Tanda-Tanda Kiamat Besar

Realshtmobi | Shorten your link and earn money

IslamiBumi akan diguncangkan dengan guncangan dahsyat yang belum pernah dilihat manusia. Semua isi perut Bumi bahkan dikeluarkan dan meluluh-lantakkan kehidupan manusia. Saat itulah hari kiamat tiba seperti yang dijelaskan Alquran dalam Surat az-Zalzalah. 

Gambaran hari kiamat tersebut hanya salah satu dari banyaknya peristiwa yang dijelaskan Allah dalam Alquran. Beberapa istilah dan gambaran lain juga dijelaskan Allah seperti di Surat al-Ghasiyah, az-Zalzalah, al-Haqqah, al-Qari’ah dan lain-lain.

Lapak Somplaq | Pusatnya Fashion Terlengkap

Dalam Islam, hari kiamat terbagi menjadi kiamat sugra atau kiamat kecil dan kiamat kubra atau kiamat besar. Berikut tanda-tanda kiamat kubra.

Kiamat kubra adalah peristiwa besar atau hancur binasanya alam semesta beserta isinya sebagai awal dimulainya kehidupan akhirat. Waktu kejadian kiamat ini hanya Allah yang tahu, namun beberapa tanda-tandanya dijelaskan, sebagai berikut.

  • Turunnya Nabi Isa
Baca Juga :  Kingdom Palace di Dekat Madinah itu Istana Dajjal?

Nabi Isa diyakini oleh setiap Muslim akan kembali turun ke bumi untuk menunjukkan ajaran Allah di masa-masa menjelang hari akhir. Hal ini tergambar dalam Surat Ali Imran ayat 55.

Menurut Tafsir Almuyassar, ayat ini menyebut Allah mengingatkan Nabi Muhammad ketika Dia menyelamatkan Isa. Dia berfirman: “Hai Isa, Aku akan mengambilmu dari bumi, mengangkatmu kepada-Ku, menyelamatkanmu dari kebusukan orang-orang kafir dan tipudaya mereka, dan menjadikan orang-orang yang beriman kepada kenabianmu orang-orang yang menang atas orang-orang yang mendustakan sampai hari kiamat. Kemudian tempat kembali kalian semua adalah kepada-Ku, Aku akan memutuskan perkara yang diperselisihkan orang-orang beriman dan kafir tentang Isa.”

  • Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

Allah berfirman dalam surat al-Anbiya ayat 96-97 yang artinya:

“Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), Maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (mereka berkata): “Aduhai, celakalah Kami, Sesungguhnya Kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan Kami adalah orang-orang yang zalim.”

Tanda-Tanda Kiamat Kubra atau Kiamat Besar

  • Al-Dukhan (kabut)
Baca Juga :  Pemuda Yang Dibunuh Dajjal

Allah berfirman dalam surat al-Dukhan ayat 10-11 yang menyebut tanda ini juga menjadi bagian dari kiamat besar. “Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata. Yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih.”

Lihat juga:

Ini Amalan yang Pertama Kali Dihisab di Hari Kiamat

Umat muslim berdoa usai melaksanakan ibadah sholat Zuhur di Masjid Raya Bandung.

  • Matahari terbit dari barat

Rasulullah mengingatkan kiamat tidak akan terjadi sebelum tanda matahari yang akan terbit dari barat. “Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum matahari tebit dari barat. Jika ia telah terbit dari barat dan semua umat manusia melihatnya, mereka menjadi beriman semuanya. Pada saat itu, iman seseorang tidak ada manfaatnya jika sebelumnya ia tidak beriman atau tidak mendapat dari kebaikan imannya itu,” (HR. Muslim).

  • Hewan melata
Baca Juga :  Ciri Anak Yang Dekat Dengan Ayah

Surat An-Naml ayat 82 menjelaskan kejadian di hari kiamat yang tergolong kiamat kubra adalah munculnya hewan melata. “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.”

Semua tanda-tanda ini tidak lain agar manusia selalu ingat kepada Allah karena hari akhir atau hari kiamat merupakan suatu kepastian yang akan terjadi. Wallahu a’lam.


Republika