Sinopsis Film Goedam, Serial Singkat Sorot Ragam Mitos Horor Korea

  • Bagikan
0d41fbb1 goedam 169

Tayang di Netflix jelang akhir Agustus, serial Goedam bisa menjadi salah satu pilihan bagi yang ingin menyaksikan serial horor dalam waktu singkat.

Goedam memiliki delapan episode yang masing-masing hanya berdurasi delapan menit. Hanya episode terakhir Goedam yang berdurasi 15 menit.

Goedam dibintangi beberapa artis muda, seperti Seola WJSN (In-Out Sider), Lee Hyun-joo eks-APRIL, serta Song Chae-yoon (The Tale of Nokdu). Serial ini dikhususkan untuk DEWASA karena banyak adegan kekerasan di dalamnya.

Secara garis besar, Goedam menceritakan mitos dan hal-hal supranatural dalam kepercayaan masyarakat Korea, seperti cerita menyeramkan di pusat latihan militer, toilet, lift, pusat perbelanjaan, serta hantu yang biasa mengganggu pengemudi transportasi umum.

Berikut sinopsis singkat delapan episode Goedam yang bisa disaksikan di Netflix.

Episode 1: Crack

Episode pertama menggambarkan kembali keseraman di lorong serta toilet sekolah yang sempat populer di Korea Selatan pada 90-an.

Crack menceritakan seorang pelajar bernama Seo-hui. Ia merasa dihantui oleh mendiang murid yang sama-sama pintar dengannya, Ji-ye.

Rasa tidak tenang itu membuatnya memilih keluar dari kelas untuk menyendiri. Namun, hal-hal aneh mulai ia rasakan sejak melangkah keluar kelas.

Mengabaikan keanehan tersebut, Seo-hui tetap memilih untuk menyendiri di kamar mandi. Namun, kejadian yang tak pernah ia bayangkan terjadi di sana.

Episode 2: Destination

Episode ini menceritakan legenda urban Korea tentang hantu di jalan raya Jayuro (Jayuro Highway), Seoul. Kisah ini pada dasarnya merujuk pada sebuah jalan yang menjadi pintu gerbang antara Goyang dan Paju.

Keangkeran Jayuro sudah dibicarakan warga Korea sejak dahulu karena kerap diliputi kabut tebal dan menjadi lokasi banyak kecelakaan mobil setiap tahunnya.

Episode dua diawali dengan seorang sopir taksi yang kesulitan membuka matanya ketika sedang berkendara. Ia akhirnya menepi untuk tidur.

Hingga pada pukul 03.30, seorang perempuan masuk ke taksinya dan meminta diantarkan ke sebuah motel. Kejadian aneh pun mulai terjadi.

Baca Juga :  Serial Snowpiercer Season 2 Tayang 26 Januari 2021

Episode 3: Special Guest

Episode Special Guest menceritakan kisah horor yang kerap tertangkap kamera, baik berupa gambar maupun saat siaran langsung. Cerita ini bermula dari Sae-rom yang mengadakan siaran langsung untuk merayakan keberhasilannya memiliki rumah sendiri.

Saat Sae-rom sedang asik bercerita, ia tak menyadari satu bonekanya jatuh dari tempat pajangan.

Para penonton langsung heboh membanjiri kolom komentar memberi tahu hal tersebut. Beberapa penonton sempat menuduhnya sudah merencanakan kejadian tersebut terlebih dahulu.

Setelah meyakinkan boneka tersebut hanya terjatuh dan bukan rekayasa, Sae-rom mulai sibuk bercerita kembali. Namun, kondisi berubah menjadi mengerikan ketika banyak barang di rumah barunya bergerak sendiri.

Episode 4: Curiosity

Episode Curiosity menceritakan legenda urban tentang tangga yang tak berujung dan boneka menyeramkan.

Kisah ini bermula dari dua anak sekolah yang tengah membahas sebuah video daring hoaks atau tidak. Mereka kemudian memutuskan untuk makan di dalam gedung sekolah.

Di tengah perjalanan, pergelangan kaki salah satu dari mereka terkilir. Teman yang lainnya bergegas ke ruang kelas untuk mengambil obat.

Namun, orang itu malah menemukan sebuah boneka menyeramkan dalam loker. Ia mulai merasa tak nyaman dalam kelas.

Ia lantas berjalan cepat keluar kelas demi bertemu temannya. Namun, ia malah mendengar suara tawa mengerikan yang mengikutinya di lorong sekolah.

Episode 5: Red Shoes

Episode ini bermula dari sekelompok murid membicarakan teman sekelasnya, Jin-gyeong, yang meninggal dunia karena lompat ke arah truk yang sedang melaju.

Pembicaraan itu terhenti ketika guru mereka datang. Sang guru meminta mereka tak merasa bersalah dan tidak perlu memberikan keterangan apa pun kepada polisi. Ia juga meminta para murid menghapus ruang percakapan kelas.

Hye-su, salah satu murid kelas, tetap merasa bersalah dan berat untuk menghapus ruang percakapan tersebut. Ia kemudian menghubungi gurunya untuk bertemu di ruang kelas.

Baca Juga :  Netflix Bakal Adaptasi Komik Karya Keanu Reeves Jadi Series

Berbagai kejanggalan mulai terjadi setelah itu.

Episode 6: Dimension

Ragam kisah horor di dalam lift tergambarkan dalam episode Dimension. Kisah ini bermula dari seorang anak laki-laki yang sedang di dalam lift, tapi memegangi telinganya karena kesakitan. Seakan melihat sesuatu yang menyeramkan, anak laki-laki itu kemudian pingsan dalam lift.

Keesokan harinya, polisi menyelidiki kejadian tersebut melalui rekaman kamera di dalam lift. Sang anak laki-laki tersebut kemudian ditemukan tewas mengenaskan. Sang polisi tak percaya hal tersebut terjadi dalam satu malam.

Keanehan itu membuat salah satu polisi memeriksa sendiri lift tersebut dan mulai mengalami situasi yang mengancam nyawanya.

Episode 7: Threshold

Episode ini menampilkan kisah-kisah horor yang kerap terjadi di dalam rumah dan kamar. Threshold bermula dari kehidupan sebuah keluarga kecil. Sang ibu dan anak hendak pergi beberapa hari ke rumah nenek dan meninggalkan ayahnya di rumah.

Sebelum pergi, sang istri berpesan kepada suaminya untuk tidak mencopot jimat yang ditempelkan di dinding kamar mereka.

Ia mengatakan bahwa jimat itu diperlukan untuk berjaga-jaga karena seorang anak dan polisi baru saja menghilang di kawasan tempat tinggal mereka.

Namun, sang suami menganggap santai hal tersebut dan menyatakan bahwa jimat tak berfungsi lagi di zaman sekarang.

Episode 8: Birth

Birth menjadi episode terpanjang sekaligus penjelas keseluruhan kisah dalam Goedam. Episode terakhir ini bermula dari seorang perempuan berjubah putih berjalan ke bawah dan menjatuhkan mangkuk penuh makanan melalui celah kecil.

Episode ini juga menceritakan kutukan yeommae, aksi penculikan anak oleh dukun. Penculikan itu membuat bocah tersebut kelaparan dan sang dukun menguasai rohnya.

Birth memang menjadi episode terakhir dari serial ini. Namun, episode ini sesungguhnya menjadi awal dari keseluruhan cerita yang terjadi dalam Goedam.


[CNNIndonesia]

  • Bagikan