UU Cipta Kerja buat UMKM Mudah Berkembang

  • Bagikan
8d1afe66 1adc 4048 b3f9 5064f04668f0 169 1

Nasional — Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan Undang-Undang Cipta Kerja. Melalui aturan tersebut banyak manfaat yang bisa didapat, salah satunya tercipta banyak lapangan kerja.

Melansir ringkasan butir-butir pengaturan UU Cipta Kerja Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian, Sabtu (10/10/2020), manfaat UU Cipta Kerja itu, seperti dukungan untuk UMKM.

“Misalnya, perizinan berusaha untuk pelaku UMKM cukup hanya melalui pendaftaran. Lalu ukungan untuk Koperasi, seperti kemudahan dalam pendirian koperasi dengan menetapkan minimal jumlah 9 orang, dan koperasi dapat menerapkan,” bunyinya, yang dikutip Okezone, Sabtu (10/10/2020).

Kemudian prinsip usaha Syariah, serta dapat memanfaatkan teknologi. Contohnya untuk sertifikasi halal. Pemerintah menanggung biaya sertifikasi untuk UMK, dilakukan percepatan dan kepastian dalam proses sertifikasi halal, serta memperluas lembaga pemeriksa halal, yang dapat dilakukan oleh Ormas Islam dan Perguruan Tinggi Negeri.

Baca Juga :  Andrea Dovizioso Dianggap Pembalap Gagal di MotoGP 2020, Pernat Tak Setuju

“Lalu terhadap keterlanjuran perkebunan masyarakat di kawasan hutan, masyarakat diberikan izin (legalitas) untuk pemanfaatan atas keterlanjuran lahan dalam kawasan hutan, di mana untuk lahan masyarakat yang berada di kawasan konservasi, masyarakat tetap dapat memanfaatkan hasil perkebunan dengan pengawasan dari pemerintah,” jelasnya.

Untuk Nelayan manfaatnya, seperti yang sebelumnya proses perijinan kapal ikan harus melalui beberapa instansi dengan UU Cipta Kerja cukup hanya diproses diKementerian Kelautan dan Perikanan.

“Untuk penyediaan perumahan yakni backlog perumahan masyarakat akan dipercepat dan diperbanyak pembangunan rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang dikelola oleh Badan Percepatan Penyelenggaraan Perumahan (BP3),” ungkapnya.

Ada juga manfaat dari Bank Tanah akan melakukan reforma agraria dan redistribusi tanah kepada masyarakat.

Baca Juga :  Wajib Tau! Daftar Gejala Corona Varian Delta

Berikut manfaat Undang-Undang Cipta Kerja bagi Pelaku Usaha dan UMKM akan yang mencakup:

A. Kemudahan dan kepastian dalam mendapatkan perizinan berusaha, dengan penerapan perizinan berbasis risiko dan penerapan standar.

B. Pemberian hak dan perlindungan pekerja atau buruh yang dapat dilakukan dengan baik, akan meningkatkan daya saing dan produktivitas.

C. Mendapatkan insentif dan kemudahan, baik insentif fiskal maupun kemudahan dan kepastian pelayanan dalam rangka investasi.

D. Adanya ruang kegiatan usaha yang lebih luas, untuk dapat dimasuki investasi dgn mengacu bidang usaha yang diprioritaskan Pemerintah.

E. Berkaitan dengan pengenaan sanksi, pelanggaran administrasi hanya dikenakan sanksi administrasi, sedangkan pelanggaran yang menimbulkan akibat K3L (Keselamatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan) dikenakan sanksi pidana.


Okezone

  • Bagikan
Positive SSL