Liverpool VS Leeds Menang Tipis 4-3

Bola — Liverpool memulai kampanyenya untuk mempertahankan gelar juara Liga Inggris pada musim 2020-2021. Liverpool menjamu juara Divisi Championship musim lalu, Leeds United, di Stadion Anfield, Sabtu 12 September 2020 pukul 23.30 WIB.

Pertandingan berjalan sengit sejak babak pertama dimulai. Liverpool dan Leeds bermain terbuka sehingga jual beli serangan pun terjadi. Liverpool harus berjuang keras untuk meraih kemenangan tipis 4-3 atas Leeds.

Babak Pertama

Jual beli serangan tersaji pada awal babak pertama. Liverpool pun langsung mampu mengubah kedudukan di papan skor. Liverpool mendapatkan penalti setelah sepakan Mohamed Salah mengenai tangan Robin Koch.

Salah yang menjadi algojo menuntaskan tugasnya dengan baik sehingga Liverpool pun unggul 1-0 pada menit keempat. Akan tetapi, Liverpool tidak mampu mempertahankan keunggulan itu untuk waktu yang lama.

Leeds menyamakan kedudukan setelah umpan lambung Kalvin Phillips bisa dimaksimalkan oleh Jack Harrison yang menundukkan Alisson Becker. Gol Harrison membuat kedudukan kembali berimbang pada menit ke-12.

Baca Juga :  Heboh ! Kapten MU Harry Maguire Divonis 21 Bulan Penjara

Kedudukan imbang hanya bertahan hingga menit ke-19. Liverpool kembali unggul setelah Virgil van Dijk mencetak gol dengan kepalanya setelah memanfaatkan sepak pojok dari Andy Robertson pada menit ke-20. Gol Van Dijk membuat pertandingan menjadi lebih sengit.

Van Dijk jadi sorotan kembali dalam pertandingan itu, tetapi kali ini bukan karena golnya. Ia membuat blunder saat menyapu umpan lambung Leeds yang membuat Patrick Bamford bisa membobol gawang Alisson pada menit ke-30.

Beruntung ada Salah yang segera mengembalikan keunggulan Liverpool selang tiga menit setelah gol Leeds. Salah melepaskan tembakan keras setelah mendapatkan bola muntah di kotak penalti dari tendangan bebas Robertson.

Babak kedua

Baca Juga :  MasterWeb Blog Competition 3 maret sampai 5 juni 2020

Liverpool memulai babak kedua dengan baik. The Reds –julukan Liverpool– mampu mendominasi penguasaan bola sehingga bisa mengurung pertahanan Leeds. Beberapa peluang didapatkan Liverpool tetapi Leeds pun mengancam melalui serangan balik.

Salah menjadi sosok yang pergerakannya paling membahayakan pertahanan Leeds pada awal babak kedua. Akan tetapi, keberuntungan belum memihak Salah sehingga masih gagal menciptakan gol ketiganya hingga menit ke-64.

Mateusz Klich vs Liverpool (Foto: Premier League)

Petaka untuk Liverpool terjadi pada menit ke-66. Berawal dari lemparan ke dalam Liverpool yang dipotong Leeds, kemudian tercipta gol penyeimbang kedudukan untuk tim tamu pada menit ke-66. Mateusz Klich membuat Alisson memungut bola dari dalam gawanya Liverpool lagi.

Liverpool berusaha keras untuk mengembalikan keunggulan atas Leeds. Van Dijk sempat mencetak gol setelah memaksimalkan sepak pojok Robertson pada menit ke-79. Akan tetapi, gol dianulir wasit Michael Oliver karena telah terjadi pelanggaran sebelumnya.

Baca Juga :  PSG Lolos ke Semifinal Liga Champions 2019-2020

Upaya keras Liverpool untuk kembali unggul berbuah penalti setelah Rodrigo menjatuhkan Fabinho dalam kotak terlarang pada menit ke-87. Salah yang menjadi algojo kembali mencetak gol untuk Liverpool pada menit ke-88. Hattrick Salah memastikan kemenangan 4-3 Liverpool atas Leeds.

Berikut susunan pemain Liverpool vs Leeds:

Liverpool IX (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold (Joel Matip, 89′), Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson (Curtis Jones, 66′), Naby Keita (Fabinho, 58′); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Pelatih: Jurgen Klopp

Leeds XI (4-1-4-1): Illlan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Pascal Struijk, Stuart Dallas; Kalvin Phillips; Helder Costa, Pablo Hernandez (Tyler Roberts, 62′), Mateusz Klich (Jamie Shackleton, 81′), Jack Harrison; Patrick Bamford (Rodrigo, 62′).

Pelatih: Marcelo Bielsa


Editor AG

Okezone