BLT Pekerja Bergaji Rp 5 Juta Resmi Cair Hari Ini

  • Bagikan
546fec35 download

Presiden Jokowi  (BLT) Rp600 ribu kepada pekerja bergaji di bawah Rp5 juta pada Kamis (27/8) ini. Pemerintah akan mencairkan bantuan untuk tahap pertama kepada 2,5 juta pekerja mulai hari ini sampai Jumat (28/8).

“Ini diberikan kepada pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Diberikan hari ini, ini yang diluncurkan 2,5 juta,” ungkap Jokowi dalam video conference, Kamis (27/8).

Jokowi menyatakan bantuan ini juga semacam penghargaan kepada pekerja dan perusahaan yang rutin membayar iuran ke BPJS Ketenagakerjaan. Pemerintah sejauh ini menargetkan dapat menyalurkan bantuan kepada 15,7 juta pekerja bergaji di bawah Rp5 juta yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga :  Apakah Penurunan Kasus Sudah di Titik Aman?

“Diharapkan September 2020 pembayaran selesai, 15,7 juta pekerja semua diberikan,” imbuh Jokowi.

Peluncuran ini juga dihadiri oleh sejumlah pekerja yang menerima bantuan dari pemerintah. Beberapa pekerja tersebut adalah guru honorer, pemadam kebakaran, karyawan hotel, tenaga medis, dan petugas kebersihan.

“Kami harapkan setelah diberikan bantuan ini, konsumsi rumah tangga naik,” kata Jokowi.

Baca Juga :  Usai Dilantik Jadi Mensos, Risma Janji Bansos Cair Awal Januari 2021

Sebagai informasi, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp37,7 triliun untuk memberikan BLT kepada pekerja bergaji di bawah Rp5 juta. Dana itu juga sudah memperhitungkan biaya transfer antar bank jika rekening penerima bukan bank pelat merah.

Pemerintah akan memberikan BLT ke pekerja dalam dua tahap, di mana masing-masing tahap sebesar Rp1,2 juta. Dengan demikian, total yang akan diberikan sebesar Rp2,4 juta.


[CNNIndonesia]

  • Bagikan
Positive SSL