Kehadiran Penonton di Misano Langkah Kecil Menuju Normal

MotoGP — Satu pemandangan berbeda akan tersaji pada MotoGP San Marino 2020 di Sirkuit Misano World Marco Simoncelli. Penonton akan hadir di tribun kendati jumlahnya dibatasi. Menurut Valentino Rossi, hal tersebut merupakan langkah kecil untuk kembali ke normalitas.

Sebagaimana diketahui, MotoGP San Marino dan Emilia Romagna 2020 akan terbuka untuk penonton. Pada dua balapan tersebut, penyelenggara mengizinkan 10 ribu penonton hadir di tribun setiap harinya. Jumlah tersebut hanya seperempat dari total kapasitas tribun sirkuit.

Hadirnya penonton di tribun diyakini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. Sebab, Sirkuit Misano World Marco Simoncelli berjarak hanya sepelemparan batu dari kampung halamannya di Tavullia.

Sang pembalap mengakui kehadiran penonton pada balapan kandangnya selalu terasa spesial. Kali ini, kadar spesial bertambah karena ini adalah balapan pertama yang dihadiri penonton pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2020.

Baca Juga :  FIM Gelar Sidang Zarco dan Morbidelli

“Selalu spesial untuk balapan di Misano karena untuk saya dan beberapa pembalap lain, ini seperti kandang. Buat saya, ini adalah balapan di rumah yang sesungguhnya karena saya tinggal hanya sekira 10 kilometer (km) dari sini,” terang Valentino Rossi, dikutip dari Motorsport, Jumat (11/9/2020).

“Saya tumbuh besar bersama trek ini. Balapan kali ini spesial karena akan menjadi yang pertama yang dihadiri penggemar. Ini adalah sebuah langkah kecil, tetapi bagus untuk kembali normal secepatnya,” sambung pria berusia 41 tahun itu.

Tentu saja, balapan di Sirkuit Misano World Marco Simoncelli itu memiliki protokol kesehatan yang ketat. Penonton hanya boleh hadir di tribun sesuai dengan yang tertera di tiket. Mereka juga tidak diizinkan mengakses area selain tribun.

Baca Juga :  Neil Hodgson Tak Yakin Marc Marquez Bakal Balapan di MotoGP 2021

Pihak penyelenggara diwajibkan memegang data penonton yang hadir pada 11-13 dan 18-20 September 2020. Sebab, data tersebut penting untuk pelacakan andai ditemukan penyebaran virus Covid-19 usai pekan balapan di antara penonton.

Seperti diketahui, lima seri awal MotoGP 2020 digelar tanpa kehadiran penonton. Kebijakan itu diambil sesuai dengan kesepakatan bersama antara Dorna Sports, Federasi Balap Motor Internasional (FIM), IRTA, dan otoritas tuan rumah balapan, demi mencegah penyebaran Covid-19.

Dengan hadirnya penonton berikut protokol yang ketat di Sirkuit Misano, diharapkan inisiatif itu menjadi kabar baik bagi tuan rumah balapan lainnya. Sebab, kehadiran penonton selain akan memberikan keuntungan dari sisi finansial, juga akan menciptakan atmosfer tersendiri.


[Okezone]

[wp-rss-aggregator sources="34413"]