Pendaftaran Gelombang 7 Kartu Prakerja Diumumkan Pekan Ini

  • Bagikan
30629868 pendaftaran kartu prakerja gelombang 7

Update Pendaftaran gelombang 7 sudah dibuka 3 September 2020 pukul 12.00WIB Klik DISINI

Jakarta — Manajemen Pelaksana Program (Project Management Office/PMO) Kartu Prakerja telah resmi menutup pendaftaran untuk gelombang 6 pada hari ini, Senin (31/8/2020).

Untuk pendaftar yang belum mendaftar atau tidak lolos pada gelombang 6 bisa mencoba di gelombang berikutnya, yakni gelombang 7.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, pendaftaran gelombang 7 akan dibuka pada pekan ini.

“Pengumuman pendaftaran gelombang 7 akan segera kami umumkan dalam pekan ini,” ujar dia dilansir Kompas.com.

Walau demikian, pihaknya belum memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kapan waktu dan hari pembukaan pendaftaran gelombang 7 program Kartu Prakerja.

Louisa berharap, bila PMO bisa konsisten membuka pendaftaran dengan kuota 800.000 orang pada setiap gelombang, maka target 5,6 juta peserta program Kartu Prakerja akan tercapai dengan empat gelombang pendaftaran lagi.

Pasalnya, dengan memasukkan 800.000 peserta pada gelombang 6, hingga saat ini sudah ada 3,08 juta orang yang lolos sebagai peserta program Kartu Prakerja.

Rinciannya meliputi 168.111 peserta gelombang 1, 288.154 peserta gelombang 2, 224.615 peserta gelombang 3, 800.000 gelombang 4, dan 800.000 gelombang 5.

“Kalau kami bisa konsisten dengan 800.000 per gelombang, maka betul dalam 4 gelombang lagi kuota 5,6 juta peserta akan terpenuhi,” kata Loisa.

Untuk diketahui, peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta.

Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali. Secara keseluruhan, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp20 triliun untuk program tersebut.

Dana itu digunakan untuk biaya pelatihan sebesar Rp 5,6 triliun, insentif sebesar Rp 13,45 triliun, dana survei Rp 840 miliar, PMO Rp 100 juta.

Baca Juga :  Segera Dibuka, Ini Cara daftar Gelombang 12 prakerja

Hal Wajib Dalam Pendaftaran Kartu Prakerja

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 7
Pendaftaran Gelombang 7 Kartu Prakerja Diumumkan Pekan Ini 3

Ada beberapa hal yang wajib peserta ketahui pada proses pendaftaran kartu prakerja diantaranya

1 Daftar menggunakan Nama sesuai NIK

Pastikan peserta mendaftarkan diri sesuai dengan NIK untuk menghindari kegagalan dalam pendaftaran.

2 Pastikan Sudah Memiliki Rekening BNI atau Ewallet

Hal kedua juga penting. Pastikan kalian sudah memiliki rekening BNI, jika belum memiliki kalian dapat mendaftar gratis secara online khusus kartu prakerja DISINI

Atau bagi kalian yang memilih menggunakan ewallet pastikan kalian melakukan upgrade terlebih dahulu sebelum menyambungkan rekening ke akun prakerja kalian untuk menghindari gagalnya proses pencairan insentif.

untuk upgrade ovo silahkan klik DISINI , untuk upgrade link aja DISINI , dan terakhir upgrade Gopay.

3 Satu Akun untuk Pelatihan dan Pembayaran

Harap diperhatikan, untuk mempermudah proses verivikasi data dan proses pencairan sebaiknya kalian menggunakan 1 email dan 1 nomor HP untuk akun prakerja, akun pelatihan dan akun pembayaran.

4 Selesaikan Pelatihan dan Webinar

Pastikan kalian mengikuti seluruh pelatihan dan Webinar(jika ada) dan pastikan progress kelas kalian selesai 100% dan mendapatkan setifikat penyelesaian kelas, ada beberapa yang hanya 1 sertifikat dan ada yang 2 sertifikat.

5 Memberi Rating dan Ulasan

Hal yang satu ini jangan sampai terlewatkan, karena akan mempengaruhi pengiriman sertifikat kalian ke akun prakerja. Pastikan kalian memberikan rating dan ulasan di pelatihan dan mitra pembayaran.

Baca Juga :  Dana Peserta Yang 'Gagal' Prakerja Rp672 M Dikembalikan ke Negara

6 Proses sertifikat muncul pada akun prakerja

Setelah selesai mengikuti pelatihan dan memberi rating juga ulasan, kalian perlu tau berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai sertifikat muncul di dashboard prakerja.

Untuk proses nya sendiri memakan waktu 3-7 hari kerja (sabtu,minggu dan libur nasional tidak dihitung). Kalian juga wajib tau prosedurnya. Setelah selesai pelatihan, mitra pelatihan akan memproses data dan memberikannya kepada mitra pembayaran, kemudian mitra pembayaran akan memproses lagi ke pihak kartu prakerja.

Jadi ada dua kali proses, pertama mitra pelatihan ke mitra pembayaran, kemudian dari mitra pembayaran ke pihak prakerja.

jika dalam waktu 7 hari belum juga muncul sertifikat di akun prakerja, kalian dapat langsung menanyakan kepada pihak pelatihan dan pihak pembayaran.

7 Setelah Sertifikat dan Jadwal Pencairan Muncul

Masih ada lagi yang tidak boleh terlewatkan dan harus kalian cek berkala setelah munculnya jadwal pencairan.

  • Pastikan Nomor HP kalian selalu aktif
  • pastikan rekening kalian tidak terblokir (khusus ewallet) karena ada beberapa kasus yang tiba-tiba akunnya terblokir dan downgrade (khusus ovo)
  • jika mengikuti lebih dari 1 pelatihan pastikan kalian menyelesaikannya dalam waktu cepat seperti pelatihan pertama

Pihak Penyelenggara Kartu Prakerja selalu memvalidasi data kalian mulai dari Nama,NIK, No HP, status e-wallet, dan pelatihan yang lebih dari 1 (harus benar-benar selesai 100%).

Survey Kebekerjaan

Selain Insentif sebesar 2,4 Juta yang diberikan selama 4 tahap, kalian juga dapat memperoleh insentif tambahan dari survey sebanyak 3 kali 50 Ribu, pastikan kalian mengikuti surveynya ya.

Saldo Prakerja

Hal ini masih sering sekali peserta tidak mengetahuinya dan masih banyak yang mempertanyakan saldo didashboard sudah ada 1 juta tapi di rekening atau ewallet kenapa kosong.

Perlu diketahui saldo sebesar 1 Juta tersebut hanya dapat dipergunakan untuk membeli pelatihan dan tidak akan masuk ke rekening ataupun ewallet.

Kalian dapat menggunakannya untuk membeli pelatihan, dan saat pembayaran menggunakan saldo prakerja.


AG

  • Bagikan
Positive SSL