Masyarakat Bengkulu Diminta Jangan Panik, Soal Prediksi Tsunami Pulau Jawa

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Bengkulu — Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Drs. H. Rusdi Bakar, Selasa (29/09/2020) saat ditanya mengenai prediksi tsunami di pulau jawa apakah berdampak di Bengkulu jika sewaktu benar terjadi mengatakan, tsumani tersebut akan berdampak di pesisir pantai Provinsi Bengkulu. Meskipun demikian, masyarakat khususnya yang berada di sekitaran pesisir untuk tidak panik tapi harus tetap waspada.

“Kita selalu mengingatkan agar selalu waspada potensi bencana alam, baik itu bagi masyarakat yang berada di pesisir pantai maupun yang di lereng bukit dan bantaran sungai. Sebab tak ada yang bisa menentukan kapan pastinya bencana alam datang. Nah terkait prediksi tsunami di pulau jawa, itu kan hasil penelitian ITB. Jadi kita di Bengkulu pun harus waspada karena dampaknya bisa sampai ke daerah kita,” ujarnya.

Menurut Rusdi, tsunami bisa berdampak hingga Bengkulu lantaran prediksinya gelombang tsunami mencapai 20 meter.

Baca Juga :  10 Persen Kasus Covid-19 Bengkulu Anak-Anak

“Informasi seperti itu, kita minta masyarakat menyikapinya untuk tidak panik. Tetapi jangan terlalu menganggap remeh informasi itu, bisa saja terjadi kapan pun. Karena bencana, belum ada ilmu yang bisa memastikan terjadinya kapan. Untuk tsunami, itukan tidak hanya bisa terjadi di selatan pulau jawa,” terang Rusdi.

Rusdi menambahkan, untuk jalur dan kesiapan tim evakuasi sudah dari dulu disiapkan termasuk tim tanggap bencana pun selalu siap jika sewaktu-waktu ada kejadian bencana alam.

Baca Juga :  Main Ke Rumah Pacar, Wanita Asal Benteng Di Tangkap Polisi

“Jadi, sekali lagi kita sampaikan masyarakat jangan lengah serta tetap waspada dengan bencana alam yang bisa saja terjadi kapan pun. Untuk tim tangggap bencana kita sudah selalu siap siaga dan selalu meminta masyarakat untuk tidak mengabaikan informasi yang ada,” demikian Rusdi. 


Editor AG

Baca Juga :  Meski ditutup, Pantai Panjang Bengkulu tetap ramai dikunjungi

Radarkepahiang