi.

Menurut Marquez hal tersebut agak kurang adil. Ia pun menyindir Rossi cs dan tentunya FIM dengan mengatakan bahwa tampaknya perubahan di motor tak menguntungkan dari sisi pembalap.

Tentunya perkataan Marquez itu bernada menyindir. Marquez tentu kesal dengan keputusan FIM tersebut lantaran jika ada perubahan di motor, para pembalap jelas sangat diuntungkan dan harus menerima pengurangan poin juga/

Akan tetapi, pada kenyataannya tiga rider Yamaha yang saat ini menjadi kandidat kuat juara MotoGP 2020 dibiarkan begitu saja oleh FIM. Hal tersebut pun membuat Marquez merasa geram dengan mencoba menyindir secara halus keputusan tersebut melalui media sosial pribadinya, @marcmarquez93.

Baca Juga :  Marc Marquez Nilai Tes di Barcelona Penting untuk Masa Depannya

“Sekarang ternyata para pengemudi balap tidak mendapat manfaat apa pun dari keunggulan mekanis (yang didatanhgkan),” kata Marquez, dikutip dari twitter @marcmarquez93, Sabtu (7/11/0202).

Tak dikuranginya jumlah poin empat pembalap Yamaha tentu membuat rider Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins, serta Andrea Dovizioso gagal memimpin klasemen dengan tenang. Kini peta persaingan semakin menarik dengan tersisanya tiga seri lagi di musim ini.

AG

SC Okezone

  • Bagikan
Positive SSL