Vinales Abaikan Saran Pemasok Perangkat Rem karena Tidak Nyaman

  • Bagikan
a8e61abe

MotoGP — Penyebab rem motor Maverick Vinales tidak berfungsi dengan baik pada MotoGP Styria 2020 akhirnya terungkap. Motor YZR M-1 bernomor 12 itu ternyata memakai perangkat rem lama. Hal itu dilakukan karena The Top Gun merasa tidak nyaman dengan paket rem baru yang dibawa Brembo.

Sebagaimana diberitakan, jalannya lomba di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, itu sedikit terganggu dengan kecelakaan yang terjadi di tikungan pertama pada putaran 17. Maverick Vinales melompat dari motornya karena tidak bisa dihentikan pada titik pengereman.

Motor berwarna biru-hitam itu menabrak pembatas yang terbuat dari balon udara hingga robek dalam kecepatan tinggi. Sang pembalap berhasil selamat dan dipuji karena bereaksi dengan cepat. Dari hasil penyelidikan, terungkap motor itu memakai paket rem edisi lawas (2019).

Baca Juga :  Jorge Lorenzo Sebut Keputusan Marquez Absen di GP Qatar Sudah Tepat

Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli menerangkan, keputusan memakai rem lama itu tidak terlepas dari perasaan sang pembalap sendiri. Maverick Vinales tidak terlalu nyaman dengan paket baru yang dibawa Brembo, sang pemasok tunggal di MotoGP.

“Tim memilih memasang sistem pengereman standar (2019). Brembo membawa pembaruan (2020) dan kami memasangnya di motor Valentino (Rossi), Fabio (Quartararo), dan Franco (Morbidelli),” papar Massimo Meregalli, dikutip dari Crash, Minggu (6/9/2020).

“Maverick tidak memakainya karena remnya tidak pernah terlalu panas seperti tiga orang rekannya itu. Ketika dia mencoba paket rem baru, dia juga tidak terlalu nyaman,” imbuh pria berkebangsaan Italia tersebut.

Pembalap asal Spanyol itu diketahui sudah kehilangan tekanan pada remnya pada putaran empat dan melorot hingga posisi 13. Maverick Vinales memang mampu menemukan kembali kecepatan dan ritme balap, tetapi kemudian melompat dari motornya pada kecepatan 230 kilometer per jam (km/jam).

Baca Juga :  PNS Harus Tahu! Ini Komponen Gaji PNS 2021

Juru bicara Brembo sempat mengatakan bahwa pihaknya bertanggung jawab menyediakan perangkat rem terbaik, dalam hal ini hasil pengembangan terbaru. Akan tetapi, Brembo membebaskan tiap tim dalam memakai rem.

“Tim dibebaskan untuk memasang pilihan rem terbaik pada setiap balapan. Setiap tahun, mereka memesan sebanyak mungkin kaliper, cakram, silinder utama, dan lainnya, kepada kami,” ujar juru bicara Brembo yang namanya dirahasiakan.

“Brembo memang menyarankan kepada tim di setiap balapan untuk penggunaan karbon dan material hidrolik terbaik. Namun, mereka dibebaskan memilih tanpa ada tekanan apa pun,” tutup sang juru bicara.


[Okezone]

  • Bagikan