Hal Yang Wajib Diketahui Peserta Gelombang 11 Prakerja

  • Bagikan
Hal Yang Wajib Diketahui Peserta Gelombang 11 Prakerja
Hal Yang Wajib Diketahui Peserta Gelombang 11 Prakerja

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja resmi membuka pendaftaran peserta gelombang 11

CR — Pendaftaran gelombang 11 Kartu Prakerja resmi dibuka (02/11/2020). Bagi peserta yang pernah mendaftar sebelumnya hanya tinggal mengklik gabung pada gelombang ini, sedangkan bagi yang belum mendaftar harap segera mendaftar karena pendaftaran gelombang ini hanya berlangsung selama 2 hari saja.

Untuk diketahui kuota pada gelombang 11 ini hanya berkisar 400 ribu peserta yang diambil dari penonaktifan peserta dari gelombang satu hingga sepuluh.

Jika kalian baru pertama kali mendaftar pastinya akan bingun hal apa saja yang wajib diketahui pada gelombang 11 ini, untuk itu kami akan mengulasnya,

Hal Yang Wajib Diketahui Peserta Gelombang 11 Prakerja

1 Pendaftaran Gelombang 11

Gelombang 11 dibuka pada hari senin 02 November 2020 Pukul 12.00WIB. jika kalian belum mendaftar segera kunjungi https://prakerja.go.id untuk melakukan pendaftaran, akan tetapi jika sudah pernah mendaftar pada gelombang sebelumnya maka kalian hanya perlu klik gabung pada gelombang 11 ini

1 Pendaftaran Gelombang 11

2 Penutupan Pendaftaran Gelombang 11

Gelombang 11 akan ditutup pada 4 November 2020 pada pukul 12.00 WIB. Maka bagi kalian yang belum melakukan pendaftaran maupun belum klik gabung pada gelombang 11 ini maka segeralah mendaftar.

3 Pengumuman Gelombang 11

Jika berkaca pada gelombang sebelumnya maka pengumuman lolos atau tidaknya peserta akan dilakukan 3 sampai 7 hari setelah pendaftaran ditutup. Cek DISINI

4 Tau Lolos Apa Tidak Gelombang 11

Bagi kalian yang lolos pada gelombang 11 ini kalian akan mendapatkan sms pemberitahuan resmi dari prakerja. Jika tidak mendapatkan sms notifikasinya, maka kalian dapat cek secara berkala dashboard prakerja kalian.

Jika kalian diminta untuk menyambungkan rekening, maka dipastikan kalian lolos pada gelombang 11 ini.

5 Menyambungkan Rekening

5 Menyambungkan Rekening

Setelah dinyatakan lolos maka peserta akan diminta untuk memasukkan rekening sebagai syarat untuk pencairan insentif nantinya. Mohon dipastikan rekening yang kalian gunakan menggunakan identitas ( NIK, No HP, Email) sesuai dengan akun prakerja.

Jika kalian belum memiliki rekening, kalian dapat mendaftar rekening BNI secara Online Klik DISINI untuk langkah serta panduannya. atau kalian dapat registrasi e-wallet OVO, Gopay, serta LinkAja. dan pastikan upgrade sesuai dengan data asli kalian mulai NIK, Nomor HP serta Email.

Baca Juga :  Cara Beli, Pelatihan, Webinar, Hingga Tips Exam nilai 100 Skill Academy Prakerja

Bingung caranya? Untuk OVO klik DISINI, Gopay Klik DISINI sedangkan untuk LinkAja Klik DISINI

6 Menunggu Saldo Pelatihan

Tahap selanjutnya menunggu hingga saldo pelatihan muncul maksimal 7 hari kerja setelah peserta dinyatakan lolos. Dimana Saldo ini hanya dapat digunakan untuk membeli pelatihan.

Harap diingat, saldo sebesar RP. 1.000.000 hanya dapat digunakan membeli pelatihan dan tidak akan masuk kedalam rekening kalian.

7 Membeli pelatihan

7 Membeli pelatihan

Setelah saldo pelatihan sebesar 1 Juta masuk, maka peserta diwajibkan untuk membeli pelatihan pertama maksimal 30 hari kerja setelah saldo muncul agar tidak dinonaktifkannya akun prakerja kalian.

