Informasi Kartu Prakerja 2021

  • Bagikan
Informasi Kartu Prakerja 2021
Informasi Kartu Prakerja 2021

CR — Gelombang 11 prakerja menjadi yang terakhir pada tahun ini, dimana total kuota untuk gelombang 11 ini hanya sekitar 400 ribu peserta, tentunya akan banyak peserta yang gagal lolos dan harus menunggu gelombang selanjutnya yang pastinya bukan di tahun 2020 ini.

Seperti diketahui jika pemerintah melanjutkan Program kartu prakerja di tahun 2021, namun apakah sistem pendaftaran hingga insentif akan sama seperti tahun 2020 ini? berikut Informasi kartu prakerja 2021.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari memastikan peserta yang telah mengikuti program Kartu Prakerja di tahun ini tak akan bisa mengikuti kembali pada 2021.

Ia mengatakan kebijakan tersebut bertujuan agar penerima program Prakerja merata ke berbagai daerah dan dapat menjangkau banyak sasaran.

Baca Juga :  Provinsi Bengkulu Belum Buka Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang IV

“Kartu Prakerja ini, tahun depan penerimanya tidak ada yang sama untuk prinsip pemerataan,” ujarnya dalam webinar bertajuk Peran Program Kartu Prakerja dalam Pembangunan SDM di Masa Pandemi, Selasa (3/11).

Denni menuturkan program Prakerja harus memiliki jangkauan yang luas. Maklum, BPS mencatat 73 persen penganggur tidak pernah mengikuti pelatihan bersertifikat.

Lewat Program Kartu Prakerja pula, sebanyak 5,6 juta peserta belajar materi pelatihan yang telah dinilai oleh ahli dan memperoleh sertifikat.

“Mereka juga memiliki literasi digital yang dampak transformatifnya jauh lebih besar karena mereka sekarang sudah tahu dan bisa belajar kapanpun, dimanapun, dari siapapun selama ada internet dan kemauan,” lanjut Denni.

Bahkan ke depan, Kartu Prakerja akan bekerja dengan sejumlah perusahaan dalam rangka job matching. Hal ini memungkinkan peserta yang telah menerima sertifikat digital bisa langsung mengikuti proses rekrutmen perusahaan yang bekerja sama dengan Kartu Prakerja.

Baca Juga :  Urutan Keterangan Proses Pencairan Insentif Kartu Prakerja

Karena itulah, menurut Denni, Program Kartu Prakerja yang diberikan di masa pandemi tidak hanya memberikan insentif untuk menunjang kebutuhan. Yang lebih penting, program juga memberikan aneka pelatihan yang dibutuhkan pencari kerja ketika menunggu pasar tenaga kerja berangsur pulih dari tekanan pandemi.

“Kami akan mengajak perusahaan-perusahaan untuk posting lowongan mereka di platform. Karena peserta Kartu Prakerja punya sertifikat digital dan mendaftarnya juga digital, maka begitu ada perusahaan yang mencari kerja dengan kualifikasi yang mereka miliki maka platform akan langsung menyodorkan CV mereka kepada perusahaan,” pungkasnya.


AG

Source CNNIndonesia

  • Bagikan