Peserta Kartu Prakerja Gelombang 7, Perhatikan Hal Berikut, Untuk Menghindari Gagal dan Lambatnya Proses

  • Bagikan
Peserta Kartu Prakerja Gelombang 7, Perhatikan Hal Berikut, Untuk Menghindari Gagal dan Lambatnya Proses
Peserta Kartu Prakerja Gelombang 7, Perhatikan Hal Berikut, Untuk Menghindari Gagal dan Lambatnya Proses

Kapan Prakerja Gelombang 7 Dibuka ?

CR — Pendaftaran kartu prakerja gelombang 7 dibuka siang ini pukul 12.00 WIB, dimana seperti gelombang sebelumnya pada tahap ini pelaksana akan menjaring sebanyak 800.000 Peserta. Bagi peserta yang belum mendaftarkan diri dapat segera mendaftarkan diri dan bagi yang gagal pada gelombang sebelumnya dapat mencoba kembali.

View this post on Instagram

Gelombang 7 Kartu Prakerja telah dibuka! ㅤㅤ Kunjungi situs resmi kami di www.prakerja.go.id untuk membuat akun dan mendaftar Kartu Prakerja. ㅤㅤ Bagi Sobat yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik "Gabung" ke Gelombang 7 agar dapat masuk ke tahap seleksi. ㅤㅤ Sebelum mendaftar, pastikan kamu: 1. Warga Negara Indonesia 2. Berusia di atas 18 tahun 3. Tidak sedang sekolah/kuliah ㅤㅤ Cara daftar: 1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu 2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun 4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online 5. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka 6. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS ㅤㅤ Informasi lengkap seputar pendaftaran dapat dibaca di www.prakerja.go.id/faq ㅤㅤ Selain itu, Mimin juga mau mengucapkan selamat kepada para penerima Kartu Prakerja Gelombang 6! ㅤㅤ Bagi Sobat yang sudah dapat SMS pemberitahuannya, silakan cek akun Prakerja secara berkala untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia dan bisa digunakan untuk mengikuti pelatihan. Selamat belajar! ㅤㅤ #SiapDariSekarang

A post shared by Kartu Prakerja (@prakerja.go.id) on

Kapan Prakerja Gelombang 7 Ditutup ?

Berdasarkan pantauan Cakrawalarafflesia.com Gelombang 7 ini akan ditutup pada 7 September 2020 pukul 12.00 WIB, jadi untuk kalian yang belum lolos maupun belum mendaftar segera mendaftar.

pembukaan dan penutupan gelombang 7 kartu prakerja
Peserta Kartu Prakerja Gelombang 7, Perhatikan Hal Berikut, Untuk Menghindari Gagal dan Lambatnya Proses 4

Lalu Apa saja Syaratnya agar mudah proses pendaftaran hingga pencairan, Apa saja yang perlu diketahui ?

Hal Wajib Diketahui Peserta Kartu Prakerja

Nomor NIK dan KK Harus terdaftar

Pastikan Nomor NIK dan KK kalian sudah terdaftar dan terupdate DI DISDUKCAPIL, Kenapa ? permasalahan ini sering terjadi pada peserta dimana tidak saat menginput NIK dan KK muncul peringatan Gagal Verifikasi data

Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Verifikasi Kartu Keluarga di Prakerja

gagal verifikasi nik dan kk kartu prakerja
Peserta Kartu Prakerja Gelombang 7, Perhatikan Hal Berikut, Untuk Menghindari Gagal dan Lambatnya Proses 5

Perubahan tata cara pendaftaran prakerja pada Gelombang 4 membuat beberapa langkah yang berbeda jika sebelumnya anda harus mengupload Swa Foto untuk proses Verifikasi Identitas maka kali ini berbeda.


Mengenai Gagal Verifikasi KK di Prakerja sebenarnya ada beberapa faktor penyebab yang membuat anda gagal saat melakukan validasi terkait Nomor KK yang digunakan.

Adapun berikut ini adalah beberapa penyebab anda gagal verifikasi Kartu Keluarga di Prakerja.

  • Kartu Keluarga belum update.
  • NIK yang terinput saat pendaftaran prakerja tidak terdaftar di Nomor Kartu Keluarga.
  • Kartu Keluarga tidak Valid atau tidak Sah.
  • Salah memasukkan Nomor KK.
  • Server Down.

Bagaimana solusinya?

