Cara Membuat Akun SSH Gratis Serta Situs SSH Gratis

Cara Membuat Akun SSH Gratis Serta Situs SSH Gratis
Cara Membuat Akun SSH Gratis Serta Situs SSH Gratis
Realshtmobi | Shorten your link and earn money

CR — cara membuat akun SSH gratis serta 10 ssh gratis

Daftar Isi

Lapak Somplaq | Pusatnya Fashion Terlengkap

Apa itu SSH?

SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan user untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server.

Anda pernah mengenal Telnet? Nah, SSH merupakan pengembangan dari Telnet yang sebelumnya dianggap tidak aman karena tidak adanya proses enkripsi.

Berbeda dengan Telnet, koneksi yang terjadi SSK dienkripsi menggunakan beberapa teknologi, seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing. Ketiganya merupakan teknik kriptografi yang menjamin koneksi yang terenkripsi. Itulah mengapa dinamakan SSH yang berasal dari kata Secure Shell Connection atau koneksi Shell yang aman.

Jika menggunakan SSH, Anda mempunyai opsi untuk melakukan autentikasi pengguna remote sebelum melakukan koneksi. Selain itu, SSH juga dapat mengirimkan input dari SSH client ke host (server) kemudian mengirimkan kembali hasilnya kembali ke user client.

Contoh di atas merupakan tampilan koneksi SSH yang berhasil dilakukan. Jadi jika melakukan koneksi SSH ke alamat IP server, Anda dapat mengubah konfigurasi yang ada di dalam server sesuai dengan user yang dipakai. Tidak hanya di OSX saja, Anda bisa menggunakan SSH di sistem operasi lain seperti Windows dan Linux. Jika Anda menggunakan Windows, terdapat aplikasi SSH yang cukup terkenal, yaitu Putty.

Jadi SSH memudahkan Anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, Anda dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

Setelah mengetahui apa itu SSH, ada baiknya untuk tahu juga manfaat SSH.

Manfaat SSH

SSH akan mengantar Anda pada sejumlah keuntungan. Apa sajakah manfaat SSH? Mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Bebas Mengontrol Hosting

Menggunakan SSH, kontrol hosting jarak jauh bukan lagi hal yang mustahil. Ibaratnya, Anda memiliki remote control untuk mengendalikan pesawat Anda sesuai keinginan.

Dengan demikian, SSH memungkinkan Anda memiliki hak penuh untuk mengontrol hosting. Tanpa harus mendatangi server fisiknya, Anda bebas memantau log server, menginstal/menghapus instalasi aplikasi, transfer data, dan banyak lagi.

2. Menghindari Cyber Crime

SSH menyediakan teknik kriptografi kunci tertentu. Secara otomatis, SSH akan memutus koneksi ketika ada hacker yang berusaha membajak koneksi Anda.

Baca Juga :  Mengenal LiteSpeed Cache Plugin Untuk Mempercepat Website Anda

Alhasil, Anda pun selamat dari berbagai serangan cyber crime seperti spoofing IP dan DNS, manipulasi data, pelacakan ilegal, dan lain-lain.

3. Keamanan Ketat dengan Sistem Autentikasi

Pencurian data oleh hacker akan lebih sulit dilakukan jika Anda menggunakan SSH. Sebab, SSH memungkinkan enkripsi data sehingga hacker tidak bisa meretas password dan informasi pengguna begitu saja.

Cara Kerja SSH

Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server.

SSH client melakukan proses koneksi dan menggunakan kunci kriptografi untuk memverifikasi dan mengidentifikasi SSH server. Selama kunci yang dipakai SSH client tidak sama dengan SSH server maka koneksi tidak akan pernah dapat tersambung.

SSH client dan SSH server dapat tersambung menggunakan kunci yang sama serta melalui proses verifikasi. Kemudian koneksi yang tersambung dienkripsi menggunakan symmetric encryption dan hashing algorithm. Proses enkripsi ini bertujuan untuk memastikan kerahasiaan dan keutuhan data yang dipertukarkan antara client dengan server.

Gambar di bawah ini merupakan gambaran ringkas bagaimana koneksi SSH (Secure Shell Connection) berjalan:

Jadi SSH client mengawali koneksi dengan memanggil SSH server menggunakan aplikasi SSH client (PuTTY di Windows). Kemudian SSH server mengirimkan public key ke SSH client. Kemudian SSH client merespon dengan memberikan pasangan kunci yang diberikan oleh SSH server.

Selanjutnya keduanya melakukan negosiasi atau verifikasi koneksi dan memulai membuka koneksi yang aman. Setelah selesai, SSH client sudah dapat masuk ke dalam server dengan pertukaran data yang terus dienkripsi.

