Rekomendasi Film Perang Vietnam Terbaik

Realshtmobi | Shorten your link and earn money

1. Full Metal Jacket (1987)

Full Metal Jacket (1987)Foto: Warner Bros
Full Metal Jacket adalah film perang Vietnam tentang perjuangan prajurit yang dibiarkan berurusan dengan kekacauan perang yang mengerikan.

Full Metal Jacket berkisah soal J.T Davis (Matthew Modine) yang ambil bagian dalam pelatihan menjadi seorang marinir di sebuah pulau. Dia kemudian berkumpul bersama pemuda lainnya di pulau tersebut.

Lapak Somplaq | Pusatnya Fashion Terlengkap

Mereka pun menjalani latihan ketat dan keras yang dipimpin Sersan Mayor Hartman (R. Lee Ermy) yang kejam. Mereka terus ditempa selama delapan bulan untuk diproyeksikan bertempur di Perang Vietnam.

Latihan keras yang tiap hari disuguhkan Hertman begitu berarti bagi seorang calon marinir. Dia adalah Leonard Lawrence (Gomer Pyle), meski ia kerap gagal menjalani latihan dan kesal dengan sang pelatih.

Dendam pun membara di dalam hati Leonard. Tepat setelah semua pemuda tersebut dinyatakan lulus, Leonard membunuh sang pelatih dan dia kemudian memutuskan untuk bunuh diri.

Baca Juga :  Film Story of Kale Rilis 23 Oktober

Singkat cerita mereka kemudian berangkat ke Vietnam dan mulai melakukan banyak aksi pertempuran. Sementara, Davis sudah diangkat menjadi sersan sekaligus menjadi wartawan perang yang menulis untuk surat kabar Stars and Stripes.

Dia dan seorang fotografer bernama Rafterman dikirim ke garis depan untuk meliput situasi di sana. Setelah bertemu teman kuliahnya Lt. Walter J. “Touchdown” Schinoski, mereka masuk ke dalam perangkap lawan dan dibombardir peluru oleh seorang penembak jarak jauh Vietnam.


2. Air America (1990)

Air America berlatar pada akhir 1969. Tokoh utamanya, Billy Covington (Robert Downey Jr) merupakan seorang pilot helikopter untuk stasiun radio Los Angeles.

Satu waktu dia melanggar beberapa peraturan keselamatan dengan terbang rendah. Administrasi Penerbangan Federal AS pun menangguhkan lisensi pilotnya.

Kisah film Air America kemudian berlanjut pada adegan Billy bertemu dengan Rob Diehl (David Marshall) yang bekerja sebagai agen CIA.

Rob banyak beroperasi pada masa Perang Vietnam, kemudian ia menawarkan pekerjaan pada Billy. Sama dengan pekerjaan sebelumnya, Billy diminta kembali menjadi pilot.

Baca Juga :  The Swordsman, Film Korea Joe Taslim Tayang di KIFF Bandung

Gayung bersambut, Billy menerima tawaran itu. Billy kemudian dibawa oleh Rob untuk bertemu dengan rekan kerjanya, Genne Ryack (Mel Gibson). Genne menjelaskan bahwa Rob hanya bekerja untuk mengantar barang logistik persenjataan rakyat Vietnam Selatan.

Seiring berjalannya waktu, Rob mulai menyadari sebuah konspirasi atas pekerjaan barunya itu. Logistik yang dibawa rupanya diselundupkan obat-obatan terlarang.


3. We Were Soldiers (2002)

Kisah film Perang Vietnam satu ini berawal saat para tentara Perancis yang tengah berpatroli di Vietnam. Mereka kemudian disergap oleh pasukan tentara Vietnam yang dipimpin oleh Viet Minh.

Semua pasukan Perancis terbunuh pada penyergapan tersebut. Sebelas tahun kemudian cerita film We Were Soldier berlanjut kedatangan tentara Amerika Serikat ke Vietnam dengan dalih membela demokrasi.

Salah satu perwira militer Amerika, Letnan Kolonel Hal Moore diturunkan untuk memimpin sebuah pasukan yang bernama First Batalyon/Seventh Cavalry Regiment. Nama itu kemudian membuat Hal Moore tercengang.

Baca Juga :  Karakter Drama Korea The School Nurse Files

Pasalnya pasukan tersebut memiliki pengalaman sejarah yang memilukan sejak perang Amerika dengan Indian. Kendati demikian Hal Moore tetap menjalankan tugasnya.

Setelah sampai di Vietnam, Hal Moore kemudian diperintahkan untuk menumbangkan pimpinan tertinggi pasukan militer mereka yang juga mengalahkan Perancis yakni Viet Minh yang diketahui bersembunyi di Gunung La Drang.


4. Rescue Dawn (2006)

Film Rescue Dawn bercerita soal Dieter Dengler (Christian Bale). Ia adalah pria kelahiran Jerman yang terobsesi menjadi pilot. Dierter berangkat ke Amerika Serikat untuk menempuh pendidikan pilot dengan bergabung dengan Angkatan Udara Negeri Paman Sam tersebut.

Singkat cerita, Dierter mendapat tugas rahasia untuk terbang di atas Vietnam. Namun sayang, pesawat yang dia kemudikan terjatuh. Akhirnya dia tertangkap oleh pasukan militer Vietnam.

Selanjutnya para pasukan itu meminta Dieter untuk menandatangani sebuah perjanjian yang mengutuk Amerika Serikat, namun dia menolak.

Sebab itu dia dibawa ke kamp tawanan dan bertemu beberapa tentara Amerika yang juga ditawan di sana. Dieter kemudian mengajak Duane Martin (Steve Zahn), Gene DeBruin (Jeremy Davies), serta tawanan lain untuk meloloskan diri dari kamp tersebut.

Mereka pun berhasil keluar dari penjara. Meski begitu mereka masih harus menghadapi kerasnya hutan tropis yang harus mereka lalui untuk mencapai wilayah Thailand.


AG