Persamaan dan Perbedaan Perempuan dan Laki-Laki dalam Islam

SafelinkU | Shorten your link and earn money

IslamiPerempuan dan laki-laki adalah makhluk ciptaan Allah yang diberi akal sehat. Dalam ajaran Islam, dijelaskan antara laki-laki dan wanita memiliki persamaan dan perbedaan yang perlu diketahui. Dikutip dari buku Ensiklopedia Wanita Muslim oleh Haya Binti Mubarok Al-Barik ada lima persamaan.

Pertama, wanita dan laki-laki sama, dalam artian sama-sama dibebani dengan hukum syariat walaupun terdapat perbedaan dalam beberapa hukum yang bersifat detail. Kedua, mereka sama dalam hal mendapatkan pahala dan siksaan dari Allah baik yang bersifat dunia maupun ukhrawi secara keseluruhan.

Allah berfirman dalam surat At-Taubah ayat 71 

وَٱلْمُؤْمِنُونَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُونَ ٱلزَّكَوٰةَ وَيُطِيعُونَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ ٱللَّهُ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Baca Juga :  Kok Bisa ? Tukang Sol Sepatu Dapat Pahala Haji Mabrur walau Gagal Berangkat

“Wal-mu`minụna wal-mu`minātu ba’ḍuhum auliyā`u ba’ḍ, ya`murụna bil-ma’rụfi wa yan-hauna ‘anil-mungkari wa yuqīmụnaṣ-ṣalāta wa yu`tụnaz-zakāta wa yuṭī’ụnallāha wa rasụlah, ulā`ika sayar-ḥamuhumullāh, innallāha ‘azīzun ḥakīm.”

Artinya : “Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan sholat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Baca Juga :  Memahami Apa Arti Zuhud

Persamaan ketiga adalah wanita dan laki-laki sama dalam hal mendapatkan haknya dan mendengarkan keputusan hakim. Kemudian, mereka sama dalam hal pemilikan harta berikut penggunaannya. 

Terakhir, mereka sama dalam hal kebebasan memilih calon pasangan hidup. Jadi, seseorang tidak bisa dipaksa menikah jika orang tersebut tidak menyukainya.

Adapun perbedaan antara wanita dan laki-laki dalam Islam ada tujuh, yaitu pertama aqiqah bagi anak laki-laki dua ekor kambing dan bagi anak perempuan satu ekor. Kedua, sholat jenazah untuk mayat laki-laki imam berdiri setentang dengan kepala mayat. 

Namun, untuk mayat perempuan imam berdiri di tengah atau setentang perutnya. Ketiga, air kencing bayi perempuan yang masih menyusu pada ibunya dan belum makan suatu makanan, cara menghilangkannya dengan dicuci. Sedangkan pada bayi laki-laki cukup dipercikkan.

Baca Juga :  Sikap Rasulullah Terhadap Anak Kecil, Patut Di Contoh

Keempat, bagian waris anak laki-laki dan perempuan berbeda dengan perbandingan 2:1. Kelima, laki-laki diperbolehkan menikah sampai empat kali jika dapat berlaku adil. Namun, wanita tidak diperbolehkan lebih dari sekali. 

Keenam nilai kesaksian dua orang wanita sama dengan nilai kesaksian seorang laki-laki. Terakhir, batas aurat wanita yang harus ditutupi ialah seluruhnya, kecuali wajah. Sedangkan laki-laki batas auratnya dari pusat perut sampai lutut.


Republika