Saldo, Insentif dan Cara Pencairan Kartu Prakerja Lengkap

cara daftar pelatihan prakerja
SafelinkU | Shorten your link and earn money

Penjelasan Lengkap Cara Daftar, Saldo, Insentif dan Pencairan Dana

CR — Program Kartu Prakerja masih terus berjalan, diketahui sampai saat ini sudah ada 5 gelombang pendaftaran prakerja. Dimana yang terakhir adalah gelombang 5 yang akan ditutup pada 23 Agustus 2020.

Setelah gelombang 5, kabarnya akan ada gelombang ke 6 dimana untuk pembukaannya akan diumumkan kemudian.

Disini kami akan mengulas sedikit mengenai Kartu Prakerja, simak terus ya.

Apa Itu kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.

Kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Program ini didesain sebagai sebuah produk dan dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.

Baca Juga :  Gelombang 9 Prakerja Dibuka Pekan Ini

Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi. Hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh dan relevan.

Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat dengan semangat gotong royong demi SDM unggul, Indonesia maju.

Untuk Siapa Program Kartu Prakerja

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga untuk pekerja/buruh yang terkena PHK dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Singkatnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar. Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Namun, Kartu Prakerja tidak dapat diberikan kepada:Pejabat Negara;Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;Aparatur Sipil Negara;Prajurit Tentara Nasional Indonesia;Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;Kepala Desa dan perangkat desa; danDireksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Baca Juga :  Nama Sertifikat Kartu Prakerja Berbeda ? Ini Cara Ubahnya

7 Tahap program Kartu Prakerja

3 Langkah Mudah Mendaftar Prakerja

CARA DAFTAR

Pelajari dan ikuti panduan di bawah ini untuk mengikuti programstep 01 registerLANGKAH 1

Daftarkan dirimu

Sebelum daftar, pastikan kamu:

  • WNI
  • Minimal berusia 18 tahun
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal
step 01 verification

Setelah daftar, data kamu akan kami verifikasi

step 02 interestLANGKAH 2

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.step 03 courseLANGKAH 3

Pilih Pelatihan yang Kamu Inginkan

Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.step 04 sign upLANGKAH 4

Mitra Pelatihan Prakerja

Ada 7 mitra yang ikut berpartisipasi dala program kartu prakerja ini.

Mitra pelatihan prakerja

Saldo pelatihan Prakerja

Setelah peserta dinyatakan lulus pada pendaftaran prakerja, maka semua peserta akan mendapatkan saldo sebesar Rp. 1.000.000 yang dapat digunakan untuk mengikuti pelatihan yang menjadi syarat untuk mendapatkan insentif. Pastikan saldo dan nomor prakerja kalian sudah tersedia di dashboard prakerja ya.

Kapan Saldo dan Nomor Prakerja Muncul

Saldo dan nomor kartu prakerja akan muncul pada dashboard peserta setelah pendaftaran ditutup. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, bisa memakan waktu 1 sampai 2 hari sampai saldo dan nomor kartu prakerja muncul.

Baca Juga :  Fakta Kartu Prakerja Gelombang 5 Ditutup Minggu 23 Agustus 2020

Pelatihan Prakerja

Setelah saldo dan nomor kartu prakerja peserta muncul, kalian sudah dapat mulai ikuti pelatihan yang disediakan mitra prakerja sesuai dengan minat yang kalian inginkan.

Pastikan kalian mengikuti pelatihan sampai 100% dan mengisi ulasan serta memberikan rating, karena jika tidak mengisi ulasan dan rating kemungkinan insentif kalian akan tertahan.

Insentif Prakerja

Insentif prakerja akan diberikan setelah kalian menyelesaikan pelatihan 100%, memberi rating dan ulasan serta mendapatkan sertifikat.

Berdasarkan Informasi yang kami himpun, para peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp. 2.400.00 yang akan diberikan Rp. 600.000 / bulan selama 4 bulan.

Selain insentif diatas ada juga insentif sebesar Rp. 50.000 / survey. Yang akan diberikan setelah kalian mengisi survey. Kabarnya ada 3 kali survey loh, jadi pastikan kalian mengikuti surveynya ya.

Pastikan Kalian sudah mengisi data kalian dengan lengkap ya. Dan pastikan juga rekening pencairan kalian sudah di upgrade. Karena itu juga merupakan syarat pencairan insentif.

Pencairan Insentif Prakerja

Bagi kalian yang menggunakan rekening OVO, LINK AJA dan Gopay kalian bisa mencairkan saldo dengan melakukan transfer ke rekening kalian. Tapi pastikan akun kalian sudah di upgrade ya.

Kenapa Insentif Prakerja Belum Masuk

Ada beberapa hal yang membuat insentif kalian belum cair atau belum di transfer, diantaranya.

  • Belum menyelesaikan pelatihan 100%
  • Belum memberikan Rating dan ulasan
  • Belum upgrade akun rekening khusus (ovo, link aja gopay)

Insentif akan diberikan sesuai jadwal yang tertera pada dashboard akun prakerja kalian. Memang terkadang insentif belum masuk pada waktu yang ditentukan. Hal tersebut karena proses penginputan data dari pihak prakerja.

Jadi jika insentif kalian belum masuk tak perlu khawatir, harap sabar menunggu ya. Bagi kalian yang belum lolos pendaftaran tunggu gelombang selanjutnya ya


[AG]