Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ?

  • Bagikan
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ?
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ?

CR — “Pelatihan skill academy melalui tokopedia lambat masuk dashboard prakerja” kata tersebut masih hangat diperbincangkan di beberapa platform media sosial mulai dari gelombang 4 kartu hingga gelombang 6. Bahkan banyak yang memberi bintang satu pada dan komentar mengenai belum munculnya sertifikat pada dashboar di google playstore.

pemberiian bintang 1 tokopedia di google playstore
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ? 12

Berdasarkan informasi dari beberapa narasumber mulai gelombang 4 sampai 6 memang ada beberapa diantaranya yang sudah keluar dalam hitungan 3 – 7 hari dan ada juga yang sudah lebih 14 hari kerja belum juga muncul.

Penelusuran pelatihan skill academy menggunakan tokopedia

Merasa penasaran maka tim cakrawalarafflesia.com mencoba menelusuri dan mengikuti pelatihan yang kami rangkum dari beberapa narasumber.

Tahap Awal

Pada tahap awal kami membuat akun yang sama ( mulai nama, nomor HP, email) pada akun kartu prakerja, skill academy, tokopedia dan zoom.

Tahap Kedua

Pada tahap kedua kami mencoba membeli pelatihan pada mitra pelatihan skill academy dengan mitra pembayaran tokopedia. Pembelian Pertama dilakukan pada tanggal 22 Agustus 2020.

pembelian pertama pelatihan skill academy melalui tokopedia kartu prakerja
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ? 13

Tahap Ketiga

Setelah kami melakukan pembelian pada tanggal 22 agustus 2020 kami langsung mengikuti kelas pelatihan hingga selesai dan mendapatkan sertifikat pelatihan pada tanggal yang sama. Tapi untuk sesi webinar dikarenakan pada tanggal tersebut Skill academy masih menggunakan sistem lama sehingga untuk mengikuti sesi webinar seperti berebutan.

5f002b94 sertifikat selesai pelatihan skill academy tokopedia
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ? 14

Setelah mencoba beberapa hari akhirnya kami dapat kesempatan masuk sesi webinar dan selesai mengikutinya pada tanggal 25 Agustus 2020 dan mendapatkan sertifikat penyelesaian materi pada tanggal 26 agustus 2020, kami pun langsung memberikan rating pada platform tokopedia. dan menunggu untuk munculnya sertifikat pada dashboard prakerja.

sertifikat selesai materi skill academy kartu prakerja
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ? 15

Tahap Keempat

Pada tahap ini kami hanya menunggu sesuai prosedur dimana proses sertifikat dari skill academy dikirim ke tokopedia kemudian dari tokopedia akan di verifikasi dan diteruskan ke manajemen kartu prakerja untuk selanjutnya dapat diterbitkan pada dashboard peserta.

Berdasarkan informasi dari masing-masing pihak maka membutuhkan waktu dari mitra pelatiha ke tokopedia 3 – 7 hari kerja, kemudian dari tokopedia ke pihak manajemen kartu prakerja membutuhkan waktu 3 – 7 hari kerja dan terakhir pihak manajemen kartu prakerja membutuhkan waktu maksimal 2×24 jam untuk memproses ke dashboard peserta. semua hari tidak termasuk sabtu, minggu dan libur nasional.

Baca Juga :  Jadwal Pendaftaran Prakerja Gelombang 13 Dibuka / Prakerja 2021 di www.prakerja.go.id gelombang 13

Hari berganti hari kami menunggu dimulai dari tanggal 26 agustus 2020, dan sertifikat yang ditunggu pun muncul pada dashboard kartu prakerja pada tanggal 1 september 2020 dan langsung mendapatkan jadwal pencairan insentif. Wow kami juga sangat kaget jika dihitung mulai 26 agustus sampai tanggal 1 september itu sekitar 6 hari ( jika dihitung hari kerja berarti hanya 4 hari karena 29 dan 30 itu masuk hari sabtu minggu)

sertifikat pertama kartu prakerja
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ? 16

Pada periode pertama dapat disimpulkan proses dari selesai sesi webinar sampai muncul di dashboard hanya membutuhkan waktu 4 hari kerja ( di coba dengan mengikuti semua arahan dan semua akun sama).

Pembelian Pelatihan Kedua

Tapi kami masih penasaran dan mencoba kembali untuk membeli pelatihan yang kedua pada tanggal 3 september 2020.

pembelian kedua pelatihan skill academy melalui tokopedia kartu prakerja
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ? 17

Pada Pelatihan kedua ini setelah kami membelinya menggunakan tokopedia di tanggal 3 September 2020 kami langsung mengikuti pelatihan sampai selesai dan webinar pada hari itu juga dikarenakan jadwal webinar pada tanggal tersebut masih ada yang kosong.