Cara Membuat Akun SSH Gratis

Bertukar data menggunakan SSH sangatlah aman dikarenakan semua data yang lalu-lalang tersebut akan dienkripsi sehingga aman dari virus atau malware. Langkah-langkah cara membuat akun ssh gratis dengan mudah dan gak ribet:

1. Membuat Akun SSH Gratis di FastSSH.com

1. Pertama-tama kunjungi situs fastssh.com. Kemudian pada halaman utama, pilih negara mana yang anda inginkan. Disini saya ingin membuat akun ssh yang berlokasi di Singapura, jadi pilih Select in Asia.

683a6eae fastssh

2. Kemudian pilih Select in Singapore.

2f84f25d fastssh asia

3. Ada banyak pilihan server yang bisa anda gunakan, kurang lebih ada 50 server. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sebagai contoh, saya memilih server SSH MCT dengan port dropbear: 443. Pastikan pada kolom Acc Remaining masih tersedia slot bagi (kotak hijau) anda untuk membuat akun, jika terdapat tulisan FULL (kotak merah), maka anda tidak membuat akun ssh di server tersebut.

7a79a0d9 fasttssh sg

4. Selanjutnya isi kolom username dan password sesuai yang anda inginkan. Jangan lupa centang verifikasi captcha I’m not a robot. Jika anda kesulitan dalam verifikasi captcha, pilih Login with FB to remoce Captcha. Kemudian pilih Create Account.

Baca Juga :  Facebook Messenger Hadirkan Keamanan Baru, Bisa Deteksi Penipuan!
cd04199c fastssh login

5. Tunggu beberapa detik dan akun ssh anda sudah berhasil dibuat dan siap digunakan. Silakan dicatat informasi mengenai akun ssh anda (yang saya beri tanda kotak merah) atau anda bisa mengcopy pastekan di notepad. Perlu diingat ya bahwa masa aktif akun ssh ini hanya 3 hari, lewat dari 3 hari akun sudah tidak dapat digunakan.

2. Membuat Akun SSH Gratis di speedssh.com

1. Pertama-tama kunjungi situs speedssh.com untuk pembuatan akun SSH gratis. Klik link ini untuk akun SSH dengan durasi 7 hari sedangkan link ini untuk durasi yang 30 hari. Disini saya memilih yang 7 hari, karena saya jarang sekali menggunakan akun SSH. 😀

2. Pilih server lokasi sesuai keinginan anda. Disini saya memilih SSH SERVER ASIA dengan cara klik SELECT.

membuat akun ssh 1

3. Pilih opsi negara yang diinginkan, sebagai contoh Singapore.

membuat akun ssh 2

4. Pilih server berapa yang diinginkan, disini saya memilih SSH Server Singapore 1. Selanjutnya klik SELECT.

membuat akun ssh 3

5. Masukkan username dan password untuk akun SSH anda. Contohnya seperti gambar dibawah ini, selanjutnya klik Create Account.

membuat akun ssh 4

6. Terakhir catat detail akun SSH anda yang meliputi usernamepasswordhost IP, dibuat pada tanggal berapa sampai tanggal expired akun SSH anda.

membuat akun ssh 5

Itulah cara membuat akun ssh dengan mudah dan gratis. Yang namanya akun gratis pasti ada kekurangannya, salah satunya dari segi kecepatan.

Terkadang, akun ssh gratis memiliki akses yang tidak terlalu dicepat karena 1 server digunakan oleh banyak pengguna, bahkan sampai ratusan pengguna. Meskipun begitu, jika hanya untuk keperluan coba-coba, saya rasa akun ssh gratisan sudah lebih dari cukup.

Rekomendasi Situs SSH Gratis dan Terbaik 2020

Terdapat beberapa situs penyedia layanan SSH gratis yang bisa kamu gunakan saat ini

1. FastSSH

Akun Ssh Fastssh 2bdb2

Rekomendasi situs penyedia layanan SSH gratis yang pertama adalah FastSSH (https://fastssh.com/). Situs yang satu ini menyediakan server SSH di 6 region di seluruh dunia yang bisa kamu akses secara gratis.

Kamu bisa buat akun SSH untuk mendapatkan akses ke server Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, dan Oceania. Di setiap region ini terdapat beberapa pilihan negara yang bisa kamu pilih.

Di situs yang satu ini kamu bisa membuat akun SSH gratis setiap harinya, dengan batas maksimum 3 akun per hari. Gimana, geng? Keren banget kan layanan situs gratisan ini?