Untuk mengatasi gagal verifikasi Nomor Kartu Keluarga maka anda harus mengecek Nomor Kartu Keluarga dan pastikan NIK anda terdaftar di Kartu Keluarga tersebut.

Selanjutnya bedakan antara Nomor Kartu Keluarga dengan Nomor NIK karena kebanyakan dari anda terkadang kurang memperhatikan hal-hal kecil seperti ini.

Anda juga bisa memasukkan Nomor KK lama anda barangkali Nomor Kartu Keluarga yang baru belum di update dan juga menggunakan Perangkat lain untuk memverifikasi Kartu Keluarga.

Cobalah melakukan pengecekan KK Online melalui Disdukcapil, dibawah ini adalah langkah – langkah pengecekan Nomor Kartu Keluarga di Halaman Disdukcapil melalui akun twitter username @ccdukcapil atau via Call Center ke Nomor Hotline 1500-537.


Anda juga harus memastikan jika tidak ada lagi anggota keluarga yang terdaftar atau ingin mendaftar ke Prakerja selain anda.

Akun Dan Data

ada apa dengan akun dan data kartu prakerja? Seperti diketahui mulai gelombang 4 tata cara pendaftaran kartu prakerja mengalami perubahan, mulai dari cara daftar, verifikasi data, hingga verifikasi sertifikat. jadi perhatikan hal berikut :

  1. Gunakan satu akun email untuk Kartu Prakerja, Mitra Pelatihan dan Mitra Pembayaran
  2. Ubah nama akun di gmail, mitra pelatihan dan mitra pembayaran sesuai nama asli kalian
  3. Gunakan 1 nomor HP untuk akun prakerja, mitra pelatihan dan mitra pembayaran

Bagaimana Tau Saya Lolos Atau Tidak

Setelah Pendaftaran gelombang 7 ditutup, setidaknya memerlukan waktu 2 sampai 3 hari untuk mengetahui lolos atau tidaknya. Adapun ciri-ciri kalian lolos adalah sudah munculnya tab nomor kartu dan saldo pelatihan.

Setelah Lolos Apa yang Harus Saya Lakukan

Setelah nomor dan saldo pelatihan muncul di dashboard prakerja maka hal yang harus kalian lakukan adalah menginput rekening pencairan. pastikan hal berikut sebelum kalian menginput rekening.

  1. Jika kalian belum memiliki rekening kalian dapat mendaftar rekening BNI khusus prakerja secara online klik DISINI
  2. Bagi kalian pengguna akun OVO, Gopay Maupun Link Aja pastikan sebelum menginput kalian telah selesai mengupgrade akun kalian, untuk langkah upgrade kalian dapat klik Upgrade OVO , Upgrade LInk Aja

Mengikuti Pelatihan

Kalian wajib mengikuti pelatihan sebagai persyaratan mendapatkan instentif, kami sudah mengulas cara mengikuti pelatihan skill academy Klik DISINI

Memberi Rating dan Ulasan

Pastikan kalian memberi rating dan ulasan di mitra pelatihan maupun mitra pembayaran. Karena ini menjadi hal yang wajib agar sertifikat kalian dapat diproses. untuk cara beri rating Tokopedia klik DISINI, untuk Bukalapak Klik DISINI

Berapa lama Sertifikat muncul di dashboard prakerja

Setelah kalian selesai mengikuti pelatihan dan sudah 100% progress kelas dan juga sudah memberikan rating serta ulasan, maka sertifikat kalian akan diproses 3 – 7 hari kerja ( sabtu, minggu dan libur nasional tidak dihitung). Hal ini dihitung dari kalian selesai ataupun mendapatkan sertifikat penyelesaian.

Sudah lebih 7 hari tapi sertifikat belum muncul di dashboard

Jika sudah lebih dari 7 hari tapi sertifikat kalian belum juga masuk pada dashboard prakerja, pastikan kalian sudah menyelesaikan semua pelatihan dan memberi rating. jika semua sudah kalian dapat menghubungi pihak mitra pelatihan kemudian mitra pembayaran dan CS Prakerja. Khusus kalian yang mengambil pelatihan di skill academy bisa mengisi form berikut KendalaPrakerja

Hal Lainnya

Informasi mengenai seputar kartu prakerja dapat kalian lihat DISINI


AG

Baca Juga :  344.959 Kepesertaan Kartu Prakerja Dicabut! Ini Penyebabnya
  • Bagikan