Seperti pembelian pertama setelah selesai webinar kami langsung memberikan rating dan ulasan pada tokopedia.

4b31a2ff sertifikat kedua skill academy kartu prakerja
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ? 18
e3540c7f sdad
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ? 19

Seperti Biasa setelah selesai semua kami hanya menunggu hari demi hari untuk mengetahui berapa lama proses munculnya sertifikat pada pembelian kedua ini. dan setelah menunggu dari tanggal 6 september 2020 sertifikat kedua pun muncul tanggal 7 september 2020. yang artinya hanya membutuhkan waktu 4 hari ( jika dihitung sabtu minggu hanya membutuhkan waktu 2 hari. lebih cepat 2 hari dari sertifikat yang pertama.

Kami juga sedikit bingung untuk pelatihan kedua ini cukup cepat, mungkin dikarenakan kami sudah mengambil pelatihan pertama sehingga data verivikasi masih tersimpan di tokopedia.


Pembelian Pelatihan Ketiga

Sebenarnya tidak hanya 2 pelatihan, kami pun mencoba membeli pelatihan ketiga. pada tanggal 7 september 2020 dan webinar pada 8 september 2020.

pembelian ketiga pelatihan skill academy melalui tokopedia
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ? 20

Sampai tahap ini kami belum bisa memberitahukan berapa lama prosesnya karena baru dimulai hari ini. kami akan mengulasnya saat sertifikat sudah masuk pada dashboard kartu prakerja.

Akhirnya yang ditunggu datang juga, sertifikat ke 3 muncul di dashboard prakerja. pada pelatihan ketiga yang selesai webinar tanggal 8 September 2020 kami menunggu sampai muncul itu pada tanggal 11 September 2020. Yang artinya hanya memerlukan waktu 3 hari.

Baca Juga :  Tips Webinar Skill Academy Prakerja

Masih belum puas juga, Kami membeli pelatihan lagi tepat tanggal 11 september 2020 dan hari ini 12 september 2020 webinar berlangsung mulai pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Kita nantikan kelanjutannya ya berapa lama kali ini, karena sesi webinar jatuh pada hari sabtu.

Pembelian Latihan Keempat

Masih Penasaran dengan prosesnya kamipun membeli lagi pelatihan untuk ke empat kalinya. dimana pembelian pelatihan dilakukan tanggal 11 september 2020 dan penyelesaian webinar tanggal 12 september 2020 dimana bertepatan pada hari sabtu.

Setelah mengikuti webinar pada hari sabtu 12 september 2020, kami mencoba melihat berapa lama sampai status webinar dinyatakan selesai, Yup tepat pada minggu 13 september pukul 17.00 WIB kamipun mendapatkan status webinar sudah selesai.

4597d2ee sertifikat ke empat skill academy tokopedia
Pelatihan Skill Academy Melalui Tokopedia Lambat Masuk Dashboard Prakerja ? 21

Yang berarti kami hanya perlu menunggu sertifikat masuk pada dashboard prakerja. Dan, tepatnya hari ini 16 september 2020 pukul 11.00 WIB sertifikat ke -4 kami muncul pada akun dashboard. Artinya jika dihitung hari kerja dimulai tanggal 14 sampai 16 september hanya memerlukan waktu 2 hari kerja.

Pembelian Ke Lima

Setelah hari ini 16/9/20 kami menerima sertifikat yang ke-empat kami akan mencoba membeli kembali pelatihan, dinantikan ya


Kesimpulannya : setelah selesai sesi webinar dan pemberian rating dengan akun yang sama untuk prakerja, skill academy, tokopedia hingga zoom, kami membutuhkan waktu 2 – 3 hari kerja dimana lebih cepat daripada prosedurnya yang mengatakan membutuhkan waktu 3 – 7 hari kerja.

Jika diantara kalian ada yang sudah sesuai dan berhasil memberikan rating tapi sudah lebih dari 7 hari kerja ada baiknya kalian melaporkan hal tersebut dengan step 1 ke pihak skill academy hingga mendapatkan jawaban proses sudah diteruskan ke tokopedia. selanjutnya kalian dapat melaporkan hal tersebut kepada pihak tokopedia. dan juga CS kartu prakerja.

Jika diantara kalian da yang menggunakan akun yang berbeda dan tidak dapat memberikan ulasan pada tokopedia maka kalian perlu melaporkannya ke pihak tokopedia.


Editor AG

  • Bagikan