Fakta BLT Rp1,2 Juta Akan Diperpanjang, Setuju atau Tidak?

  • Bagikan
dd053246 banyak rekening penerima blt tak aktif apa yang dilakukan bp jamsostek cz6ln2l3hb 1

JAKARTA – Pemerintah berencana memperpanjang Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji yang berakhir pada akhir tahun ini. Program bantuan sosial (bansos) ini akan dilanjutkan pada 2021.

BLT subsidi gaji sebesar Rp1,2 juta yang diberikan kepada 15,7 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta. Rp1,2 juta tersebut pun akan diberikan dua tahap, sehingga setiap pekerja yang memenuhi kriteria mendapat gaji tambahan Rp2,4 juta.

1. Dana BLT Pekerja Dialokasikan untuk 2020

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah mengatakan, program subsidi upah memang dirancang dan dialokasikan anggarannya di tahun 2020, yang mana masuk dalam program baru Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

2. Kemungkinan Diperpanjang ke 2021

Menaker mengatakan, kemungkinan akan dilanjutkan pemerintah bila pelaksanaannya saat ini dinilai positif bagi perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Polemik Dibalik Penolakan 70 Anjing Milik Wanita Bercadar

“Bagaimana untuk tahun 2021, tentu yang pertama bagaimana kita melihat efektivitas program ini untuk mendongkrak kepentingan nasional kita dan tentu saja kita akan melihat bagaimana kondisi perekonomian di tahun 2021. Saya kira pemerintah akan terus melakukan evaluasi,” ujar Ida Fauziah .

3. Kata Dirut BPJS Ketenagakerjaan

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Agus Susanto mengatakan bahwa, pihaknya tetap menyambut baik keputusan pemerintah untuk memperpanjang bantuan subsidi upah tersebut. Dia bilang, pihaknya siap menyediakan data sesuai skema, mekanisme dan kriteria yang akan ditetapkan pemerintah nantinya.

4. Jumlah Penerima Bantuan Akan Bertambah

Agus memperkirakan akan ada penambahan peserta penerima upah yang mana mereka adalah para pegawai dengan gaji di bawah Rp5 juta.

Baca Juga :  7 Cerita yang Layak Dinanti Pada Drama Korea The Penthouse 3

“Tentunya, kami menyambut baik wacana Pemerintah memperpanjang program tersebut. BPJamsostek siap menyediakan data sesuai skema, mekanisme dan kriteria yang akan ditetapkan pemerintah nantinya. Kami menunggu kebijakan pemerintah, dan tentu saja siap menyediakan data untuk perluasan penambahan jumlah penerima bantuan subsidi upah,” ujarnya.

5. BPJS Siapkan Data Lanjutan Penerima BLT

Deputi Direktur Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BP Jamsostek Irvansyah Utoh Banja mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan ihwal kelanjutan program BLT pekerja. Sebab belum ada pembicaraan lebih lanjut antara pihaknya dengan kementerian terkait rencana perpanjangan BLT tersebut.

“Kembalikan ke Pemerintah selaku pembuat kebijakan. BP Jamsostek sebagai mitra penyedia data siap menyediakan data sesuai skema, mekanisme dan kriteria yang akan ditetapkan Pemerintah,” kata Irvansyah.


Okezone

  • Bagikan
Positive SSL