Kemarahan Aisyah, Teguran Rasul, serta Salam Orang Yahudi

Realshtmobi | Shorten your link and earn money

Islami Mu’minin Aisyah r.a menceritakan bahwa suatu hari beberapa orang Yahudi lewat di hadapan Rasulullah Saw. Mereka lalu (pura-pura memberi salam) tetapi dengan berkata, “as-Saam’alaikum (semoga kebinasaan menimpamu)” seperti dikutip dari buku Jiwa dalam Bimbingan Rasulullah karya Dr Saad Riyadh Ummul

Baca Juga :  Ini Sejarah Perluasan Masjid Madinah dari Waktu ke Waktu

Mendengar ucapan mereka tersebut, Aisyah langsung membalas, “Semoga hal (kebinasaan) itu justru menimpa kalian dan semoga Allah Swt melaknat dan murka kepada kalian”.

Lapak Somplaq | Pusatnya Fashion Terlengkap

Mendengar hal itu, Rasulullah Saw lalu menegurnya seraya berkata, “Jangan begitu, wahai Aisyah. Bersikap lembutlah dan hindarilah sifat keras dan kasar!”

Baca Juga :  Kisah Nabi Muhammad SAW Menerima Wahyu Pertama dan Hikmahnya Bagi Umat Islam

Aisyah lalu berkata, “Tidakkah engkau mendengar ucapan mereka tadi?”

Rasulullah Saw balik bertanya, “Tidakkah engkau mendengar ucapanku?” Aku telah membalas ucapan mereka tersebut (dengan permohonan yang sama) dan permohonanku itulah yang akan dikabulkan Allah Swt, sebaliknya salam (permohonan) mereka terhadapku (agar mendapatkan kebinasaan) tidak akan dikabulkan” (HR Bukhari).

Baca Juga :  Inilah Ayat yang Paling Dicintai Rasulullah dari Seisi Bumi

Senada dengan hadist Ibu Maajah tersebut, Imam Muslim juga meriwayatkan sabda Rasulullah Saw, “Siapa yang tidak bersikap lemah lembut maka ia diharamkan dari kebaikan” (HR Muslim).


Republika