2. SSHKit

Ssh Gratis Sshkit 0fb8c

Situs SSH gratis selanjutnya yang Jaka rekomendasikan adalah SSHKit (https://sshkit.com/). Situs yang satu ini membagi layanan mereka ke dalam 3 region besar yaitu Asia, Amerika Utara, dan Eropa.

Baca Juga :  Ini Cara Download FF Advance Server

Di SSHKit kamu bisa membuat akun gratis yang nantinya akan berlaku untuk 30 hari, dan bisa kamu perbaharui kapan saja.

Meskipun gratis, kamu mendapatkan layanan unlimited bandwith tanpa ada pembatasan apapun di server mereka yang diklaim memiliki kecepatan dan fungsi yang sangat baik.

3. FullSSH

Buat Ssh Fullssh C1e4a

Rekomendasi situs SSH gratis selanjutnya dari Jaka adalah FullSSH (https://fullssh.com/). Situs yang satu ini menyediakan layanan SSH secara gratis di premium server.

Terdapat banyak server yang bisa kamu gunakan secara gratis di situs ini, dan kecepatan koneksi setiap server yang tersedia tergolong cukup baik.

Untuk mengakses layanan gratis dari situs ini, kamu harus membuat akun SSH terlebih dahulu cukup dengan memasukkan username dan juga password.

Cara Membuat Akun SSH Gratis

Setiap situs penyedia layanan SSH gratis menerapkan cara yang sedikit berbeda satu sama lain dalam membuat akun di situs mereka, tetapi kebanyakan menggunakan pola yang sama.

Maka dari itu, kali ini Jaka akan memberikan contoh bagaimana cara membuat akun SSH di salah satu website yang Jaka rekomendasikan.

Berikut ini beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan akses terhadap akun SSH gratis di situs-situs penyedianya.

  • Langkah 1 – Pergi ke salah satu website penyedia pembuatan akun SSH. Di sini Jaka menggunakan https://fastssh.com/ sebagai contoh, dan pilih salah satu region yang tersedia.
Ssh Gratis 01 562b0
  • Langkah 2 – Setelah memilih salah satu region yang ingin digunakan, pilih negara tempat server berada. Di sini Jaka memilih server di Singapore.
Akun Ssh 02 C4d9b
  • Langkah 3 – Jika sudah memilih negara tempat server, pilih server yang masih tersedia untuk digunakan. Server yang penuh dilabeli dengan label FULL berwarna merah, dan sisanya masih bisa digunkan.
Buat Ssh 03 6cbe2
  • Langkah 4 – Setelah memilih server yang masih tersedia, kamu akan diarahkan ke halaman pembuatan akun. Scroll ke bawah untuk memasukkan username dan password.
Buat Akun Ssh 04 E691f
  • Langkah 5 – Kamu akan melihat informasi akun SSH yang telah kamu buat, dan informasi mengenai IP dan port SSH terdapat di bagian atas website ini.
Cara Membuat Ssh 05 7cd60

SSH Server Singapore adalah server yang paling banyak diburu, selain cepat koneksinya lebih stabil dari biasanya. Akan tetapi, hanya dibuat sedikit akun per-server setiap harinya.

Jangan khawatir, server akan me-reset akun pada pukul 00.01 AM, jadi kamu tetap bisa membuatnya apabila kuota belum terpenuhi. Selamat mencoba!

Rekomendasi Situs untuk membuat SSH Gratis Premium lainnya

Selain 3 website yang Jaka bahas secara spesifik sebelumnya, terdapat banyak situs SSH gratis lainnya yang bisa kamu coba dan manfaatkan.

Sama halnya dengan situs-situs yang Jaka rekomendasikan sebelumnya, situs ini memberikan layanan mereka secar cuma-cuma kepada para penggunanya di seluruh dunia.

Jaka sudah mengumpulkan 10 situs SSH terbaik yang tersedia di tahun 2020 ini. Deretan situs ini Jaka pilih karena kemudahan akses yang ditawarkan juga kecepatan koneksi server yang baik di balik layanan gratis mereka.

Berikut ini daftar situs SSH gratis lainnya yang bisa kamu manfaatkan di tahun 2020 ini yang sudah Jaka filter secara seksama berdasarkan fungsi dan juga fitur-fitur yang disediakan.

No.NamaSitus
1.SSHDropBearhttps://www.sshdropbear.net/
2.SkySSHhttps://skyssh.com/
3.SpeedSSHhttps://speedssh.com/
4.SSH Androidhttps://sshandroid.com/
5.VPN Jantithttps://www.vpnjantit.com/
6.JetSSHhttps://jetssh.com/
7.MyTunnelinghttps://mytunneling.com/

AG

Source Niaga Hoster | Jalantikus | Nesabamedia