Pelatihan pertama ini wajib dibeli dan diselesaikan sebagai syarat untuk mendapatkan insentif. Jadi pastikan kalian membeli pelatihan yang sesuai dengan minat kalian, atau kalian dapat melihat pelatihan cepat serta kunci jawaban yang sudah kami ulas DISINI

Sebagai syarat mendapatkan insentif, peserta hanya diwajibkan membeli 1 pelatihan saja. tapi jika memang ingin membeli pelatihan lainnya maka diperbolehkan dengan syarat harus diselesaikan agar tidak terjadi masalah dikemudian hari.

8 Menunggu Sertifikat Muncul Di Dashboard Prakerja

8 Menunggu Sertifikat Muncul Di Dashboard Prakerja

Pada langkah ini, sertifikat pelatihan wajib muncul pada akun prakerja kalian. Maka pastikan kalian sudah mengikuti seluruh prosedurnya mulai dari akun untuk mitra pelatihan, mitra pembayaran sesuai dengan akun prakerja. selain itu pastikan juga kalian telah memberikan rating serta ulasan pada mitra pelatihan juga mitra pembayaran agar sertifikat kalian dapat diproses.

Berapa lama proses sertifikat muncul di dashboard prakerja ? secara normal sertifikat akan muncul maksimal 7 hari kerja setelah penyelesaian pelatihan dan memberikan rating serta ulasan.

Jika sudah memasuki 7 hari kerja ( sabtu,minggu libur nasional tidak dihitung) tapi sertifikat belum muncul berikut langkah yang dapat kalian lakukan :

  1. pastikan sudah mengikuti pelatihan
  2. pastikan sudah memberikan rating serta ulasan pada pelatihan dan pembayaran
  3. pastikan akun kalian sesuai semua dari prakerja, pelatihan hingga pembayaran
  4. cek atau lapor pada mitra pelatihan ( akan diberikan informasi sertifikat sudah dikirim ke mitra pembayaran atau belum) jika sudah langkah selanjutnya
  5. lapor pada mitra pembayaran mengenai belum munculnya sertifikat di dashboard prakerja. jika pihak mitra pembayaran memberikan informasi sertifikat sudah dikirim ke prakerja maka kalian dapat menghubungi CS Prakerja
Baca Juga :  Gelombang 9 Prakerja Dibuka Pekan Ini

9 Pencairan Insentif

9 Pencairan Insentif

setelah melawati semua proses hingga munculnya sertifikat pada dashboard prakerja maka kalian akan mendapatkan jadwal insentif.

Mohon dipastikan data pada rekening sesuai dengan akun prakerja mulai NIK, Nama, No HP serta Email dan yang paling utama adalah cek secara berkala bagi kalian pengguna e-wallet apakah akun kalian aman, dalam artian tidak terblokir, nomor hangus dan lainnya.

Untuk diketahui, setiap kali akan memproses pencairan, pihak prakerja akan selalu memvalidasi ulang mulai Nama, Nomor HP, NIK kalian. Jadi pastikan semua dalam keadaan aman hingga proses pencairan terakhir.

Apakah pencairan sesuai dengan jadwal ? jika tanggal pencairan di hari kerja maka pencairan akan dilakukan tepat waktu, akan tetapi, jika jatuh pada hari sabtu, minggu maupun libur nasional maka ada dua kemungkinan yang akan terjadi, diantaranya :

  1. majunya pencairan sebelum tanggal
  2. muncurnya pencairan setelah tanggal

Maksimal pencairan akan dilakukan dalam waktu 3 – 7 hari kerja dari waktu ditentukannya jadwal pencairan. Maka tidak perlu khawatir jika pencairan kalian sedikit terlambat karena pastinya akan cair juga. Untuk alur proses pencairan insentif kalian dapat melihatnya DISINI

10 Survey Evaluasi Kartu Prakerja

Selain Insentif dengan total Rp. 2.400.000 yang diberikan bertahap selama 4 bulan ( Rp.600.000/bulan) peserta juga akan mendapatkan insentif tambahan dengan total Rp. 150.000 yang akan diberikan bertahap ( Rp.50.000/ survey).

Nantinya akan ada survey sebanyak 3 kali, dimana jadwal survey kalian akan menemukannya pada dashboard prakerja setelah pencairan insentif pertama berhasil dilakukan.

10 Survey Evaluasi Kartu Prakerja

AG

  • Bagikan