Perhatikan Hal Berikut Untuk Peserta Gelombang 8 Kartu Prakerja

  • Bagikan
gelombang 8 kartu prakerja
gelombang 8 kartu prakerja

CR — Pendaftaran gelombang 8 kartu prakerja secara resmi dibuka oleh pihak manajemen pelaksana kartu prakerja pada hari ini 10/9/20 dan akan ditutup pada 14/9/20 mendatang.

Bagi peserta yang sebelumnya gagal pada gelombang 7 pastikan kalian klik gabung pada gelombang 8 ini. Dan bagi yang belum pernah mendaftar kalian dapat mendaftar. masih bingung caranya ? kalian dapat lihat caranya DISINI.

Ada beberapa hal yang wajib kalian perhatikan seandainya nanti kalian lolos pada gelombang 8 ini agar prosesnya lancara dan tanpa terkendala apapun seperti lambatnya sertifikat masuk dan hal lainnya. Jadi apa saja yang perlu diperhatikan ?

gelombang 8 kartu prakerja
Perhatikan Hal Berikut Untuk Peserta Gelombang 8 Kartu Prakerja 4

Satu Akun Untuk Semua

Hal wajib pertama adalah kalian harus menggunakan 1 akun untuk semua. Maksudnya pastikan akun email, nomor HP dan nama kalian itu sama mulai dari pendaftaran kartu prakerja, akun pelatihan, dan mitra pembayaran. Fungsinya untuk mempermudah semua pihak dalam memferivikasi akun kalian.

Memang meski akun berbeda pasti akan diproses juga dan pasti akan cair tapi membutuhkan waktu yang lebih lama dari para peserta yang akunnya sama.

Rekening Bank atau E-wallet

rekening bank kartu prakerja
Perhatikan Hal Berikut Untuk Peserta Gelombang 8 Kartu Prakerja 5

Hel penting berikutnya adalah kalian wajib memiliki akun bank atau e-wallet. dimana pihak penyelenggara kartu prakerja hanya bermitra kepada bank BNI dan untuk e-wallet ada OVO, Gopay, Linkaja.

Pastikan saat mendaftar rekening Bank maupun e-wallet, harus sesuai dengan identitas yang terdaftar pada akun prakerja mulai dari nama, nomor HP dan NIK.

Jangan gunakan akun Bank atau e-wallet orang lain jika kalian tidak ingin proses pencairan insentif gagal.

Pengumuman Lolos Gelombang 8 Kartu Prakerja

Setelah pendaftaran gelombang 8 kartu prakerja ditutup, kalian akan mendapatkan informasi lolos atau tidaknya kalian pada gelombang tersebut maksimal 3 hari. Bagi kalian yang lolos akan melihat kolom nomor kartu, saldo dan rekening namum nomor serta saldo kalian akan masuk dalam status menunggu.

Baca Juga :  Jumlah Pendaftar Kartu Prakerja Tembus 40 Juta Orang

Kapan Saldo Pelatihan Gelombang 8 Muncul

Setelah kalian melihat kolom nomor dan saldo pada dashboar prakerja, maka akan membutuhkan waktu selambat-lambatnya 7 hari kerja. jadi harap bersabar untuk menunggu saldo kalian masuk.

Setelah saldo masuk kalian juga tidak dapat langsung menggunakannya, berkaca pada gelombang sebelumnya dapat membutuhkan waktu 1×24 jam agar saldo tersebut dapat digunakan untuk membeli pelatihan.

Dan perlu diingat, saldo tersebut hanya untuk membeli pelatihan pada mitra yang sudah ditentukan oleh pihak manajemen kartu prakerja. Saldo tersebut tidak dapat dicairkan atau masuk ke rekening bank maupun e-wallet, jadi jangan bingung ketika saldo pelatihan muncul namun saldo di rekening kalian masih 0.

Tips Membeli Pelatihan Pertama Kartu Prakerja

Pelatihan pertama kartu prakerja ini sangatlah penting, karena untuk proses pencairan insentif kalian diwajibkan menyelesaikan pembelian pelatihan pertama hingga selesai dan sertifikat muncul pada dashboard prakerja kalian.

Jadi jangan sampai salah pilih untuk pelatihan pertama karena dapat menghambat proses cairnya insentif kalian nanti.

Tips membeli pelatihan pertama kalian dapat melihanya DISINI

Mengikuti Pelatihan dan Memberi Rating Serta Ulasan

Setelah kalian membeli pelatihan hal yang harus kalian lakukan adalah mengikuti kelas pelatihan sampai selesai dan mengikuti sesi webinar. Setelah itu kalian wajib memberikan rating dan ulasan pada mitra pelatihan dan juga mitra pembayaran sebagai syarat utama agar sertifikat kalian diteruskan ke pihak manajemen kartu prakerja.

Berapa Lama Muncul Sertifikat Di Dashboard Prakerja

Sertifikat kalian akan muncul di dashboard prakerja dalam waktu 3 – 7 hari kerja dimana sabtu minggu dan hari libur nasional tidak dihitung. Akan tetapi pastikan kembali, kalian sudah menyelesaikan pelatihan serta sesi webinar dan juga sudah memberikan rating serta ulasan kepada mitra pembelian.

Baca Juga :  Rekomendasi Pelatihan Cepat Gelombang 10 Prakerja Lengkap Kunci Jawaban

Pencairan Insentif Kartu Prakerja

Selanjutnya, setelah sertifikat kalian muncul pada dashboard prakerja, maka kalian akan mendapatkan jadwal pencairan insentif yang akan diberikan Rp.600.000 selama 4 bulan.

ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui dalam masa pencairan insentif agar tidak terjadinya kegagalan.

  1. Pastikan nomor HP kalian selalu aktif (Tidak hangus dan dalam masa tenggang)
  2. Pastikan rekening e-wallet kalian tidak terblokir maupun downgrade
  3. Pastikan identitas rekening sesuai dengan pendaftaran kartu prakerja

Pihak manajemen kartu prakerja selalu memverivikasi data sebelum melakukan pencairan insentif ke rekening kalian. jadi pastikan hal diatas sampai insentif kalian sudah cair semua.

Survey Kebekerjaan

Selain Insentif Rp.600.000 yang akan diberikan selama 4 bulan, kalian juga akan mendapatkan insentif tambahan sebesar Rp. 50.000 untuk 3 kali, bagaimana caranya?

Sesuai dengan FAQ kartu prakerja, setiap peserta akan mendapatkan surver kebekerjaan sebanyak 3 kali. Untuk kapan dan waktunya tidak dijelaskan. Tapi kalian pasti akan mendapatkan surver kebekerjaan setelah proses pencairan insentif pertama kalian berhasil.

Berapa Kali Pelatihan Agar Mendapatkan Insentif

Untuk mendapatkan insentif, kalian hanya wajb menyelesaikan pelatihan pertama saja. Jadi kalian tidak diwajibkan untuk membeli pelatihan kedua, ketiga dan selanjutnya. Akan tetapi, jika memang kalian ingin mempelajari materi lainnya maka diperbolehkan untuk membeli pelatihan selanjutnya.

Perlu diperhatikan, ketika kalian memutuskan untuk membeli pelatihan kedua dan selanjutnya, pastikan kalian menyelesaikan pelatihan tersebut sampai sertifikat muncul pada dashboard prakerja kalian.

Jika kalian tidak menyelesaikannya maka akan berpengaruh pada proses pencairan insentif selanjutnya.


Editor AG

  • Bagikan