Tiga Pasangan Calon Gubernur-Wagub Bengkulu Diusung Partai

  • Bagikan
cbefe70e b75d 4d9d 9bd3 6ac17bfbb116 169

Bengkulu — Sebanyak tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Bengkulu maju dalam Pilkada Bengkulu 2020 yang diusung oleh partai politik pemilik kursi di DPRD Provinsi Bengkulu. Ketiganya yaitu Rohidin Mersyah-Rosjonsyah Sahili, Helmi Hasan-Muslihan Diding Soetrisno, Agusrin M Najamudin dan Imron Rosyadi.

Bakal calon gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah merupakan calon petahana atau masih menjabat sekarang. Rohidin mengatakan, ia bersama pasangannya maju dalam pilkada yang diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, PKS, PPP serta dua partai nonparlemen yaitu PSI dan PKPI.

“Besok saya bersama Pak Rosjonsyah akan mendaftar ke KPU dengan didampingi partai pengusung yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, PKS, PPP, PSI dan PKPI,” ujar Rohidin, Jumat (4/9).

Koalisi partai pengusung bakal pasangan calon Rohidin-Rosjonsyah ini telah mencukupi syarat untuk mengajukan bakal calon yaitu memiliki 17 kursi. Syarat mengusung bakal pasangan calon, yaitu minimal sembilan kursi di DPRD Provinsi Bengkulu.

Selanjutnya, bakal pasangan calon Helmi Hasan dan Muslihan Diding Soetrisno saat ini telah mengantongi surat keputusan partai dengan model B1KWK dari PAN, Partai Hanura, dan Partai NasDem. Koalisi partai pengusung bakal pasangan calon Helmi-Muslihan ini memiliki 10 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu.

Baca Juga :  Libur Panjang, ASN Kabupaten Kepahiang Diminta Tidak ke Luar Kota

Ketua tim penjaringan bakal calon kepala daerah DPW PAN Provinsi Bengkulu Dedi Yanto mengatakan, kemungkinan Partai Demokrat yang memiliki lima kursi di DPRD Provinsi Bengkulu juga akan bergabung dalam koalisi Helmi-Muslihan. “Kalau sama Demokrat sudah clear, formulir B1KWK dari mereka juga akan segera diserahkan,” ujar Dedi.

Selain itu, Dedi menyebut bakal pasangan calon Helmi-Muslihan akan mendaftar ke KPU Provinsi Bengkulu besok, Sabtu (5/9).

Kemudian, bakal pasangan calon Gubernur Bengkulu Agusrin-Imron saat ini juga telah mendapat dukungan dari tiga partai untuk maju dalam pilkada mendatang. Agusrin merupakan mantan gubernur Bengkulu yang pernah dijerat kasus pidana korupsi dan telah bebas sejak 2014.

Tiga partai yang mengusung Agusrin-Imron, yaitu Partai Gerindra yang memiliki enam kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, PKB memiliki empat kursi, dan Partai Perindo yang memiliki dua kursi. Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Bengkulu Yurman Hamedi di Bengkulu, Jumat, mengatakan DPP Partai Perindo telah menyerahkan surat keputusan dengan model B1KWK ke Agusrin-Imron sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Bengkulu.

Baca Juga :  Update Positif Covid-19 Bengkulu : Bertambah 9 Kasus, Didominasi Petugas Medis

“SK model B1-KWK sudah diserahkan dan kita mengingatkan pada seluruh kader untuk memperjuangkan dan memenangkan Agusrin-Imron sebagaimana instruksi DPP,” papar Yurman.

Rohidin Mersyah merupakan petahana yang saat ini menjabat Gubernur Bengkulu, sedangkan pasangannya Rosjonsyah merupakan Bupati Lebong, Provinsi Bengkulu dua periode. Helmi Hasan saat ini menjabat sebagai Wali Kota Bengkulu dua periode, sedangkan pasangannya Muslihan Diding Sutrisno merupakan mantan Bupati Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Kemudian, Agusrin M Najamudin merupakan Gubernur Bengkulu yang menjabat pada 2005-2012, sedangkan pasangannya Imron Rosyadi saat ini masih menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Bengkulu dan juga merupakan Bupati Bengkulu Utara dua periode.


Editor AG

[REpublika]

  • Bagikan
Positive SSL