Ini Manfaat Lada Hitam Selain untuk Bumbu Masakan

  • Bagikan
e1aad195 58b4 4c2a 8107 3ca358863ca3 169

Health — Sebagian dari Anda barangkali mengenal lada hitam sebagai bahan masakan, ada yang berbentuk bubuk ataupun biji utuh. Sesungguhnya selain untuk meningkatkan rasa masakan, lada hitam juga memiliki manfaat kesehatan.

Dikutip dari Medical Daily, lada hitam kaya akan vitamin, mineral, menjadi stimulus indera pengecap hingga membawa efek positif lain bagi tubuh Anda.

Lada hitam bisa meningkatkan metabolisme, kesehatan fisik juga psikologis. Karena itu tak heran jika ada yang menyebut bumbu rempah ini sebagai raja rempah.

Berikut manfaat kesehatan lada hitam yang mungkin luput Anda ketahui.

Pengobatan ayurveda

Lada hitam rupanya digunakan dalam pengobatan ayurveda lantaran manfaat kesehatannya. Ayurveda merupakan pengobatan tradisional, penyembuhan holistik tertua dari India yang mengedepankan konsep keseimbangan.

Dikombinasikan dengan minyak jarak atau ghee (mentega murni India), lada hitam digunakan untuk merangsang nafsu makan, membantu pernapasan dan sebagai terapi batuk.

Meringankan sakit otot

Anda bisa mencampurkan minyak lada hitam dengan minyak bunga rosemary untuk membuat racikan yang menenangkan. Campuran minyak beraroma yang dipanaskan ini mampu mengendurkan otot-tot yang tegang dan meringankan rasa sakit.

Meredakan sakit gigi

Campurkan dua sendok teh lada dengan air panas. Biarkan campuran ini dingin lalu kumur untuk mengurangi rasa sakit.

Atau Anda juga bisa mencoba menggosokkan sedikit lada hitam di daerah gigi yang sakit untuk meredakan nyeri.

Baik untuk pencernaan

Lada hitam mentah mengandung asam klorida yang membantu melancarkan pencernaan di perut. Asam hidroklorat sendiri dapat membantu membersihkan usu dan mengurangi risiko gangguan saluran cerna lainnya.

Jadi, ada baiknya menambahkan sejumput lada hitam ke makanan Anda.

Kaya nutrisi

Lada hitam ternyata mengandung lebih banyak nutrisi dari yang Anda kira. Faknyanya, lada hitam sarat vitamin A dan kaya akan vitamin C dan K.

Nutrisi lain dalam lada hitam termasuk tiamin, vitamin B2, vitamin B9, kalsium dan tembaga.

Mencegah sembelit

Jika Anda buang air besar kurang dari tiga kali seminggu, Anda mungkin mengalami sembelit. Mendambahkan lada hitam ke makanan Anda setiap harinya akan membantu mengatasi masalah ini.

Sekali dikonsumsi secara teratur, lada hitam dapat mengurangi kanker usus, sembelit, mual, dan gangguan terkait bakteri tertentu lainnya.

Membantu menurunkan berat badan
Lada hitam dapat membantu menurunkan berat badan dan ditambahkan ke teh hijau, dua hingga tiga kali sehari. Rempah ini mengandung fitonutrien yang berkontribusi mengurangi lemak tubuh berlebih. Jenis bumbu ini juga dapat meningkatkan metabolisme.

Mencegah kanker

Kombinasi lada hitam dengan kunyit dipercaya dapat mencegah kanker. Racikan ini dapat dikonsumsi layaknya susu, yang dicampur dengan kedua bahan tadi.

Susu infus kunyit dan lada hitam biasanya diberikan ke penderita flu yang parah. Lada hitam juga mengandung antioksidan, vitamin A dan karotenoid yang semuanya ini dapat membantu mencegah kanker serta penyakit mematikan lainnya.

Merawat kulit

Sang ‘raja rempah’ ini juga disebut mampu mencegah pigmentasi kulit. Kondisi ini biasanya berupa bercak putih. Ada banyak obat di pasaran yang mengembalikan warna kulit seperti semua, tapi lada hitam bisa membantu mempertahankan warna asli kulit Anda dan mencegah pigmentasi kulit dalam bentuk apapun.


[Cnnindonesia]

  • Bagikan