Ini Sosok Yang Mendesain Uang Rp 75.000 Edisi Khusus

  • Bagikan
e1286b4e antusias warga bandung berburu uang rp 75000 khusus hut ri 169

Nasional — Bank Indonesia (BI) dan pemerintah telah meluncurkan uang rupiah khusus dengan pecahan Rp 75.000 pada 17 Agustus lalu.

Penerbitan uang ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Republik Indonesia. Uang khusus ini memiliki desain yang keren dengan adanya gambar peristiwa pengibaran bendera saat proklamasi 1945.

Lalu ada foto Soekarno dan Hatta. Kemudian pencapaian-pencapaian pembangunan yang dilakukan Indonesia selama 75 tahun merdeka seperti jembatan, MRT, LRT hingga tol Trans Jawa.

Ada pula arti kebhinekaan dengan menampilkan gambar anak-anak yang menggunakan pakaian adat. Hingga gambar satelit merah putih yang bermakna untuk masa depan gemilang pada era digital.

Baca Juga :  Geofencing, Teknologi Untuk Batasi Ojol Berkumpul kala PSBB DKI

Kira-kira siapa ya yang mendesain gambar uang Rp 75.000 itu?

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Marlison Hakim menjelaskan BI dan Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) memiliki tim khusus untuk pencetakan uang baru ini.

“Yang menetapkan desain uang pecahan khusus adalah BI, pembuatan desain bersama Peruri. Waktu yang dibutuhkan untuk desain dan pencetakan ini sekitar 1,5 tahun,” kata dia dilansir detikcom, Jumat (21/8/2020).

Dia menjelaskan dalam menerbitkan uang khusus ini ada tahap perencanaan. BI menggelar focus group discussion dan pembahasan awal dengan para sejarawan, budayawan dan departemen terkait.

Baca Juga :  Penjelasan BMKG Terkait Suara Dentuman Misterius Di Bandung

Kemudian tim BI menetapkan tema dan pemilihan gambar untuk tampak depan dan belakang rupiah khusus ini. Tema Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia adalah Mensyukuri Kemerdekaan, Memperteguh Kebinekaan, dan Menyongsong Masa Depan Gemilang dengan desain yang menggambarkan pencapaian pembangunan selama 75 tahun Indonesia Merdeka dan optimisme menyongsong Indonesia Maju bermodalkan kebinekaan dan SDM Unggul.

UPK 75 Tahun RI dicetak menggunakan durable paper, dengan desain dan unsur pengaman menggunakan teknologi terkini. Inovasi dalam pencetakan tersebut menjadikan UPK 75 Tahun RI semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, namun sulit untuk dipalsukan.


[AG]

[Detikcom]

  • Bagikan