Miguel Oliveira, Pembalap Portugal Yang Pertama Juara Seri MotoGP

  • Bagikan
26f92658 5db476a32534d

MotoGP — Miguel Oliveira berhasil meraih kemenangan sensasional di MotoGP Styria dan menjadi pembalap Portugal pertama yang meraih kemenangan di seri MotoGP. Kemenangan ini membuat nama Oliveira layak diperhitungkan di MotoGP 2020.

Oliveira merupakan salah satu pembalap berbakat yang meniti karier mulai dari kelas 125cc (Moto3) di tahun 2011. Ia terus menapak naik ke level berikutnya meski catatan terbaiknya hanyalah runner up di Moto3 2015 dan runner up di Moto2 2018.

Pada kelas MotoGP, Oliveira mendapat kesempatan emas untuk bergabung dengan pabrikan KTM di MotoGP 2021 seiring kepergian Pol Espargaro ke Repsol Honda.

Di musim ini, Oliveira menunjukkan performa cukup apik dengan finis di posisi kedelapan di MotoGP Spanyol dan finis keenam di MotoGP Ceko. Sayangnya, Oliveira dua kali gagal finis sehingga posisinya tidak masuk ke jajaran 10 besar jelang MotoGP Styria.

Baca Juga :  Meski Menang di Qatar, Yamaha Dapat Kritikan dari Pebalapnya Sendiri
Pramac Racing's Australian rider Jack Miller steers his bike during the MotoGP Styrian Grand Prix on August 23, 2020 at Red Bull Ring circuit in Spielberg bei Knittelfeld, Austria. (Photo by Joe Klamar / AFP)Jack Miller tidak menyadari kehadiran Miguel Oliveira yang memanfaatkan tikungan terakhir untuk menjuarai MotoGP Styria. ( AFP/JOE KLAMAR)

Namun Oliveira akhirnya membuktikan kemampuannya sebagai salah satu pembalap yang patut diperhatikan di MotoGP. Ia mencetak sejarah sebagai pembalap Portugal pertama yang memenangkan seri MotoGP.

Namun Oliveira akhirnya membuktikan kemampuannya sebagai salah satu pembalap yang patut diperhatikan di MotoGP. Ia mencetak sejarah sebagai pembalap Portugal pertama yang memenangkan seri MotoGP.

Cara Oliveira memenangkan seri MotoGP pertama dalam kariernya makin layak dikenang berkat prosesnya yang berlangsung dramatis.

Ketika Jack Miller dan Pol Espargaro saling balap di lap terakhir, Oliveira berhasil memanfaatkan kelengahan keduanya dengan menyusul di tikungan terakhir.

Baca Juga :  Danilo Petrucci Beberkan Penyebab Dirinya Tampil Kuat di Trek Basah

Kemunculan Oliveira ini tak diduga Miller dan Espargaro sehingga mereka harus merelakan podium pertama menjadi milik Oliveira.

Kemenangan Oliveira ini membuat MotoGP 2020 makin berwarna. Dari lima seri yang telah berjalan, terdapat empat pemenang yang berbeda, yaitu Fabio Quartararo (dua kali menang), Brad Binder, Andrea Dovizioso, dan Oliveira.

Dengan kemenangan ini, KTM bisa berharap banyak pada proyek jangka panjang yang tengah disusun oleh mereka yaitu memiliki juara dunia MotoGP. Lewat duet Binder-Oliveira musim depan, KTM bakal makin diwaspadai oleh tim-tim lainnya.

Sementara untuk musim ini, Oliveira yang membela KTM Tech 3 resmi bakal jadi salah satu kuda hitam yang bakal terus meramaikan balapan.

Balapan MotoGP 2020 berikutnya adalah MotoGP San Marino yang berlangsung pada 13 September mendatang.


AG

[Cnnindonesia]

  • Bagikan