Cara Daftar dan Cek BLT UMKM

  • Bagikan
Segera Daftar BLT UMKM Tahap II! Ditutup Akhir November 2020
Segera Daftar BLT UMKM Tahap II! Ditutup Akhir November 2020

Persyaratan serta cara daftar dan cek blt umkm

CR — Pemerintah telah mencairkan bansos tunai (BLT) program bantuan presiden (banpres) produktif tahap II kepada UMKM sejak awal Oktober lalu.

Pencairan dana dilakukan bertahap hingga 25 November mendatang, menyusul pencairan tahap I yang hampir 100 persen sejak Agustus lalu.

Lantas Bagaimana Cara Mendaftarnya ?

Cara Daftar BLT UMKM

Kepada Pelaku UMKM dapt mendaftarkan diri Ke Dinas Koperasi dan UKM setempat dengan melampirkan Syarat

  1. Foto Copy KTP
  2. Foto Copy KK
  3. Surat Keterangan Usaha ( SKU )
  4. Surat Pernyataan memiliki Usaha
  5. Keterangan Data Pelaku Usaha Mikro dan Mikro Produktif
  6. Surat Usulan dari Kelurahan / Desa

Berikut Contoh Suratnya

  • d72a07af surat pernyataan bantuan blt umkm
  • a739cfac data pelaku usaha
  • 066491ee surat keterangan usaha

Cara Cek Blt UMKM

Kepada pelaku UMKM yang telah mendaftar, Kementerian Koperasi dan UKM mengimbau agar segera mengecek apakah telah ditetapkan sebagai penerima bantuan sebesar Rp2,4 juta tersebut.

Baca Juga :  Lomba Blog Berhadiah 5 Juta dari Yummy App dan Popmama Tahun 2020

Pengecekan dapat dilakukan melalui LINK DISINI yang juga disediakan untuk melakukan proses verifikasi. Nantinya, akan muncul 2 kolom yang harus diisi, yakni nomor KTP dan kode verifikasi yang dikirim melalui sms. 

Pendaftar harus mengisi kedua kolom tersebut, dan jika sudah, lanjutkan dengan meng-klik tombol “Proses Inquiry”. Jika terdaftar sebagai penerima sesuai dengan NIK yang didaftarkan, maka akan muncul pemberitahuan di laman tersebut.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman mengatakan pelaku UMKM yang terdaftar sebagai penerima harus segera mendatangi bank BUMN untuk melakukan verifikasi dan memproses pencairan dana BLT.

Sebab jika tidak, pemerintah akan menarik kembali dana bantuan langsung tunai (BLT) Rp2,4 juta tersebut. Menurut Hanung, verifikasi tersebut harus dilakukan agar program bantuan presiden (banpres) produktif tersebut efektif dan tepat sasaran.

Baca Juga :  Mengenal Nodeul, 'Sepotong' Pulau Buatan Lokasi Sandbox di 'Start-Up'

“Nanti yang bersangkutan juga menandatangani surat pernyataan bahwa mereka sesuai dengan ketentuan bukan pegawai negeri atau BUMN,” tuturnya dilansir CNNIndonesia.com belum lama ini.

Ia juga menjelaskan dana tersebut hanya memiliki batas pencairan hingga tiga bulan sejak dikirim kepada penerima manfaat.

Artinya jika dalam rentang waktu tersebut, calon penerima tak melakukan konfirmasi dan pencairan, pihak bank harus mengembalikan uang tersebut ke pemerintah.

“Kan kami enggak ingin uang tersebut mengendap terus-menerus. Jadi dicairkan kalau diambil Rp1 saja itu hitungannya sudah diambil. Jadi dia datang ambil sebagian aman,” imbuhnya.

Daftar Online di Siapbersamaumkm.com Sudah Dibuka

Setelah lama tidak dapat diakses akhirnya situs siapbersamaumkm.com dibuka kembali. cek infonya DISINI


AG

  • Bagikan
Positive SSL